Menjadi Pembicara Perlu Persiapan yang Matang

  • Whatsapp
Public Speaking
Public Speaking

 

Berbicara di depan umum dimana banyak orang-orang yang tidak kita kenal bukanlah perkara mudah. Sering kali kita menyaksikan seorang pembicara pada sebuah gelaran baik itu skala kecil maupun besar, seperti seminar, workshop sampai dengan pidato dari pemuka agama di rumah-rumah ibadah. Dalam prakteknya, pembicara dituntut untuk dapat menyampaikan pesan-pesan dengan menggunakan kalimat dan juga intonasi yang baik agar setiap pendengar dapat menyerap banyak poin dari pembahasan tersebut.

Read More

Namun, sebelum sampai pada tujuannya menjadi seorang pembicara bukanlah perkara mudah. Banyak orang sudah mencoba berani tampil didepan publik tapi hanya beberapa orang saja yang mampu mengekskusinya dengan baik. Memiliki topik pembahasan yang baik takkan berarti apa-apa jika pada penyampaiannya salah. Gugup menjadi alasan pertama yang sering kali menjadi masalah para pembicara sebelum naik keatas panggung. Jelas hal tersebut akan memengaruhi segalanya sehingga pendengar pun tidak dapat menikamti.

Maka dari itu ada beberapa hal perlu dipersiapkan sebelum menjadi seorang pembicara, berikut ini adalah beberapa poin yang bisa kamu terapkan dalam diri sebelum tampil.

 

Jaga Mood

Bisa dibilang mood adalah hal pertama yang harus dimiliki. Sering kali mood rusak membuat segala hal yang kita lakukan menjadi tak karuan, sehingga ketidaksempurnaan hasillah yang akan didapatkan. Seorang pembicara pun akan merasakan hal yang sama, maka dari itu kamu harus dapat mengatasinya. Ada banyak cara untuk menjaga mood kamu dalam kondisi baik untuk menghadapi apapun, mendengarkan musik, menonton film, olahraga ataupun kegiatan-kegiatan menyenangkan senang dapat membuat mood terjaga. Hindari hal-hal yang menghancurkan mood kamu seperti, stress, jenuh, berkelahi dan sebagainya.

 

Jangan Ganggu Topik Pembahasan

Ketika kamu sudah memiliki bahan pembicaraan untuk disampaikan, jangan sampai ada orang lain yang mengganggunya apalagi jika hal tersebut dilakukan sesaat sebelum beraksi diatas panggung. Sebab tindakan tersebut berpotensi untuk mengacak-ngacak konsentransi. Lebih baik melakukan percakapan dengan membahas hal-hal lain yang lebih menyenangkan, dan tidak menyinggung isi dari apa yang akan kamu sampaikan kelak.

 

Atasi Rasa Gugup

Disaat gugup melanda, perlu untuk segera diatasi. Sebenarnya ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan perasaan tersebut, Yang paling sederhana serta lazim dilakukan adalah pemanasan. Lakukan gerakan-gerakan peregangan untuk merilekskan tubuh, karena ketika diatas panggung dalam keadaan gugup tubuh akan sangat terlihat kaku bahkan tak sanggup berkata-kata dengan lancer.

 

Tingkatkan Percaya Diri

Untuk tampil dihadapan khalayak ramai perlu memiliki kepercayaan diri, sebab bagaimana kamu bisa menjadi pusat perhatian sementara kamu merasa malu. Jangan takut untuk menunjukkan siapa diri kamu sebenarnya, berbicaralah seperti halnya pemimpin kepada rakyatnya. Kepercayaan diri seseorang dapat dilatih jika sering dibiasakan. Tapi bagiamana jika kamu kehilangan rasa percaya diri karena pernah melakukan kesalahan? Sebenarnya hal tersebut bukanlah sebuah masalah berarti, manusia memang tak luput dari kesalahan, maka dari itu mulailah berdamai dengan masa lalu dan bangkit meraih masa depan.

Itu adalah langkah-langkah awal yang perlu kamu tanamkan dalam diri sebelum menjadi seorang pembiocara. Semoga artikel ini dapat membantu dan juga memberi manfaat kepada kalian yang ingin mencoba tampil di muka umum.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *