Ini Cara Agar LDR Tetap Bertahan

  • Whatsapp
LDR
LDR

 

Hubungan jarak jauh atau yang sering disebut dengan LDR (Long Distance Relationship) banyak di alami oleh beberapa pasangan. Menjalani hubungan dengan jalan ini memang sangat sulit. Bagaimana tidak? Kepercayaan menjadi salah satu faktor yang paling dibutuhkan disini. Tak jarang pacaran jarak jauh mengakibatkan perpisahan di tengah jalan, karena bermasalah dengan kepercayaan dan juga komunikasi. Jarak membuat kesempatan bertemu yang tidak memungkinkan sehingga komunikasi terhambat. Kondisi yang seperti ini sering kali membuat munculnya rasa tidak percaya dan rasa curiga terhadap pasangan yang jika tidak segera ditangani akan menimbulkan pertengkaran yang pada akhirnya berakhir dengan perpisahan.

Read More

Meski banyak yang gagal, tak jarang juga ditemui pasangan yang berhasil menjalin hubungan dengan jarak jauh. Pasangan-pasangan hebat ini tentunya memiliki tips dan cara mereka masing-masing untuk menjalani hari-hari mereka dengan status hubungan jarak jauh. Karena Hubungan jarak jauh itu sulit, bukan berarti tidak bisa dijalani. Berikut beberapa tips untuk menjalani hubungan jarak jauh.

  1. Kepercayaan

Kepercayaan menjadi salah satu faktor utama dalam menjalin hubungan jarak jauh. Tanamkan kepercayaan dan keyakinan pada diri sendiri dan juga yakinkanlah pasangan anda bahwa harus saling setia walaupun jarak memisahkan. Meskipun tidak bisa memonitor aktivitas pasangan secara langsung, cobalah memberikan kepercayaan penuh pada pasangan anda. Jangan cemas atau berprasangka buruk tentang hal-hal yang tidak diketahui kepastiannya, perasaan gelisah atau bertanya-tanya tentang suatu hal ada baiknya jika langsung ditanyakan kepada pasangan anda. Pastikan juga kepada pasangan anda, bahwa tidak ada hal yang harus dikhawatirkan dari anda.

 

  1. Komunikasi

Pertemuan yang mungkin tidak bisa dilakukan karena jarak yang memisahkan, maka penting untuk membangun hubungan dengan komunikasi yang intens dan lancar dengan pasangan anda. Komunikasi dapat dilakukan melalui banyak media, seperti Facebook, Instagram, Line, maupun dengan cara teleponan dan juga sms-an. Bertanya hal-hal kecil sekalipun atau bertanya tentang saran-saran itu sangat membantu untuk melepas rindu. Komunikasi ynag intens akan menjauhkan pikiran-pikiran negatif atau prasangka buruk tentang pasangan anda.

 

  1. Hilangkan Perasaan Cemburu

Cemburu memang suatu hal yang wajar yang dialami oleh banyak orang terhadap pasangannya, karena perasaan cemburu itu merupakan suatu bukti sebuah rasa cinta. Tetapi dalam menjalin hubungan jarak jauh, sebisa mungkin minimalisir kecemburuan. Karena hal ini bisa menjadi salah satu penyebab kandasnya hubungan di tengah jalan.

 

  1. Jujur dan Terbuka

Sama dengan pacaran biasa, Hubungan jarak jauh juga menuntut keterbukaan dan kejujuran terhadap pasangan. Utarakan semua keinginan dari masing-masing agar dapat dipahami secara bersama. Hal yang sulit diterima sekalipun itu, haruslah diutarakan, agar menjadi kesepakatan bersama. Jika anda mengalami masalah yang mungkin berhubungan taupun tidak berhubungan dengan pasangan anda, jangan menutupinya dengan kebohongan, cobalah unutk mengungkapkannya pada pasangan anda, dan carilah solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut.

 

  1. Hubungan yang Punya Tujuan Akhir

Tujuan akhir memang merupakan suatu hal yang sulit, tetapi anda menjalin suatu hubungan dengan suatu tujuan tentunya, salah satunya pernikahan. Dengan adanya tujuan yang dibuat secara bersama-sama akan membuat komitmen semakin kuat dan hubungan dapat berjalan dengan baik. Jangan buat pasangan anda bertanya-tanya, kemana arah dan tujuan dan hubungan ini? Tegaskan kepada pasangan anda kemana tujuan dari hubungan kedepannya dan kemana anda akan melangkah.

 

  1. Jangan Percaya Omongan Negatif Orang lain

Dengan menjalani hubungan jarak jauh, tidak mungkin anda tidak mendengar hal-hal negatif tentang pasangan anda dari ornag lain. Bahkan, tidak jarang anda merasa terprovokasi dengan perkataan orang lain, itu semua agar anda membuka sedikit hati untuk orang lain. Banyak cara yang akan dilakukan oleh orang lain untuk merusak hubungan anda. Jadi, jangan dengarkan apa perkataan negatif tentang pasangan anda, komunikasikan dengan pasangan anda terlebih dahulu.

 

Demikianlah beberapa tips untuk menjalani LDR atau hubungan jarak jauh agar hubungan anda tetap langgeng. Semoga dapat membantu anda dalam menjalani hubungan jarak jauh bersama dengan pasangan anda.***(CM-M01/Katri Hutabarat)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *