Seberapa Penting Mengikuti Organisasi Saat Kuliah? Ini Ulasannya

  • Whatsapp

Mengikuti Organisasi Saat Kuliah

Masa kuliah adalah kesempatan untuk mengembangkan diri. Menemukan bakat, melatih keterampilan berhubungan dengan banyak orang. Banyak hal baru yang akan ditemukan saat memulai perkuliahan yang membantu kamu untuk meningkatkan kualitas diri.

Read More

Tapi, banyak mahasiswa yang tidak menggunakan kesempatan besar ini. Mereka hanya terpaku pada perkuliahan saja tanpa peduli tentang lingkungan sekitar. Dunia perkuliahan tidak hanya berfokus pada tugas atau ujian. Kampus juga memfasilitasi mahasiswanya untuk mengembangkan kemampuan mereka di bidang non-akademis.

Nah, untuk mengetahui beberapa alasan pentingnya mengikuti organisasi saat mengikuti kuliah, silahkan simak untaian penjelasan tulisan di bawah ini :

 

Meningkatkan Percaya Diri

Suatu organisasi menawarkan kegiatan yang membawa kamu untuk berinteraksi langsung dengan orang banyak. Melakukan hal- hal baru setiap hari dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri kamu. Karena telah terbiasa melakukan kegiatan bersama dan bertemu orang- orang yang berbeda dalam suatu kegiatan yang mengharuskan kamu untuk bekerjasama, tentu tigkat kepercayaan diri kamu akan meningkat. Selain itu, kamu akan lebih mudah beradaptasi di lingkungan baru, karena berorganisasi mampu secara teratur mengasah kemampuan sosial di mana pun kamu berada. Misalnya kemampuan berbicara dan fleksible terhadap hal-hal yang baru. Hal mendasar ini biasanya menjadikan orang-orang mudah sukses dan bekal seperti ini dapat kamu dapatkan ketika sudah bergabung dengan oraganisasi tentunya.

 

Menemukan Jati Diri

Mengikuti organisasi dapat membantu kamu untuk menemukan jati dirimu yang selama ini belum ditemukan, atau yang selama ini tidak kamu sadari keberadaannya. Ketika kamu mengikuti perkuliahan, sudah menjadi hal wajib jika kamu mempunyai “hard skill” atau kemampuan teknis yang kita pelajari melalui disiplin ilmu. Kamu tentu mampu untuk menguasai tentang hal- hal yang berhubungan dengan jurusan kamu. Sebaliknya, dengan mengikuti organisasi, kamu dapat meningkatkan “soft skill” atau kemampuan manajemen diri maupun orang lain yang tentunya tidak kamu dapatkan di kelas. Ilmu soft skill misalnya bekerjasama dalam tim, bertanggung jawab dengan tugas yang diberikan. Dengan mengikuti organisasi juga tentu kamu akan menemukan sesuatu yang menonjol tentang dirimu yang menjadikan dirimu berbeda dari orang lain.

 

Menyalurkan Hobi

Berorganisasi juga salah satu cara untuk menyalurkan hobi kamu. Melakukan rutinitas perkuliahan seperti belajar, mendengarkan dosen dan mengerjakan tugas bisa saja membuat kamu bosan dan jenuh, dengan mengikuti organisasi, kamu dapat beristirahat dan menyegarkan pikiran kamu sejenak dengan melakukan hobi bersama komunitas kamu. Kamu bisa memanfaatkan waktu kosong di kampus dengan mengikuti organisasi dan komunitas sesuai hobi yang ada.

 

Belajar Manajemen Waktu

Ketika kamu memutuskan untuk mengikuti suatu organisasi, pelajaran penting yang akan kamu dapatkan adalah bagaimana memanajemen waktu kamu. Tentu saja dengan mengikuti organisasi kamu harus membagi waktu untuk diri sendiri, keluarga, kuliah, tugas, pacar, dan banyak lagi. Ketika semua menjadi hal yang harus diprioritaskan, mau tidak mau kamu harus mampu untuk membagi waktu. Membuat daftar yang akan kamu lakukan juga dapat membantu untuk lebih teratur dan cekatan. Melakukan segala sesuatunya dengan pemikiran yang matang secara tidak langsung dapat meningaktkan proses manajemen waktu kamu.

 

Belajar Menjadi Pemimpin

Orang kuat adalah orang yang terus berjalan dan tetap tersenyum sekaligus hantaman dunia keras menerjangnya. Memiliki sifat seorang pemimpin tidaklah mudah. Ketika kamu mengikuti organisasi secara tidak sadar kamu telah ditempah untuk menjadi seorang pemimpin. Ini adalah fase yang membuat kamu terus semangat, belajar menjadi inspirasi bagi orang lain. Di dalam organisasi kamu diajarkan bagaimana bekerjasama dalam tim, menghargai pendapat orang lain dan kamu mulai belajar bahwa tekanan membuat mental mu menjadi lebih kuat dan bijaksana dalam memandang permasalahan. Ketika melakukan suatu tugas di dalam organisasi, kamu dapat menyelesaikan tugas kamu dengan baik dan tepat waktu. Memimpin rapat dan menemukan solusi dari suatu permasalahan. Dengan demikian secara tidak langsung kamu sudah membangun diri menjadi seorang pemimpin yang bertanggung jawab. Hanya tinggal masalah waktu bagi kamu untuk mengembangkannya.

Kuliah adalah saat-saat potensial untuk mencetak prestasi. Memiliki prestasi tentu dapat membantu kamu untuk mencari pekerjaan. Namun, dengan mencantumkan pengalaman organisasi yang pernah kamu ikuti selama kuliah di Curriculum Vitae akan menambah nilai jualmu di hadapan reviewer dan personalia. Memiliki IPK yang tinggi memang bagus, namun akan lebih sempurna lagi jika dilengkapi dengan pengalaman-pengalaman berorganisasi. Perusahaan yang merekrutmu pasti akan mempertimbangkan baik-baik, karena itu artinya kamu dianggap sudah mempunyai pengalaman bekerja dalam kelompok.

Setelah mengetahui pentingnya mengikuti suatu organisasi, kamu diharapkan mau mengubah pola pikir kamu dan mulai bergabung dengan organisasi di kampus mu.***(CM-Ist/Reka Marsaulina)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *