Kembalikan Semangat Bekerja Setelah Libur Lebaran

  • Whatsapp
Semangat Bekerja
Semangat Bekerja

 

Liburan merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh semua orang, terutama bagi seorang pekerja yang di dalam kesehariannya bersusah payah mengumpulkan uang dan berkutat dengan pekerjaan yang menumpuk. Biasanya liburan dimanfaatkan oleh orang-orang terutama pekerja untuk bersantai-santai ke daerah yang cukup nyaman dan jauh dari keriuhan, tujuannya tentu untuk merefleksikan diri serta menenangkan diri.

Read More

Namun, jatah berlibur tidak selalu lama, apalagi bagi pekerja yang bekerja di instansi pemerintahan dan perusahaan sejenis. Seperti libur lebaran tahun 2016 ini misalnya, pada umumnya hanya ada waktu seminggu yang diberikan bagi pekerja untuk berkumpul bersama keluarga maupun berlibur sejenak. Waktu yang terbilang sangat singkat sebenarnya untuk melepaskan penat yang cukup mengganggu selama berhari-hari, namun bagaimanapun kondisinya haruslah dihadapi dengan semangat bekerja dan kembali kepada rutinitas sehari-harinya.

Beberapa kebiasaan seperti bangun siang pun harus kembali dihilangkan, mengingat pekerjaan yang telah menanti, karenanya untuk kembali semangat bekerja usai melewati liburan singkat ada beberapa hal yang harus dilakukan.

 

Buatlah Pekerjaanmu menjadi Menyenangkan

Tentu saja jika dibandingkan dengan liburan maka bekerja adalah hal yang paling membosankan. Bersenang-senanglah dengan pekerjaanmu, hadapi semuanya dengan senyuman dan pikirkan bahwa semuanya akan terlewati dengan mudah seperti biasanya. Jika kamu memang menyukai pekerjaanmu maka hal ini akan mudah kamu lalui, bersenang-senanglah maka kamu akan mudah menimbulkan kembali semangat bekerja yang telah perlahan hilang. Carilah kebiasaan yang selama ini membuatmu betah berlama-lama bekerja hingga kamu lupa bagaimana rasanya penat.

 

Kerjakan Secara Perlahan

Sebelum liburan kemarin, pasti kamu banyak meninggalkan pekerjaan yang belum tuntas dan hari ini kamu harus menyelesaikannya dengan segera. Namun, tidak masalah jika kamu ingin menyelesaikannya secara perlahan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan lah panik, karena hal ini merupakan hal yang biasa yang dialami oleh para pekerja lainnya, bos pasti mengerti bahwa mood kamu belum sepenuhnya kamu tuangkan untuk bekerja. Kerjakanlah dengan perlahan dan penuh kehati-hatian agar kamu tak bosan menunggunya hingga usai.

 

Perhatikan Waktu Bekerja

Bukan karena kamu punya kerjaan yang menumpuk lantas harus membuatmu lembur, tidak. Kamu harus ingat bahwa kamu punya keluarga di rumah, lain halnya bagi kamu yang tinggal terpisah dengan keluarga. Perhatikan waktu kerjamu, jika saatnya istirahat maka istirahatlah, jangan biarkan tubuhmu justru terkejut dengan pekerjaan yang tiba-tiba sudah menumpuk. Jika kamu termasuk tipe orang yang tidak sabaran, mungkin memaksimalkan waktu menjadi solusi yang tepat untuk dapat menyelesaikannya dengan segera, tapi jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatanmu ya.

 

Jangan Ragu untuk Meminta Bantuan

Kamu tentu tidak dapat menyelesaikan segalanya sendirian, ada saatnya kamu membutuhkan orang lain. Lihatlah di sekelilingmu, jika ada yang terlihat tidak terlalu sibuk kamu bisa meminta bantuannya dengan catatan suatu saat kamu harus membantu ia kembali, intinya saling tolong menolong. Meminta bantuan bukan menunjukkan bahwa kamu tidak mampu tetapi hanya untuk meringankan beban pekerjaanmu agar lebih mudah terselesaikan.

 

Jangan Lupa Menabung

Seraya menunggu momen liburan berikutnya, kamu enggak mau kan kalau momen liburannya terbuang sia-sia. Ayo kumpulkan kembali uang untuk berlibur di waktu yang akan datang setelah kamu menghabiskan sekian rupiah untuk liburan sebelumnya. Kamu sudah bisa kembali merencanakan liburan-liburan yang menarik dan tempat wisata yang ingin kamu kunjungi, Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan budget. Menabunglah untuk liburan dan keperluan lainnya yang kamu butuhkan di masa yang akan datang.

Jadi, sudahkah kamu semangat bekerja hari ini? Jangan lupa untuk saling memafkan dengan rekan kerjamu agar hari-harimu lebih menyenangkan. Siapkan diri untuk liburan yang akan datang ya. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *