Ternyata Bawang Putih Dapat Menghilangkan Bekas Luka

  • Whatsapp
Bawang Putih
Bawang Putih

 

Hampir seluruh orang beranggapan jika bawang putih adalah bumbu dapur yang fungsinya untuk melezatkan cita rasa masakan, hal tersebut memang benar, namun ternyata bawang putih banyak menyimpan khasiat yang tidak diketahui orang banyak. Memakan bawang putih secara mentah pun dapat memberikan manfaat yang baik pada tubuh, hanya saja tak sedikit orang akan merasa tidak nyaman karena rasa dan baunya, walaupun jika dimasak terlebih dahulu rasanya akan jauh lebih nikmat. Memang dikalangan masyarakat modern kini, melahap bawang putih mentah tanpa ada campuran apapun sepertinya merupakan hal yang tak lazim. Mungkin, beberapa manfaat memakan bawang putih secara langsung ini akan membuat persepsi aneh tersebut hilang.

Read More

 

Sumber Antioksidan dan Antivirus

Bawang putih mengandung antioksidan yang tinggi didalamnya dan salah satu yang menjadi khasiatnya adalah mampu berperan dalam mengeluarkan racun yang mengendap di dalam tubuh. Juga sebagai antivirus yang mampu mencegah berkembangnya penyakit, bakteri jahat serta cacing dalam tubuh agar tidak menggerogoti kesehatan. Jadi, mengonsumsi bawang putih akan memberikan dampak yang baik pula bagi tubuh, asal tidak dikonsumsi secara berlebihan atau ekstrim. Bawang putih pun ternyata juga menyimpan khasiat lainnya, yakni anti peradangan dimana sering terjadi kepada seseorang, contohnya ketika mengalami demam, sariawan, dsb, maka memakan bawang putih akan cepat mengobatinya serta membantu mencegah penuaan dini.

 

Memperlancar Aliran Darah dalam Tubuh

Darah yang mengalir didalam tubuh seseorang ternyata dapat mempengaruhi kesehatan, sebab aliran darah layaknya kurir yang mengantarkan berbagai kebutuhan tubuh seperti protein, oksigen, mineral dan vitamin. Sehingga bawang putuh sangat dibutuhkan manfaatnya bagi tubuh. Bagi penderita diabetes, mengonsumsi bawang putih mampu mengontrol kadar gula dalam darah.

 

Menangkal Kanker

Obat untuk penyakit kanker memang belum ditemukan, namun beberapa ahli mengatakan jika bawang putih dapat berperan dalam menangkal penyakit kanker. Kandungan yang terkandung dalam bawang putih ternyati mampu menjadi obat herbal anti kanker. Penelitian mengungkapkan jika  zat diallyl sulfida yang terkandung didalam bawang putih ternyata mampu mencegah berkembangnya PhIP menjadi karsinogen, dimana itu merupakan cikal bakal tumbuhnya kanker dalam tubuh.

 

Obat Sakit Gigi dan Batuk

Mungkin khasiatnya yang paling banyak orang tahu ada mampu meredakan penyakit-penyakit seperti sakit gigi maupun batuk. Sakit pada gigi disebabkan oleh tumpukan bakteri, maka sifat bawang yang memiliki zat antibakteri didalamya akan mampu mengusir itu semua. Memakan setidaknya satu siung bawang putih mentah ternyata mampu menjadi obat alami dalam mengatasi penyakit batuk.

Bawang putih ternyata tak hanya bermanfaat jika dikonsumsi kedalam tubuh saja, tapi juga bermanfaat bagi kecantikan khususnya masalah jerawat yang sering dialami oleh para remaja. Sama seperti buah timun ataupun tomat, ternyata khasiat bawang putih dalam menangani jerawatpun tak bisa dianggap remeh. Berikut ini adalah dampak dan cara menggunakannya.

 

Komedo

Bintik hitam yang sering muncul didaerah hidung dan sisi lainya kerap kali menggangu penampilan seseorang. Walaupun dapat dihilangkan dengan cara ditekan menggunakan tangan, namun hal tersebut kan menambah masalah di wajah apalagi pori-pori akan terlihat lebih besar. Untuk menghilangkannya bisa menggunakan bawang putih yang sudah dihaluskan kemudian diletakkan di atas permukaan komedo yang ingin dihilangkan.

 

Obat Jerawat

Sama halnya dengan komedo, jerawat kerap kali menambah persoalan hidup, lagi-lagi bawang putih dapat mengatasinya agar keprcayaan diri kembali. Caranya pun dengan komedo yakni dihaluskan dan dioleskan, lakukan hal tersebut selama 10 menit sekali secara rutin maka tonjolan yang disebabkan oleh jerawat akan segera mengempis.

 

Bekas Luka

Setiap orang hampir pasti memiliki bekas luka, namun beberapa kasus letaknya agak mengganggu penampilan sehingga perlu untuk dihilangkan. Sifatnya yang antiperadangan membuat bekas luka pada permukaan kulit menjadi tersamarkan. Oleskan irisan bawang putih atau yang sudah dihaluskan ke permukaan kulit yang ingin dibersihkan.

Itu adalah beberapa manfaat dari bawang putih yang sudah di teliti dan teruji. Banyak sekali kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan untuk tubuh dan bawang putih hanya satu dari puluhan bahkan ratusan ribu dari hasil alam lainnya. Semoga artikel tentang manfaat bawang putih mentah ini dapat bermanfaat untuk kita semua.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *