Ini Hal Yang Harus Dipahami Ketika Menggunakan Media Sosial

  • Whatsapp
Media Sosial
Media Sosial

 

Social media atau media sosial, kini tengah menjamur dimana-mana. Lebih dari itu,fenomena ini bahkan sudah menjadi konsumsi setiap lapisan masyarakat dimana tak ada batasan usia utuk menggunakannya. Sebenarnya, kehadiran medsos (media sosial) jika digunakan dengan baik maka akan sangat manfaatnya. Selain konten yang ada didalamnya keamanan dari akun tersebut juga perlu diperhatikan. Anak remaja adalah yang paling banyak menggunakannya Mengingat diusia itu banyak dari mereka yang masih labil serta mencari jati diri mereka dapat sewaktu-waktu memosting hal-hal yang dapat menjadi bahan perbincangan negatif oleh banyak orang,maka perlu agak berhati-hati dalam menggunakannya.

Read More

Seperti yang kita ketahui saat ini yakni twitter, facebook, path serta instagram, semuanya sangat digandrungi masyarakat karena fungsinya masing-masig. Berikut ini adalah beberapa poin penting yang perlu diperhatikan saat remaja memiliki akun media sosial pribadi milikinya dan mulai memosting sesuatu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Konten tersebut harus jelas, baik tulisan maupun gambar bisa saja memberikan persepsi berbeda kepada setiap orang, untuk mengatasi hal tersebut berilah penjelasan tentang apa yang kamu bagikan di akun tersebut.

Membuat akun privasi disarankan untuk menghindari orang-orang jahil yang dapat membahayakan diri kamu. Sehingga hanya orang-orang terdekat saja yang dapat melihat.

Tanggapi segala konten dengan bijak, didalam media sosial segala sesuatunya dapat muncul dengan bebas, bahkan konten-konten pornografi kian menjamur dan sangat mudah untuk diakses sehingga ada baiknya menjauhkan diri dari hal tersebut karena dampaknya akan merusak otak. Kemudian soal bullying, kasus ini memang kerap sekali terjadi dikalangan anak muda hingga sampai muncul ke media sosial, tentunya kejadian ini tak boleh terus dibiarkan karena akan berpotensi terhadap kondisi psikologis kepada korbannya.

Jangan menyinggung orang lain, walaupun kamu tak menyebutkan namanya namun bisa saja orang yang bersangkutan merasa dan akhirnya terjadi saling sindir hingga terjadi perkelahian.

Gunakan password yang tak mudah diketahui orang, hindari kata kunci seperti 1234, qwerty, tanggal lahir dan semacamnya. Jika diretas oleh orang yang tak bertanggung jawab, maka ia bisa melakukan apa saja.

Hati-hati terhadap penipuan, dalam dunia maya kita dapat menemukan siapa saja tanpa bertemu secara tatap muka, hal ini berpotensi terjadinya penipuan dimana orang akan mencoba meyakinkan seseorang dengan segala tipu dayanya agar mau melakukan sesuatu.

Masalah waktu juga menjadi hal yang patut diperhatikan, sekarang ini kebanyakan orang dimanapun ia berada akan menunduk menatapa layar gadget sehingga tak memperdulikan hal-hal menarik disekitar. Malah saking fokusnya sampai tak ingat dengan waktu.

Jangan jadikan media sosial sebagai media untuk meluapkan segala emosi, ini adalah hal yang paling sering terjadi bagi para penggunaan media sosial. Orang yang melihat akan menilai kita masih memiliki sifat kekanak-kanakan jika melakukan hal ini. Maka dari itu jika ada masalah segera selesaikan jangan dilampiaskan kepada sekitar.

Ambil manfaatnya, dalam media sosial terdapat banyak sekali informasi yang bisa dijadikan sebagai referensi, malahan berita-berita terbaru ataupun kejadian yang baru saja terjadi, bisa langsung dilihat melalui media sosial.

Itulah beberapa hal yang sangat perlu dipahami oleh remaja ketika menggunakan media sosial. Semoga tips-tips dapat memberi manfaat yang baik.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *