Terima Kasih Sebagai Rasa Syukur Anak

  • Whatsapp
Ajarkan Anak Berterima Kasih
Ajarkan Anak Berterima Kasih

 

Peran orang tua dalam mendidik anak-anaknya sangatlah penting bahkan sudah menjadi tanggung jawab yang tak boleh diabaikan. Selain pembekalan dengan pendidikan formal, ternyata juga pada sisi lain kehidupan anak. Tak hanya soal pelajaran disekolah, seorang anak juga harus dibekali dengan prilaku baik. Namun, hal tersebut sepertinya lebih sulit ketimbang mengajarkan salah satu mata pelajarannya karena akan ada banyak faktor yang memengaruhi.

Read More

Memang sudah kewajiban seorang anak untuk menghargai orang-orang yang lebih tua, tapi pola pikir tersebut dibentuk oleh orang tua dan juga lingkungan sekitarnya. Seorang anak akan cenderung mengikuti tipikal orang-orang terdekatnya maka itu berilah contoh yang baik. Salah satu hal yang saat ini dirasa perlu ditanamkan pada anak adalah rasa syukur. Tapi bagaiamana caranya agar terbentuk rasa itu dalam dirinya? Berikut ini adalah caranya.

 

Lakukan Aksi Sosial

Anak akan mempelajari apa yang ia lihat, melakukan aksi sosial seperti menyumbangkan sebagian harta seperti pakaian, bahan makanan serta uang akan mengajarkan menanamkan pemikiran jika masih banyak orang kurang beruntung disekitarnya. Akhirnya, anak akan mulai mencoba mensyukuri apapun yang ia miliki.

 

Puji Tanpa Hadiah

Saat anak meraih prestasi cobalah untuk tidak memberikan hadiah-hadiah yang berlebihan. Karena jika terlalu banyak hadiah dari setiap apa yang capai maka ia akan menjadi manjadi serta lebih manja ketimbang anak-anak lain seusianya, sebab ia akan mulai memiliki sifat-sifat materialistis. Maka dari itu, lebih baik memberikan pujian yang layak didapatkannya sehingga ia paham nilai dari sebuah kerja keras, bukan hanya bayarannya.

 

Mendengarkan Ceritanya

Bukan hanya jumlah harta yang dapat disyukuri, keharmonisan sebuah keluarga menjadi sebuah kebanggaan tersendiri pada seorang anak karena kelak ia akan memahami jika banyak orang yang terpisah jauh dari keluarganya. Bagi para orange tua, Luangkanlah waktu untuk mendengarkan cerita serta keluh kesahnya, Jangan lupa beri respon positif dan tak lupa menyisipkan ajaran tentang bersyukur.

Ajarkan ikhlas sangat penting jika segala hal yang diajarkan kepada anak tentang memberi juga dengan tidak mengharapkan imbalan apapun. Karena dalam menolong orang lain yang sedang kesulitan semestinya ada dorongan dari diri sendiri untuk membantu sesama. Berbuat baik kepada siapapun juga dapat menyenangkan diri sendiri. Berikan juga pendidikan tentang agama sebab segala sesuatunya yang ada didunia merupakan ciptaan dan milik Tuhan Yang Maha Esa.

 

Ajarkan Untuk Berterima Kasih dan Bersyukur

Setiap manusia pasti akan mengalami kesulitan yang tidak bisa ia tangani sendiri dalam hidupnya termasuk anak. Berilah pendidikan untuk mengucapkan rasa terima kasih ketika mendapat bantuan dari orang lain dan tak lupa ucapkan syukur kepada Yang Kuasa atas segala pemberiannya.

 

Pastikan Jika Anak Menerapkan Apa yang Diajarkan

Mungkin Anda sebagai orang tua tak bisa selalu ada disamping sang buah hati tapi, setidaknya ia sudah mendapat pendidikan yang baik. PR nya adalah, bagaiamana segala hal yang telah diajarkan mampu diterapkannya kepada orang lain. Maka caranya adalah Anda tetap harus memperhatikan perkembangan anak walaupun dari jarak jauh, untuk itu para orang tua dituntut lebih peka.

Demikianlah cara untuk mengajarkan agar anak mengerti arti syukur dan berterima kasih kepada oranglain.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *