Cara Mengatur Uang THR Agar Tidak Cepat Habis

  • Whatsapp
THR
THR

 

Salah satu hal yang paling dinanti-nantikan ketika lebaran adalah pembagian Tunjangan Hari Raya atau yang lebih akrab disebut THR. Ini adalah hal sudah menjadi kebiasaan masyarakat yakni memberikan sejumlah uang sebagai hadiah kepada anggota keluarga yang lebih muda seperti anak, keponakan, cucu dsb. Bagi mereka yang masih mendapat jatah untuk menerima THR, tentunya lebaran menjadi kesempatan untuk mengantongi banyak pemasukan.

Read More

Tapi, namanya juga  manusia, pastilah akan sulit untuk menahan diri ketika menginginkan sesuatu apalagi disaat itu sedang memiliki banyak uang. Sama seperti pendapatan diwaktu  yang lainnya, akan menjadi masalah jika semua itu dihabiskan untuk hal-hal yang tak berguna serta dalam kurun waktu yang amat cepat. Harus ada perlakuan khusus untuk menjaga keuangan terlebih lagi bagi yang masih dalam masa-masa labil, ingin ini dan itu. Berikut adalah hal perlu dicoba untuk menjaga uang kamu agar terjaga dengan aman.

 

Langsung Tabung

Cara menyimpan uang yang baik dan benar adalah dengan cara menabungkannya agar tidak dapat terganggu sama sekali. Ada banyak cara dan tempat yang aman untuk menabung seperti, memasukannya uang kedalam celengan ataupun tempat-tempat yang sulit dijangkau, menyimpannya di Bank sampai menitipkannya kepada orang-orang terdekat, contohnya adalah orang tua. Selanjutnya ketika hendak menabung usahakan uang yang kamu terima dipisahkan dulu terlebih dahulu, satu yang untuk dibelanjakan dan satunya lagi untuk disimpan. Jika kamu hanya akan menabungkan sisa uang yang  kamu miliki, maka isi tabunganmu butuh waktu lama untuk menunjukan peningkatan. Jadi, pilihan bijakya adalah dengan menabungkannya dahulu dan sisanya untuk dibelanjakan.

 

Gunakan Seperlunya

Masalah kembali muncul ketika kamu telah menabungkan seluruh uangmu lalu tiba-tiba menjadi berubah pikiran karena ada sesuatu hal yang sangat diinginkan namun sebenarnya tidak begitu dibutuhkan, kondisi tersebut memungkinkan kamu untuk  merogo seisi celengan. Dampaknya adalah jumlah tabungan akan berkurang dan yang lebih berbahanya yakni, hal tersebut akan menjadi kebiasaan disaat kamu membutuhkan uang.

Bila perlu buatlah daftar berisi barang-barang apa saja yang kamu butuhkan fungsinya, tujuannya adalah untuk mengifisienkan pengeluaran sehingga barang yang telah dibeli tidak akan menjadi sia-sia. Sebenarnya untuk hal satu ini perlu mental yang kuat untuk menahan diri seperti menahan haus ketika puasa, namun percyalah jika efeknya dikemudian hari akan sangat baik.

 

Tidak Untuk Berfoya Foya

Harta kekayaan sejatinya adalah sebuah cobaan, banyak orang memiliki jumlah uang yang cukup banyak namun malah menghamburkannya seakan-akan dapat didapat kembali dalam satu malam. Sudah menjadi tabiat manusia untuk menjadi makhluk yang ingin mendapat pengakuan dari orang lain, dengan uang yang dimiliknya seseorang dengan keuangan berlimpah mampu membeli barang-barang mahal seperti jam tangan, mobil, parfum, sepatu dll serta menikmati berabagai fasilitas mewah. Namun, terkadang semua itu dilakukan atas dasar untuk seketar menaikkan harga diri didepan publik.

Bukannya dilarang, semua orang boleh saja memiliki semua itu hanya saja harus mampu mempertanggung jawabkan, sebagai contohnya adalaj jika kamu memiliki mobil sport nan mewah otomatis biaya-biaya untuk bahan bakan, perawatan, sampai pembayatan pajak negara bisa kamu tangani dengan baik. Sama seperti THR, jika belum memiliki pendapatan tetap maka akan habis tanpa ada penggantinya jadi jangan sampai kamu menghabiskan uangmu untuk kepuasaan sesaat.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *