Foto Makanan? Ini Trik yang Harus Diketahui

  • Whatsapp
Cara Foto Makanan
Cara Foto Makanan

 

Mengabadikan makanan sebelum  melahapnya telah menjadi trend masa kini. Melakukan kegiatan foto menu makanan pada sebuah restaurant, saat ini dilakukan banyak orang untuk berbagai macam hal, seperti kepuasan pribadi atau sebagai konten di sosial media ataupun blog pribadinya. Menceritakan berbagai macam hal seperti, sejarah makanan, ulasan maupun sekedar menceritakan aktifitas yang sedang ia lakukan.

Read More

Seiring perkembangannya hasil-hasil dari jepretan tersebut pun sering kali membuat lidah begitu tergiur dan perut seketika menjadi lapar. Tentunya untuk mencapai klimaks seperti itu tak pula bisa diambil secara sembarangan, walaupun objek yang difoto itu sendiri memiliki cita rasa tiada duanya. Sama seperti yang lainnya, mengabadikan makanan dalam bentuk foto juga perlu mencari angle yang tepat, komposisi warna yang baik dan juga pencahayaannya. Jika, kamu ingin hasil foto-foto makananmu terlihat menggoda maka beberapa teknik pengambilan gambar ini perlu kamu ketahui.

 

Cahaya

Sejatinya fotografi adalah melukis dengan cahaya, secara singkat berarti menangkap gambar yang ada didepannya apapun itu dengan bantuan cahaya. Kembali ke makanan, kita perlu melihat sisi yang paling menarik dari makanan tersebut setelah itu atur pencahayaan agar si objek semakin terlihat. Usahakan pancaran cahaya itu sendiri mampu menonjolkan tekstur dari makanan tersebut agar terlihat lebih menarik. Cahaya juga tidak boleh terlalu terang karena dapat mengurangi persepsi rasanya yang lezat, sementara orang harus tergiur akan fotonya terlebih dahulu, pencahayaan dari matahari biasanya akan memberikan hasil yang lebih baik.

 

Fokus didetailnya

Ketika menemukan angle yang tepat, kemudian fokuskan kepada salah satu bahan makanan yang paling menarik didalamnya, contoh, nasi goreng cumi kamu dapat lebih menonjolkan cumi tersebut dalam foto yang akan diambil. Detail makanan tersebut juga baiknya terlihat jelas, karena bahan-bahan serta bumbu-bumbunya perlu ditunjukkan dalam sebuah foto makanan.

 

Hindari mode zoom

Menggunkan mode zoom dalam pengambilan gambar sangat tidak disarankan apalagi menggunakan lensa hp, sebab akan merusak kualitas gambar kecuali kamu memakai kamera yang semestinya. Jika menggunakan gadget lebih baik didekatkan dengan objek, dan apabila ingin memiliki gambar yang lebih sempit maka cukup di crop saja jadi tidak banyak memengaruhi kualitas gambar.

 

Ketahui karakter perangkat kamu

Untuk mengabadikan sebuah momen dalam bentuk visual bisa diambil dengan perangkat seperti kamera ataupun gadget sekalipun. Jika dianalogikan kepada sebuah pertempuran, kamera adalah senjatanya maka sudah selayaknya kondisinya terawatt dengan baik. Dan satu hal lagi yang penting adalah penggunannya harus benar-benar mengerti akan kelebihan serta kekurangan dari kamera yang dimiliki. Contohnya dalam kategori gadget, beberapa device memiliki keunggulan mengambil gambar dengan kualitas terbaik saat siang hari, sementara yang lain mampu menghasilkan foto yang bagus dalam keadaan minim cahaya. Dari situ kita bisa tahu jika tak semua kamera memiliki kemampuan yang berbeda-beda walaupun dengan ukuran pixel yang sama.

 

Berlatih dengan banyak angle

Menjadi seorang fotografer dituntut untuk cermat dalam memanfaatkan momen maka dan juga sudut pandang pengambilan gambar. Begitu jug ketika hedak memfoto makanan, perlu angle yang tepat agar dalam satu gambar dapat merepesentasikan secara keseluruhan makanan tersebut. Maka dari itu bekali diri kamu untuk mengetahui angleangle yang tepat dalam memotret sebuah objek.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *