Jadilah Hebat Mulai Dari Diri Sendiri

  • Whatsapp
Percaya Diri
Percaya Diri

 

Setiap manusia hanya diberi satu kesempatan oleh Maha Kuasa untuk hidup dan merasakan dunia. Karena itu jadikan dirimu sebagai pribadi yang hebat dan manfaatkan waktu untuk mendapatkan pengalaman berharga.

Read More

Faktanya, saat tua dan tenaga semakin berkurang, banyak orang akan menyesal karena menyia-nyiakan waktu mudanya dengan  melewatkan pelajaran hidup dan melakukan hal-hal yang tidak berkembang. Selagi masih mampu, baiknya kamu mengisi masa muda dengan pengetahuan serta pengalaman terbaik agar dimasa tua kamu tidak menyesalinya. Beberapa hal berikut bisa kamu lakukan, yaitu :

 

  1. Jaga Kesehatan

Kesehatan menjadi hal yang penting. Tubuh sehat dapat melakukan berbagai aktifitas. Penghambat dari aktifitasmu hanya sakit dan kamu hanya akan terbaring di rumah. Bayangkan jika kamu sakit selama satu hari saja, banyak hal yang kamu lewatkan begitu saja. Mulailah memperhatikan asupan gizi dan rutin berolahraga agar tubuh  fit dan mampu menjelajah hal baru.

 

  1. Kenali dan Kuasai Diri Kamu

Kenali dirimu sendiri. Kelebihan maupun kekurangan, ketertarikan maupun kebencian terhadap sesuatu harus dipahami karena akan mempengaruhi bagaimana cara kamu berkembang. Kuasailah dirimu. Ini bagian cukup sulit, pasalnya setiap orang memiliki sifat-sifat manusiawi yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. Kendalikan sifat alamiahmu yang berpotensi merugikan orang lain. Salah satunya adalah emosi.

Dalam kehidupan, kamu akan dihadapkan dengan hal yang tidak sesuai dengan keinginan. Namun, bukan berarti kamu harus meluapkan kemarahanmu karena dengan marah tidak akan menyelesaikan masalah. Hal tersebut akan merugikan diri sendiri dan bisa merusak hubungan sosial. Maka dari itu mulailah menjadi orang yang tenang dan berkepala dingin.  Karena dengan begitu masalahmu akan mudah mencari jalan keluarnya.

 

  1. Jadilah Orang Baik Terhadap Lingkungan Maupun Diri Sendiri

Mulailah berbuat baik tanpa pamrih kepada siapapun, kamu bisa memulainya dari lingkunganmu,  seperti peduli kebersihan, membantu orang lain yang membutuhkan, bersikap ramah dan sebagainya. Hal ini yang membuatmu menjadi sosok yang dihargai dalam hubungan sosial. Berbuat baik tidak hanya untuk orang lain tapi juga kepada diri sendiri. Lakukanlah hal positif yang membuatmu merasa lebih baik secara jasmani maupun rohani, seperti olahraga, travelling untuk menikmati alam, mengonsumsi makanan kesukaan serta ibadah yang akan membuatmu lebih tenang.

 

  1. Tambah Wawasan Dan Pergaulan

Ilmu pengetahuan yang dimiliki seseorang adalah hal yang tidak bisa dibeli dan tak ternilai harganya. Belajar bisa dimana saja dan kapan saja, baik formal maupun nonformal. Faktanya banyak orang yang melewatkan kesempatan terbaik dalam hidupnya hanya karena tidak mempunyai cukup pengetahuan. Pelajari dan cari tahu hal yang tak kamu ketahui, kelak pengetahuan apapun yang kamu miliki sangat membantu dikemudian. Sama seperti ilmu, kamu perlu memiliki pergaulan luas  karena orang sekitar bisa sangat mempengaruhi perkembangan.

 

  1. Jadilah Penjelajah

Hal ini bukan berarti hanya bepergian dari satu tempat ketempat lainnya. Jadilah penjelajah dengan mencoba hal baru yang positif.  Beranikan dirimu mempelajari hal baru, seperti mendaki gunung dan sebagainya agar mendapatkan banyak pelajaran dan pengalaman. Padatkan waktu mudamu dengan kegiatan baik yang bisa kamu lakukan.

 

  1. Latih Kemampuan Dan Bakatmu

Kemampuan serta bakat merupakan aset penting yang kamu miliki dan harus di asah. Tonjolkan siapa dirimu sebenarnya, karena itu bisa menjadi identitas. Kemampuan yang kamu miliki mempunyai dampak positif bagimu.

 

  1. Tetap Rendah Hati

Setelah semua yang disebutkan sukses, selanjutnya adalah tetap rendah hati. Semua yang kamu miliki takkan berarti apa-apa jika kamu adalah orang sombong, manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa sendiri maka buatlah orang-orang menyukai keberadaanmu. ***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *