Strategi Memenangkan Permainan Catur

  • Whatsapp
Strategi Memenangkan Permainan Catur
Strategi Memenangkan Permainan Catur

 

Catur adalah sejenis permainan papan yang menggunakan kemampuan otak dalam menaklukkan lawan dan hanya dimainkan oleh 2 orang saja, sisi hitam dan putih. Permainan ini banyak digandrungi berbagai kalangan baik tua maupun muda dan terkenal hingga keseluruh dunia bahkan ada kejuaraannya. Bagaikan sebuah peperangan sungguhan, setiap pemain saling beradu strategi dalam melangkahkan setiap bidaknya yang tujuannya untuk menghentikan pergerakan musuh terutama raja yang menjadi jantung pertahanan. Dibutuhkan kecermatan dan konsentrasi tinggi dalam melangkah agar tidak ada kesalahan yang dapat merugikan Anda.

Read More

Jika bermain hanya dengan cara melangkahkan bidak sesuai dengan perturan melangkahnya tanpa memikirkan menag ataupun kalah bisa jadi adalah sebuah tindakan yang mudah. Namun, tidak sedikit orang rela bermain catur sampai berjam-jam lamanya demi memperoleh kemenangan, bahkan harga diri dan kebanggaan seseorang tercipta dari permianan popular ini. Maka ada beberapa poin yang bisa Anda terapkan dalam memainkannya.

 

Tentukan Langkah Awal

Hal terpenting sebelum melakukan pergerakan adalah menentukan wilayah yang akan kamu serang, berarti anda terlebih dahulu harus menyusun formasi bisa mulai dengan pion ataupun kuda janga lupa pertahanan kuat agar tidak mudah ditembus pihak musuh. Jangan sampai menyia-nyiakan bidak Anda walaupun cuma satu pion Karena semuanya memeiliki peran penting serta berfungsi untuk menjaga ritme permainan.

 

Mulai Menyerang

Saat ingin memasuki garis pertahanan lawan jangan sampai melakukan langkah yang sembrono pikirkan dulu matang-matang atau mulai dengan gerakan gerakan kecil saja untuk memberikan ruang bergerak terhadap bidak lain anda miliki. Berikanlah perlawanan dari wilayah yang tidak disangka hal tersebut juga bisa membuat lawan menjadi bingung.

 

Kuasai Arena Pertarungan

Saat lawan dapat bergerak leluasa dari segala sisi maka hal tersebut sangat berbahaya bagi pertahanan, jika itu terjadi maka Anda harus pintar-pintar mencari alternatif strategi lain. Jadi, usahakan untuk mendominasi permaianan sejak awal sebelum terlambat agar kemungkinan untuk memenangkan pertandingan semakin terbuka lebar.

 

Lindungi Raja Seaman-amannya

Raja yang menjadi kunci permaian catur memang tidak memiliki daya langkah istimewa dibandingakan yang lain kecuali pion karena hanya bisa melangkah maju. Dalam keadaan tertentu  Benteng menjadi pilihan terbaik dalam melindungi raja. Dalam catur kombinasi keduanya memiliki Kemampuan bertahan yang kuat dan saling menutup celah diantara keduanya. Jika anda menggerakan raja dan benteng Anda sama sekali ditambah tidak ada satupun bidak yang menghalangi maka anda dapat melakukan pertukaran, maka posisi raja akan lebih tersudut dan dilindungi oleh benteng.

 

Jangan Terpaku Pada Satu Cara

Dalam bermain strategi yang dipakai haruslah dinamis jangan terpaku dengan satu cara saja, selain tidak mudah dibaca lawan Anda juga tidak akan kehabisan akal ketika langkah yang dilakukan tidak berjalan dengan lancar. Persiapkan setidaknya dua atau tiga trik dalam menyerang. Anda juga jangan terpengaruh oleh langkah lawan yang bisa jadi hanya sebuah pengalihan untuk membongkar pertahanan.

 

Bersikaplah Dengan Tenang

layaknya pecatur handal Anda harus terlihat setenang mungkin ketika bermain sekalipun telah melakuakan kesalahan, gerak gerik tubuh Anda akan memepengeruhi respon lawan karena ketika Anda terlihat sandai maka secara tidak langsung lawan akan mendapatkan sebuah intimidasi yang buat menyalnya melemah. Hal tersebut juga berguna membuat Anda lebih berkonsentrasi pada permainan.

 

Itulah beberapa hal yang mungkin dapat membantu atau paling tidak membuat Anda lebih dapat menikmati permainan catur.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *