Ini Makanan Yang Membuat Ngantuk

  • Whatsapp

Makanan yang Membuat Ngantuk – Perasaan ngantuk akan sangat mengganggu aktifitas disaat pekerjaan lagi banyak-banyaknya. Banyak yang memanfaatkan jam istirahat kantornya untuk makan siang guna menambah konsentrasi diri agar normal seperti biasa.

Makanan yang Membuat Ngantuk
Makanan yang Membuat Ngantuk

Namun perlu diketahui, bahwa disaat istirahat dan makan siang perlu diperhatikan jenis makanan yang malah dapat membuat rasa ngantuk mengganggu aktifitas Anda. Berikut jenis makanan yang membuat ngantuk :

Read More

1. Pisang

Ternyata, buah yang satu ini sangat bisa membuat kamu lebih mudah ngantuk. Hal ini disebabkan oleh kandungan magnesium dan potassium dalam pisang yang bisa membuat otot tubuh menjadi lebih rileks. Selain itu, pisang juga mengandung triptofan yang bisa bereaksi menjadi serotonin dan melatonin sehingga otak menjadi lebih tenang dan mudah mengantuk.

2. Kacang Almond

Kacang yang sering dicampur dengan bahan coklat ini banyak dikonsumsi orang karena rasanya yang renyah dan gurih. Tapi, tahukah kamu kalau ternyata kacang almond memilki kandungan magnesium tinggi yang bermanfaat untuk relaksasi otot. Kacang almond membuat rasa kantuk semakin cepat dengan cara mematikan siklus adrenalin dan meningkatkan rasa kantuk ketika di konsumsi. Selian itu kacang almon menjaga kadar gula darah untuk tetap stabil.

3. Teh Hijau

Banyak orang yang mengonsumsi teh hijau setelah makan siang demi kesehatan. Padahal, teh hijau yang dikonsumsi setelah makan siang mengandung Theanine yang dapat memacu kerja otak menjadi lebih cepat rileks yang pada akhrinya berujung dengan rasa kantuk serta mengurangi zat besi yang terkandung di dalam makanan sebelumnya.

4. Susu

Susu dan makanan lain yang berasal dari bahan dasar susu, seperti halnya yoghurt dan keju dapat mempercepat reaksi kantuk. Ketiga makanan tersebut memilki kandungan triptofan dan nutrisi tinggi yang bisa membantu mengurangi stress sehingga otak akan lebih mudah mengantuk.

5. Kedelai

Fitoestrogen yang terkandung di dalam kacang kedelai sangat baik untuk mengendalikan rasa gelisah sehingga membuat seseorang yang mengonsumsinya lebih mudah untuk mengantuk. Oleh sebab itu, lebih baik hindari makan kedelai jika kamu tidak ingin mengantuk saat bekerja.

6. Buah Ceri

Buah Ceri merupakan salah satu asupan makanan yang bisa menimbulkan rasa kantuk. Hal ini disebabkan oleh peningkatan melatonin yang diproduksi setelah mengonsumsi buah ini. Orang yang mengidap insomnia disarankan untuk mengonsumsi buah merah mungil ini.

7. Sereal

Kadang banyak orang Indonesia yang mengonsusmsi sereal di pagi hari karena takut kesiangan masuk kantor atau pergi sekolah. Tapi, tahukah kamu kalau ternyata sereal tersebut dapat memicu rasa kantuk karena kandungan karbohidrat tinggi yang menyediakan triptofan dalam aliran darah.

Demikianlah artikel mengenai Makanan yang Membuat Ngantuk, oleh karena itu disarankan agar makanan yang dijelaskan diatas jangan dikonsumsi saat Anda bekerja ataupun beraktifitas yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *