Makanan Khas Saat Lebaran

  • Whatsapp
Makanan Khas Saat Lebaran
Makanan Khas Saat Lebaran

 

Indonesia selalu kaya akan budaya kulinernya yang begitu beragam dan memukau. Terutama saat bulan Ramadan tiba, dimana berbagai takjil dan aneka makanan manis menghiasi segala penjuru kota untuk segara disantap menjelang berbuka.  Hampir sebulan penuh sudah Ramadan menemani hari-hari kita. Kini waktu Lebaran sudah tiba. Berbagai makanan khas  Lebaran bertaburan diseluruh wilayah Indonesia khususnya menjelang Lebaran. Mungkin bagi  umat islam yang merayakan lebaran, ini memang terlihat biasa saja. Tapi tahukah bahwa makanan ini seolah menjadi hidangan wajib yang harus disuguhkan dimeja makan kita menjelang lebaran tiba bahkan sekarang makanan ini sudah menjadi tradisi tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Nah, berikut ini berbagai hidangan khas wajib hiasi hari lebaran.

Read More

 

  1. Kue kering
Kue Kering
Kue Kering

 

Lebih terkenal dengan sebutan cemilan. Makanan ini menjadi makanan wajib yang bahkan memang sudah disiapkan jauh-jauh hari oleh umat muslim. Bahkan pembuatan kue kering ini sudah dilakukan 2 minggu sebelum lebaran tiba.  Bagi mereka yang mempunyai hobby rumahan membuat kue kering ini biasanya akan menyiapkan pembuatan kue jauh hari sebelum lebaran untuk persediaan dirumah saat lebaran tiba nantinya. Tapi, tidak menutup kemungkinan pembuatan kue kering ini menjadi ladang bisnis yang menjanjikan di bulan Ramadan. Bahkan banyak diantaranya yang menjadi penjual kue dadakan saat akhir Ramadan tiba.

 

Bagi mereka yang punya banyak waktu, akan memasak sendiri semua bahan kue kering ini di rumah dan bagi mereka yang tidak punya banyak waktu biasanya akan memesan dan membeli kue kering. Kue kering ini menjadi hidangan khas wajib yang menghiasi hari lebaran. Biasanya kue ini disuguhkan ketika ada tamu yang berkunjung ke rumah untuk bersilahturahim. Aneka kua kering yang disajikan misalnya adalah kue nastar, kue coklat, wajik bandung dan lain sebagainya.

 

  1. Ketupat

Ketupat seperti menjadi hidangan wajib yang akan disuguhkan saat lebaran tiba. Ketupat juga memiliki bentuk unik dimmana ketupat terbuat dari daun muda kelapa yang telah dianyam. Isinya terbuat dari beras ataupun pulut menjadikan ketupat ini gurih dan tidak tertandingin rasanya. Hanya ada di lebaran, pulhan ketupat akan disajikan diatas piring setelah selesai sholat Idul Fitri. Beberapa diantara keluarga Indonesia menyediakan ketupat dengan berbahan pulut yang langsung santap, beberapa diantaranya menyajikan sebagai lontong untuk kemudian disiram dengan kuah sayur nantinya.

 

  1. Lontong sayur

 

Lontong Sayur
Lontong Sayur

 

Sebagai ornag Indonesia siapa yang tidak kenal dengan makan ini? Lontong sudah menjadia makanan khas Indonesia sehari-hari bahkan menjadi makanan khas wajib yang menghias hari lebaran. Isinya terbuat dari beras atau pulut yang cara penyajiannya dengan direbus ini menjadi idola tersendiri saat selesai sholat Idul Fitri. Dengan ditemani kuah sayur, makanan ini menjadi lengkap saat disuguhkan saat lebaran tiba.  Biasanya untuk keluarga besar yang akan berkumpul saat lebaran, makanan ini akan dipersiapkan pembuatannya H-1 lebaran. Seolah jika tidak ada lontong maka lebaran tidak akan jadi. Maka dari itu lontong sayur ini menjadi makanan khas wajib yang biasa menghiasi lebaran.

 

  1. Rendang
Rendang
Rendang

 

Makanan ini merupakan makanan khas Padanag. Tapi, di momen spesial lebaran makanan ini menjadi hidangan khas wajib yang juga menghiasi meja makan. Terbuat dari daging yang telah direbus kemudian dicampur dengan rempah-rempah khas Indonesia menjadikan rendang sebagai hidangan yang amat ditunggu saat lebaran tiba.

 

  1. Opor Ayam dan Semur Ayam

Bagi yang tidak bisa memakn daging rendang, biasanya selalu ada alternatif lainnya yautu opor ayam dan ayam semur. Beberap diantara sanak saudara pastinya ada yang tidak bisa memakan daging dikarenakan kolesterol atau penyakit yang dideritanya. Opr ayam dan semur ayam menjadi solusinya. Ditemani dengan lontong sayur, seolah menambah kenikmatan sendiri saat menyantap makanan ini. Ditambah lagi dengan berkumpul bersama keluarga, merupakan momen yang paling dirindukan selama lebaran tiba.

 

  1. Sambal kentang
Sambal Kentang
Sambal Kentang

 

Tidak nikmat rasanya kalau menikmati lontong sayur tanpa ditemani dengan teman setianya yaitu sambal kentang. Pasangan serasi ini biasanya tidak bisa terpisahkan saat lebaran tiba. Seolah saat sambal kentang tidak ada, apalah daya lontong sayur. Maka dari itu penyajian sambal kentang ini biasanya ditemani dengan lontong sayur.

 

Nah, itulah beberapa makanan khas wajib hiasi lebaran yang biasanya sering kita jumpain. Kalau begitu yang mana favorit konkawan?***(CM-D02/Weny Maya Sari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *