Membuat Kue Cubit yang Mencubit Lidah

  • Whatsapp
Kue Cubit - Foto: copyright pinterest/dinaistiqomah
Kue Cubit – Foto: copyright pinterest/dinaistiqomah

 

Bagi kamu yang tinggal di Jakarta mungkin kue cubit sudah cukup populer dan banyak diminati. Begitu juga dengan di Kota Medan. Kue cubit, merupakan sebuah kue yang dibuat dengan menggunaan tepung terigu dan susu sebagai bahan utamanya. Kenapa namanya kue cubit? Konon orang-orang menyebutnya sebagai kue cubit dikarenakan cara menikmatinya yang cukup unik yaitu dengan mencubit sedikit demi sedikit bagiannya. Untuk ukurannya sendiri terdapat dua jenis yaitu besar dan kecil tergantung selera orang yang membuatnya.Untuk ukuran yang kecil biasanya orang-orang langsung melahapnya begitu saja tetapi biasanya dicubit untuk ukuran kue yang sedikit lebih besar. Nama yang cukup unik sesuai dengan cara menikmatinya.

Read More

Kue ini biasanya dibuat dengan menggunakan cetakan logam. Nah, bagi kamu yang menyukai kue cubit, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan cara yang sederhana seperti berikut ini:

Bahan-bahan:

  • 3 butir telu
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram tepung terigu
  • 100 gram margarin, lelehkan
  • 200 ml susu cair
  • 1 bungkus vanili bubuk
  • ¼ sdt soda kue
  • ½ sdt baking powder
  • keju parut dan coklat meses secukupnya

Cara membuat:

  1. Siapkan wadah lalu masukkan telur dan gula pasir, kocok hingga mengembang serta gulanya menjadi larut. Gunakan mixer untuk lebih mudah dan cepat mengembang.
  2. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan susu cair aduk hingga rata. Tuang margarin cair, aduk rata dan kemudian masukkan soda kue, baking powder dan vanili bubuk.
  3. Setelah adonan rata, masukkan adonan ke dalam wadah yang ada mulutnya seperti teko atau gelas takar agar adonan lebih mudah saat dituangkan ke dalam cetakan.
  4. Panaskan cetakan kue cubit di atas api kecil yang terlebih dahulu diolesi sedikit margarin. Setelah panas, tuang adonan dengan volume setengah cetakan lalu tutup.
  5. Saat adonan sudah setengah matang dan mengembang, taburi dengan keju atau coklat meses lalu tutup dan teruskan memanggang hingga matang serta bagian bawah kuenya sedikit berwarna kecoklatan.
  6. Keluarkan dari cetakan lalu sajikan dengan hangat.

 

Nah, kue cubit ini merupakan salah satu makanan yang sangat enak disantap saat sedang hangat-hangatnya, apalagi bersama keluarga di rumah.Untuk pembuatan kue cubit tidak memerlukan waktu yang cukup lama, hanya sekitar 40 menit saja yaitu 20 menit menyiapkan bahan dan 20 menit proses pembuatan, dan alat-alat yang digunakan pun cukup mudah seperti mixer, wadah, cetakan, kuas untuk mengoles agar terlihat rapi. Dalam pembuatannya, jangan lupa untuk memilih bahan-bahan yang berkualitas agar adonannya pun mantap di lidah. Kamu bahkan bisa menjadikan kue cubit sebagai salah satu bisnis kuliner yang menjanjikan karena kue cubit tidak hanya fenomenal di kota-kota besar tetapi juga di desa-desa terpencil.

Sementara ini, untuk penyajian kue cubit, kamu dapat menyajikannya di atas sebuah piring datang dan menyusunnya dengan rapi. Agar lebih menarik, kamu juga bisa menambahkan keju parut dengan menaburnya di atas permukaan kue, membuat kamu dan keluarga semakin bersemangat untuk menyantap.

Nah, itu tadi adalah tips membuat kue cubit rumahan yang juga bisa dijadikan bisnis kuliner, dari pada membeli lebih baik membuatnya kan. Selain lebih higienis, kamu juga bisa menikmati sepuasnya ketika masih hangat bersama keluarga di rumah. Jangan lupa untuk mengabadikan momen langka tersebut di handphone mu dan bagikan kepada orang lain di sosial media. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *