Ini Cara Menghadapi Wawancara Kerja

  • Whatsapp
Wawancara Kerja
Wawancara Kerja

 

Sebelum kamu bekerja di suatu perusahaan pastinya kamu harus melewati beberapa tahapan sebelum diterima di perusahaan yang kamu inginkan untuk bekerja. Pertama kamu harus mengirim surat lamaran beserta curriculum vitae (CV) kamu kepada perusahaan yang kamu inginkan. Beberapa perusahaan ada yang menggunakan tes tertulis sebelumnya, setelah itu  kamu akan menunggu panggilan dari perusahaan tempat kamu melamar, jika perusahaan tersebut tertarik maka kamu akan segera dihubungi untuk menghadiri wawancara. Ini adalah tahapan terakhir sebelum kamu diterima dan juga menjadi bagian tersulit karena kamu akan berhadapan langsung dengan si pewawancara yang akan menentukan diterima atau tidaknya kamu di perusahaan tersebut.

Read More

Wawancara kerja  adalah hal yang paling mendebarkan sebelum masuk dunia kerja, kamu harus berusaha tampil sempurna demi mendapatkan kesan baik kepada si pewawancara. Hal ini penting agar perusahaan mengetahui karakteristik kamu, apakah kamu cukup memenuhi syarat dan memiliki potensi sesuai kebutuhan perusahaan. Ada beberapa tips yang baiknya kamu terapkan saat menghadapi wawancara kerja.

 

Persiapkan Fisik dan Mental

Penting untuk menjaga kesehatan sebelum menghadapi wawancara kerja jangan sampai kamu di wawancarai dalam kondisi sakit, perhatikan makanan dan jangan lupa berolahraga bila perlu kamu cukupi kebutuhan nutrisi kamu dengan mengonsumsi multivitamin. Mental kamu juga perlu disiapkan karena kebanyakan orang akan merasa gugup untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh si pewawancara dengan baik.

 

Datang Lebih Awal dan Jangan Sampai Terlambat

Kamu harus datang tepat waktu saat kamu akan diwawancara. Usahakan datang 10-15 menit dari waktu yang ditentukan. Sebisa mungkin jangan sampai terlambat karna akan membuat kesan yang tidak baik walaupun kamu memiliki segudang potensi, itu semua bisa jadi sia-sia. Jika kamu sudah berada di tempat wawancara dan kamu mendapat antrian berikutnya usahakan si pewawancara sudah mengetahui kedatangan kamu, hal itu akan memberikan efek positif kepada kamu karena akan membuat si pewawancara berpikir kamu adalah orang yang siap untuk bekerja.

 

Berpenampilan Menarik dan Sesuai

Penampilan kamu sangat mempengaruhi diterima tidaknya kamu di perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan. Pakailah pakaian yang sesuai dengan pekerjaan yang ingin kamu masuki contohnya jika kamu akan diwawancara oleh perusahaan besar yang bergerak di bidang perbankan gunakanlah pakaian formal, jangan memakai pakaian yang terlalu norak ataupun berlebihan. Berpenampilanlah yang sesuai karena kebanyakan perusahaan ingin para karyawannya terlihat menarik.

 

Sopan Santun

Ucapkan salam saat kamu memasuki ruang wawancara dan berilah senyuman kepada si pewawancara lalu perkenalkan nama kamu dengan berjabat tangan dan jangan duduk sebelum dipersilahkan, hal ini tetntu saja memberikan sisi positif  terhadap penilaian diri kamu. Ketika si pewawancara berbicara ataupun memberi pertanyaan duduklah dalam posisi tegak dan tangan kamu berada di atas meja, tataplah matanya ini mencerminkan etika kamu saat berkomunikasi tatap muka dengan orang lain. Kamu juga harus menjawab pertanyaan dengan sopan dan tutur kata yang baik.

 

Hati Hati Terhadap Jawaban Kamu

Saat mewawancarai kamu, si pewawancara akan bertanya tentang diri kamu. Ingat, si pewawancara sudah mengetahui sebagian dari tentang kamu melalui CV yang kamu berikan sebelumnya jadi, pastikan isi dari CV kamu adalah benar agar kamu tidak bingung saat memberi jawaban, jika tidak kamu pasti akan tertekan dan tidak bisa menjawab yang akan berdampak kurang baik pada penilaian. Si pewawancara juga akan menanyakan soal besarnya gaji yang kamu inginkan berilah jumlah yang pantas kamu terima dari pekerjaan yang akan kamu kerjakan di perusahaan tersebut. Jika kamu ditanya tentang hal yang menjadi kelemahan kamu, sebutkan saja tapi kamu perlu mengatakan kalau kamu bisa mengatasinya dengan mudah.

 

Bertanyalah Saat Diberi Kesempatan

Di akhir wawancara mungkin kamu akan diberi kesempatan untuk bertanya. Tanyakanlah hal yang menyangkut pekerjaan kamu atau tentang posisi yang kamu inginkan di perusahan tempat kamu melamar pekerjaan. Jadi, kamu bisa mengetahui lebih banyak ataupun kriteria yang diterima untuk bekerja di perusahaan tersebut bahkan jika kamu merasa lebih baik dari karyawan yang sudah ada kamu bisa mengatakan kelebihan kamu dari mereka.

Di akhir wawancara sebelum kamu pergi berilah senyuman sambil berjabat tangan dan ucapan terima kasih kamu karena sudah diberi kesempatan untuk wawancara hal ini perlu dilakukan mengingat tidak semua pelamar mendapat panggilan wawancara. Jangan lupa mengucapkan salam sebelum kamu keluar dari ruang wawancara.

Itu adalah beberapa hal yang bisa membantu kamu dalam menghadapi wawancara masuk kerja. Semoga tips di atas memiliki manfaat besar bagi kamu yang akan menghadapi panggilan untuk wawancara pekerjaan.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *