Inspirasi Kebaya Wisuda

  • Whatsapp
Kebaya Wisuda
Kebaya Wisuda

 

Wisuda. Serangakaian acara pada akhir masa menjadi mahasiswa di perguruan tinggi disebut dengan wisuda. Momen ini selalu ditunggu oleh hampir setiap mahasiswa pada umumnya karena selain sebagai tanda berakhirnya masa menjadi mahasiswa, wisuda juga berarti kebahagiaan yang tidak terhingga yang dipersembhakan kepada kedua orang tua yang selama ini sudah turut membantu dan mengorbankan segalanya agar anaknya diwisuda dan lekas bekerja.

Read More

Di dalam serangakaian acara wisuda, selalu ada kebiasaan yang tidak pernah hilang dari zaman dahulu kala, di Indonesia sendiri setiap mahasiswa menggunakan seragam tertentu, jika pria mengenakan setelan jas, celana bahan dan sepatu pentofel maka para perempuannya akan mengenakan pakaian kebaya, sebuah pakaian kebudayaan dari Indonesia dilengkapi dengan toga beserta topinya.

Biasanya, menjelang momen wisuda para mahasiswi akan disibukkan untuk memilih model kebaya yang diinginkan untuk dikenakan pada acara sakral tersebut, tak jarang bahkan banyak yang kebingungan memilih kebaya yang tepat untuk diri masing-masing, mulai dari model, warna, bahan hingga panjangnya. Berikut Cerita Medan berikan ulasan mengenai tips memilih kebaya yang tepat untuk dipakai wisuda.

 

  1. Sesuaikan dengan bentuk tubuhmu

Bentuk tubuh seseorang pasti berbeda-beda, ada yang kurus, gemuk, tinggi maupun pendek. Dan ada pula yang dikombinasikan seperti gemuk pendek, kurus tinggi atau sebaliknya, Intinya pandai-pandailah menyesuaikan dengan model dan warna kebaya, seperti kamu yang bertubuh kurus sebaiknya kenakan kebaya yang penuh payet maupun bordiran agar terlihat berisi, baik itu dibagian badan, lengan maupun leher. Sementara bagi kamu yang bertubuh gemuk sebaiknya gunakan bahan kebaya yang lebih ringan dengan bordiran yang halus serta pilihlah warna yang sedikit gelap agar saat wisuda kamu bisa terlihat sedikit langsing.

 

  1. Perhatikan tipe kebaya

Jenis kebaya sangatlah banyak, ada kebaya muslim, kebaya tradisional maupun kebaya modern. Kamu dapat memilih dari ketiga jenis kebaya yang paling sering digunakan tersebut, jika kamu mengenakan hijab sebaiknya kamu mengenakan kebaya muslim tetapi tidak ada salahnya jika kamu juga ingin mengenakan kebaya tradisonal untuk menambahkan seni budaya di dalamnya begitu juga dengan kebaya modern, asalkan kamu dapat mengombinasikannya dengan lapisan yang senada. Sementara untuk kamu yang tidak berhijab kamu dapat mengenakan kebaya jenis tradisonal dan modern dengan pilihan model yang sesuai dengan keinginanmu.

 

  1. Perhatikan bahan kebaya

Prosesi acara wisuda memang tidak akan berlangsung selama satu harian, tetapi kamu memerlukan banyak ruang untuk bergerak terutama saat prosesi menggeser toga disaat kamu menaiki pentas begitu juga saat kamu dikerumuni oleh teman-temanmu dan berfoto bersama, karenanya kamu harus mengenakan kebaya  dengan bahan yang nyaman digunakan. Jangan lupa untuk memakai lapisan yang halus di dalamnya karena terkadang bahan kebaya ada yang gatal dan membuatmu tidak nyaman. Pilihan bahan kebaya brokat mungkin bisa menjadi solusi bagi kamu yang tidak ingin ribet dan nyaman saat wisuda. Begitu juga dengan pilihan warna yang tepat, jangan lupa sesuaikan dengan warna kulitmu, jika kamu memiliki kulit putih tentu kebaya warna apa saja akan cocok di kulitmu tetapi bagi kamu yang berkulit gelap sebaiknya gunakan warna kebaya tertentu seperti marron, orange, gold, karena warna tersebut bisa membuat kulitmu bertambah cerah. Jangan lupa juga untuk menyesuaikannya dengan bentuk tubuhmu ya.

 

  1. Perhatikan Aksesoris

Yang dinamakan aksesoris dalam hal ini seperti hiasan rambut, jepitan sanggul, maupun bros hijab yang kamu kenakan. Begitu juga dengan tas dan wedges atau high heels. Dalam memilih aksesoris, jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan warna kebaya yang kamu kenakan, atau juga bisa disamakan dengan warna hijab dan rokmu agar tidak terlalu banyak warna. Jika kamu adalah tipe orang yang tidak tahan berlama-lama mengenakan heels sebaiknya pilihlah wedges karena wedges lebih nyaman untuk dikenakan, sementara untuk pemilihan tas sebaiknya kenakan yang mungil saja setidaknya muat untuk meletakkan handphone, Kamera poket dan beberapa lembar uang. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *