Ternyata Beras Merah Bermanfaat Untuk Awet Muda

  • Whatsapp
Beras Merah
Beras Merah

 

Siapa yang tidak tau manfaat mengonsumsi beras merah yaitu untuk menurunkan berat badan atau biasa di bilang diet. Tidak hanya itu, beras merah pun ternyata memiliki manfaat lain yaitu merawat dan menjaga kulit khususnya untuk kulit wanita. Banyak orang menganggap bahwa manfaat dari beras putih juga tidak kalah ampuh dibandingkan beras merah dalam masalah perawatan kulit.

Read More

 

Beras merah juga dikenal dengan sebutan brown rice karena bentuknya berwarna merah kecoklatan. Beras merah memiliki nutrisi yang tinggi dan berguna untuk tubuh. Salah satu zat nutrisi dalam beras merah adalah antosianin. Antosianin memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh seperti antihipertensi, antiglisemik, antikanker dan juga antioksidan. Sayangnya kelebihan beras merah lebih cepat basi dibandingkan beras putih.

 

Tidak hanya memiliki kandungan nutrisi yang tinggi ataupun faktor kecantikan, beras merah juga memiliki beberapa manfaat lainnya. Untuk lebih jelasnya simak beberapa manfaat lain dari beras merah berikut ini:

 

  1. Mengandung mineral penting untuk menepis radikal bebas

Di dalam beras merah sendiri terdapat 2 sumber mineral yang baik bagi tubuh yaitu mangan dan seng. Mineral mangan bertugas untuk menyiapkan energi bagi tubuh sebagai pendukung aktivitas. Mangan juga memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Sementara seng (Zinc) bertugas untuk menjaga pertahanan tubuh (imunitas) dan juga dapat menyembuhkan luka. Sama seperti halnya mineral mangan, mineral seng juga dapat bertindak sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

 

  1. Baik untuk pencernaan

Ternyata mengkonsumsi beras merah lebih sering mampu melancarkan pencernaan dan pastinya menjaga pencernaan. Tidak hanya itu, serat juga membawa fungsi lain seperti mengontrol gula darah, menurunkan resiko kanker dan wasir serta mengusir kerumunan kolesterol yang berkumpul pada tubuh. Jadi, untuk yang memiliki gangguan pencernaan mengkonsumsi beras merah adalah salah satu solusinya.

 

  1. Membuat rasa kenyang lebih lama

Kebanyakan orang yang menjalankan program diet membutuhkan makanan yang memiliki rendah karbohidrat salah satunya dengan mengkonsumsi beras merah. Makanan yang mengandung karbohodrat yang rendah seperti beras merah ternyata dapat menahan rasa lapar apabila mengkonsumsinya. Bedanya karbohidrat yang ada pada beras merah dengan karbohidat di makanan yang lainnya adalah jenisnya yang kompleks.

 

Maksudnya adalah karbohidrat yang tersusun dari banyak molekul gula yanggi akan serat, vitamin dan miniral. Karena keadaan inilah yang menjadikan karbohidrat kompleks lebih lama diserap oleh tubuh. Dengan demikian jumlah gizi pada makanan yang mengandung karbohidrat kompleks perut akan merasa kenyang lebih lama.

 

  1. Obat Asma

Untuk penderita asma dianjurkan untuk lebih sering mengkonsumsi beras merah sebagai obat alami. Beras merah menjadi sumber yang luar biasa dari magnesium, suatu mineral yang dapat membantu mengatur pola pernapasan normal manusia. Sebaiknya rutin untuk mengkonsumsi beras merah juga mampu mencegah penyakit pernafasan lainnya.

 

  1. Membuat kulit lebih awet muda

Siapa sangka jika dengan mengkonsumsi beras merah dapat membuat kulit awet mudah karena di dalam kandungan beras merah terdapat antioksidan yang efektif memberikan dukungan pada tubuh untuk menangkal radikal bebas. Antioksidan pada beras merah juga berkontribusi dalam menghindari munculnya garis-garis halus dan kerutan pada kulit. Caranya dengan membuat air tajin dari beras merah lalu usapkan pada kulit secara rutin.

 

Itulah beberapa manfaat dari beras merah. Beras merah juga mengandung vitamin B yang mana jika mengkonsumsi beras merah secara rutin, kebutuhan vitamin B pada tubuh akan terpenuhi sebanyak 23% yang juga berfungsi untuk menyeimbangkan perkembangan serotonin yang dapat membantu menciptakan DNA. Itulah sebabnya anak bayi lebih baik di berikan beras merah dari pada beras putih.***(CM-01/Dela Dahaka)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *