Fakta Unik Anak Kedua

  • Whatsapp
Fakta Unik Anak Kedua
Fakta Unik Anak Kedua

 

Tahukah kamu, seorang dokter psikolog Alfred Adler pernah mendukung sebuah pernyataan yang berbunyi bahwa kelahiran seorang anak menentukan kepribadiannya? Apakah benar? Bisa jadi. Berdasarkan sebuah penelitian dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa urutan kelahiran seorang anak dapat menentukan kepribadiannya. Seperti misalnya kepribadian anak pertama selalu berbeda dengan kepribadian anak kedua, ketiga, dan seterusnya karena setiap anak memiliki ciri, karakter dan kepribadiannya masing-masing.

Read More

Biasanya anak pertama memiliki kepribadian yang bertanggung jawab dan selalu menjadi pemimpin bagi adik-adiknya, ketika sudah besar maka ia akan berpikir bahwa segala tanggung jawab ada di pundaknya apalagi ketika ia dihadapkan dengan kondisi bahwa adik-adiknya belum menamatkan beberapa studi lagi. Sebagai anak pertama, ia akan selalu mencoba teladan bagi adik-adiknya. Lain halnya dengan anak bungsu, biasanya terkesan manja, sulit diatur dan beprilaku semaunya tanpa memikirkan oang lain. Anak terakhir memiliki sifat dimana segala keinginannya harus dipenuhi.  Nah, bagaimana pula dengan ciri khas kepribadian anak kedua? Yuk simak hal berikut ini:

 

  1. Anak kedua cenderung bebas dan kreatif

Anak kedua berbeda dengan anak lainnya, ia lebih menyukai kesunyian dibandingkan keramaian seperti berkumpul dengan saudara-saudaranya, ia ingin selalu membebaskan diri dari hal apapun dan tidak mau ribet. Uniknya anak kedua juga selalu ingin menjadi kreatif terlihat dari keinginan yang muncul saat ia sedang sendirian yaitu melakukan hal-hal baru dengan penuh percaya diri dan semangat yang luar biasa sehingga tak heran jika anak kedua gemar berimajinasi dan hal itu berkembang dengan sangat baik.

Sebenarnya pekerjaan yang berhubungan dengan kreativitas sangat cocok untuk tipe anak kedua tetapi tidak semua anak kedua mampu mengaplikasikannya dengan baik karena mereka tidak bisa bekerja di bawah tekanan, anak kedua selalu ingin bekerja secara fleksibel karena pada dasarnya mereka ingin selalu bebas dalam mengekspresikan dirinya.

 

  1. Anak kedua selalu friendly

Anak kedua memiliki nilai persahabatan yang terbilang kuat dan setia kawan. Akibat kebiasaannya yang suka menyendiri membuatnya memahami arti kesendirian sehingga ingin merangkul orang lain untuk menjadi sahabatnya. Anak kedua selalu ingin menyenangkan orang lain, dan sayangnya ia selalu takut untuk merugikan orang lain padahal hal tersebut belum tentu merugikan.

 

  1. Anak kedua selalu cinta damai

Tidak seperti anak pertama dan anak terakhir, anak kedua selalu menjadi penengah bagi orang lain sehingga ia selalu mencintai damai dan cinta. Dua hal tersebut menjadi penting di dalam dirinya sehingga ia terkadang pun dapat berpihak pada saudara yang lainnya.

 

  1. Anak kedua selalu merasa terasingkan

Tidak bisa dipungkiri bahwa orang tua akan selalu memberikan perhatiannya kepada anak pertama dikarenakan ingin membantu anak pertama menjadi anak yang hebat dan dibanggakan oleh adik-adiknya. Begitu pun dengan anak terakhir yang terkesan manja dan harus mendapatkan perhatian lebih. Hal itu membuat anak kedua merasa terasingkan, orang tua selalu beranggapan bahwa anak kedua bisa menjadi anak yang mandiri.

 

  1. Anak kedua selalu merasa berbeda

Dikarenakan anak pertama dan anak terakhir selalu mendapat perhatian lebih, anak ekdua selalu merasa dirinya berbeda dengan yang lain karena tidak mendapatkan perhatian yang serupa, ia akan selalu bertanya-tanya mengapa ia berbeda. Sikapnya selalu berbanding terbalik dengan sikap anak pertama, jika anak pertama anak yang nakal maka ia akan selalu menjadi anak yang baik begitu pula sebaliknya.

Nah, dari lima fakta mengenai anak kedua, mana nih yang paling sesuai sama kamu? Atau jangan-jangan kamu mengalami lima fakta tersebut? Semoga bermanfaat ya.***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *