Dapoer Ndoro, Kuliner Asal Keraton Yogyakarta

  • Whatsapp
Dapoer Ndoro
Dapoer Ndoro

 

Memulai suatu bisnis memang memerlukan sebuah kerja keras yang maksimal. Bahkan ada beberapa bisnis yang dimulai hanya lantaran sebuah hobi dan sebuah peluang. Seperti halnya bisnis kuliner yang dijalani oleh gadis cantik satu ini. Memanfaatkan peluang dan bermula dari pengalaman membuat R. Rr Tamara Anindita memulai bisnis kulinernya dengan nama Dapoer Ndoro. R. Rr Tamara Anindita atau biasa di panggil rara pada dasarnya adalah gadis yang memiliki hobi makan terutama masakan yang memiliki cita rasa pedas.

Read More

Nama Dapoer Ndoro sendiri diambil lantaran pemiliknya adalah wanita keturunan keraton Yogyakarta. Nama yang diambil pun terkesan kental akan adat jawa yang artinya adalah “Dapur kalangan orang keraton”. Sebelum memulai bisnis kuliner 2 tahun lalu, owner  Dapoer Ndoro terinspirasi dengan menu sarapan ketika pulang ke jawa. Menu tersebut menambahkan cabai hijau sebagai pelengkap nasi goreng yang ingin disantapnya. Secara iseng pula rara mulai mengunduh foto makanannya ke media sosial dan ternyata rara mendapatkan respon yang sangat positif dari teman-temannya yang mengikutinya di media sosial pribadi rara.

“Sewaktu dimasukkan ke Path, banyak yang nanyakin, tuh. Secara nggak langsung keluarlah jiwa bisnis saya untuk menggunakan peluang yang ada. Setelah itu coba menawarkan ke orang-orang terdekat. Alhamdulillah ada yang pesan, dan mulai dari situlah saya mulai menawarkan menu baru terus buat akun bisnis seperti Facebook, Instagram dan juga Path,” jelas Rara.

 

Owner Dapoer Ndoro
Owner Dapoer Ndoro

Tak disangka, respon positif dengan nasi goreng cabe hijau ala Dapoer Ndoro pun berdatangan. Tidak hanya menu nasi goreng cabe hijau yang sangat melekat di lidah masyarakat Medan, Dapoer Ndoro pun menciptakan inovasi menu lain seperti Nasi Tumpeng, Mie Goreng Jawa, Nasi Goreng Kambing, Mangostickyrice dan juga Spaghetti/Fettucine Tomyam. Tanpa disadari, menu nasi tumpeng berhasil menarik pasar kuliner di kalangan pecinta makanan di Kota Medan.

 

Nasi Ijo Dapoer Ndoro
Nasi Ijo Dapoer Ndoro

 

Walaupun pada awalnya Nasi Tumpeng memiliki kesan terlalu kuno dan juga sakral, lain halnya dengan Nasi Tumpeng yang berhasil dikreasikan oleh Dapoer Ndoro. Dapoer Ndoro mampu menyulap Nasi Tumpeng kuno menjadi menu yang lebih modern, unik dan juga lucu. Walaupun demikian, Nasi Tumpeng yang menjadi salah satu menu andalan Dapoer Ndoro tidak mengurangi makna dari tumpeng itu sendiri dimana tumpeng adalah salah satu makanan dalam acara syukuran.

“Untuk melihat kelebihan, kayaknya orang saja yang menilai, tapi awal pertama kali tumpeng booming dan dikenal di Kota Medan saya rasa kita yang pertama kali memperkenalkan. Nasi tumpeng juga tidak mengurangi unsur dari makna dan arti tumpeng itu sendiri dimana dalam pemberian tumpeng diharapkan yang menerima, mendapat berkahnya. Jadi, tumpeng dibuat bukan sembarangan, setiap unsur menu ada artinya. Itu kata eyang saya sendiri,” kembali Rara bercerita.

Nasi Tumpeng Dapoer Ndoro
Nasi Tumpeng Dapoer Ndoro

 

Seperti memperbaharui budaya, tidak sedikit kalangan anak muda mengganti budaya merayakan ulang tahun denggan menukar kue tart menjadi nasi tumpeng. Kalau misalnya tumpeng identik dengan kalangan orang tua, di Kota Medan sendiri tumpeng sudah mulai diminati oleh berbagai kalangan, terutama anak muda. Tidak hanya di Kota Medan, suksesnya bisnis kuliner ini mampu membuat Dapoer Ndoro membuka cabang di Kota asal owner yaitu Yogyakarta dalam 6 bulan terakhir.

Bukan lagi menerima pesanan dalam bentuk satuan, kini Dapoer Ndoro juga mampu menerima pesanan untuk acara-acara tertentu dalam partai besar misalnya ulang tahun, arisan dan juga pengajian. Dapoer Ndoro tidak menjual tumpeng dengan harga mahal. Mulai dari Rp100.000 pelanggan Dapoer Ndoro sudah mampu menikmati tumpeng ala keturunan keraton.

 

Pesanan Dapoer Ndoro
Pesanan Dapoer Ndoro

Seakan ditakdirkan dengan keluarga bisnis, Dapoer Ndoro juga menangani pondokan pesta yang lebih ke westernfood yang di pegang oleh Kakak lelakinya dengan nama @bosspasta. Syukurnya, berkat kegigihan remaja wanita kreatif Kota Medan, Rara mampu membeli 1 buah Armada yang diperuntukan sekaligus untuk delivery order Dapoer Ndoro. Dapoer Ndoro masih fokus untuk bisnis rumahan yang memanfaatkan jejaring sosial. Tidak menuntup kemungkinan juga untuk membuka jasa cathering untuk memperluas bisnis kuliner yang memiliki cirri khas tradisional jawa.

Dapoer Ndoro juga menyediakan jasa delivery dengan harga Rp15.000 untuk sekitar setia budi. Untuk pelanggan yang ingin memesan menu andalan dari Dapoer Ndoro dapat memesan minimal H-3 acara ataupun kunjungi beberapa media sosial untuk info lebih lanjut dari Dapoer Ndoro. Alamat : Komp. Ambasador Residence no 21 Setiabudi Medan. Line/path : dapoerndoro/ @dapoerndoro. ***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *