Kelelahan Bekerja Dapat Menyebabkan Penyakit Ini

  • Whatsapp
Kelelahan Bekerja Dapat Menyebabkan Penyakit Ini
Kelelahan Bekerja Dapat Menyebabkan Penyakit Ini

 

Menjadi seorang pekerja memang harus siap baik lahir maupun bathin. Karena untuk menjadi sukses perlu lelah yang sangat panjang, seperti kata pepatah “bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian“. Jangan heran jika menjadi seorang pekerja akan terasa sangat melelahkan apalagi jika kamu memang tidak menyenangi pekerjaan tersebut maupun tidak sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Kamu membutuhkan ribuan ekstra tenaga untuk bisa benar-benar bekerja dengan baik. Tak heran jika banyak orang yang akhirnya mengundurkan diri dari sebuah perusahaan maupun tempat bekerja tertentu karena merasa kelelahan. Dari rasa lelah tersebut, banyak sekali efek sampung yang bisa muncul, salah satunya adalah terjangkit berbagai penyakit. Seperti diungkapkan dalam sebuah penelitian bahwa selain dapat mengganggu produktivitas seseorang, bahwa terlalu bekerja keras sehingga merasakan lelah yang terlalu berlebihan dapat mengganggu metabolisme yang terdapat di dalam tubuh. Efek samping dari kelelahan bekerja tersebut dapat menyebabkan beberapa hal seperti:

Read More

  1. Migrain

Migrain memang bukan penyakit yang terlalu berbahaya seperti dapat mengakibatkan kematian, tetapi kehadiran migrain dapat mengganggu seseorang dalam melakukan aktivitas sehari-hari jika terus-terusan dibiarkan tanpa adanya solusi yang tepat. Migrain dapat membuat ebrbagai pekerjaan menjadi etrbengkalai karena sulitnya berkonsentrasi dengan baik. Tak hanya itu, migrain juga dapat menimbulkan masalah yang serius apabila si penderita merasakan emosi dengan situasi yang mulai tidak nyaman diterimanya, hal ini juga dapat menimbulkan stress secara terus menerus. Salah satu penyebabnya adalah diakrenakan bekerja yang terlalu lama di depan komputer sehingga membuat syaraf omata menjadi terganggu dan memicu munculnya sakit pada bagian kepala. Biasanya penyakit ini selalu menghampiri para pekerja kantoran yang menhabiskan banyak waktu ber-jamjam di depan komputer.

  1. Sakit Gusi

Banyak orang stress yang tanpa sadar akan menekan giginya terlalu keras, bisa jadi karena geram akan suatu hal. Hal ini tentu berdampak buruk bagi kesehatan mulut sehingga menimbulkan sakit pada bagian gigi.

  1. Pencernaan

Terlalu lelah bekerja dapat meningkatkan produksi asam lambung di dalam perut sehingga mengakibatkan masalah pencernaan seperti perut akan terasa mulas. Hal tersebut dapat terjadi jika seseorang mengalami stress, maka otomatis pencernaannya pun akan terganggu, dan hal ini tidak boleh dibiarkan terlalu lama sehingga berkepanjangan karena akan mengakibatkan terjadinya gangguan kesehatan akut karena kesimbangan asam serta cairan yang terdapat di dalam sistem pencernaan.

  1. Kesehatan Kulit

Stress karena bekerja dapat meningkatkan produksi hormon di dalam tubuh dan hal tersebut dapat berakibat buruk bagi kulit. Saat seseorang mengalami stress maka produksi hormon cortisol akan meningkat yang menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak dan minyak itu lah yang dapat menyebabkan gangguan pada kulit seperti jerawat, gatal dan lainnya. Kesehatan kulit tentu menjadi hal utama yang harus kita perhatikan karena kulit akan terlihat langsung oleh banyak orang, terutama bagi kamu yang suka mengenakan pakaian sedikit terbuka.

  1. Botak

Stress dapat mengakibatkan rambut rontok, hal tersebut berakibat karena banyaknya pikiran yang mengganggu. Rontok bisa disebabkan oleh beberapa hal tetapi stress adalah poin utama yang memicu terjadinya rontok, untuk mengatasinya maka segarkanlah pikiran kembali karena pikiran yang sehat akan membuat rambut kembali tumbuh seperti semula.

Nah, konkawan Cerita Medan enggak mau kan, lima hal tersebut di atas menimpa konkawan, oleh karena itu jangan sampai stress berlebih menimpa karena untuk sukses memang perlu lelah tetapi harus diseimbangkan dengan hal-hal lainnya seperti sediakan waktu untuk sejenak berlibur. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *