Ternyata Proses Memasak Seperti Ini Berbahaya Bagi Kesehatan

  • Whatsapp
Memasak
Memasak

 

Makan merupakan kebutuhan nomor satu semua orang. Selain mengenyangkan perut, makanan juga merupakan sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh dimana dalam setiap bahannya mengandung berbagai nutrisi. Sayuran, daging maupun buah-buahan adalah bahan pangan yang mengandung banyak gizi didalamnya namun, semua itu juga bergantung pada bagaiamana cara mengolahnya.

Read More

 

Menurut penelitian, ada beberapa cara pengolahan bahan makanan yang ternyata dapat menghilangkan segala khasiat yang ada didalamnya. Bahkan cara pengolahan makanan yang sepertinya lazim dikehidupan sehari-hari rupanya belum seutuhnya baik untuk kesehatan. Berikut ini adalah cara mengolah pengolahan makanan yang dapat berdampak negative bagi kesehatan.

 

Direbus

Makanan-makanan organik seperti sayuran umumnya memiliki nutrisi yang sangat tinggi. Jika Anda ingin menjadikannya sebagai menu bersantap sebaiknya jangan merebusnya terlalu lama. sebabkan akan merusak kandungan dalam sayuran tersebut sehingga khasiatnya akan jauh berkurang. Cukup dididihkan dalam waktu yang singkat, jangan terlalu lama agar masakan Anda tidak berubah kandungannya dan menjadi lebih sehat.

 

Dimasak secara perlahan

Memasak dengan tempo yang lambat seperti hal yang sering dilakukan dalam mengolah bahan daging agar terasa lebih empuk, memecah kolagen, serta bumbu masakan yang meresap sempurna, nyatanya tindakan ini mampu menghasilkan zat glutamate pada makanan tersebut. Namu buka berarti Anda tak bisa melakukan proses ini lagi sebab, ada trik khususnya yaitu dengan menambahkan bumbu-bumbu yang memiliki kadar antioksidan didalamnya serta masakan harus tertutup dengan rapat.

 

Dipanggang dan dibakar

Memanggang makanan sering kali menjadi pilihan sebagian besar masyarakat dunia dalam menikmati makanan. Memang benar jika memanggang makanan seperti daging dapat menghancurkan lemak yang ada didalamnya begitu pula dengan zat-zat lainnya. Suhu yang terlampau tinggi akan memungkinkan adanya denaturasi protein dan glutamat yang akan menghancurkan nutrisi pada daging tersebut. Begitu pula dengan makanan yang dibakar, walaupun memberikan cita rasa yang nikmat, namun menurut penelitian lemak yang terkena bara api pada makanan akan memicu kanker. Untuk itu makanan yang diolah dengan proses ini tak disarankan untuk dikonsumsi setiap hari.

 

Digoreng

Menggorang makanan adalah tindakan yang paling umum dilakukan masyarakat khususnya di Indonesia. Merendam makanan dalam minyak panas memicu oksidasi lemak yang tinggi. Meski prosesnya mudah dan rasanya juga enak. Ternyata cara pengolahan seperti ini adalah yang terburuk bahkan meningkatkan resiko terjangkit beberapa penyakit dan salah satunya adalah kanker. Minyak yang terkandung didalamnya pun juga akan menambah penumpukan lemak ditubuh. Hal-hal negatif dapat dikurangi apabila Anda menggunakan minyak yang lebih sehat seperti minyak zaitun, atau jangan menggunakan minyak yang sama terlalu lama.
Itulah beberapa cara pengolahan bahan makanan yang dapat berdampak negatif pada tubuh. Mulailah untuk lebih memperhatikan proses memasaknya, makanan yang nikmat belum tentu memberikan manfaat yang sehat. Semoga artikel ini memberikan pengetahuan baru yang bermanfaat bagi Anda.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *