Cara Aman Mudik Menggunakan Sepeda Motor

  • Whatsapp
Mudik
Mudik

 

Lebaran merupakan hari yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim yang ada di dunia, setelah berjuang selama 30 hari menahan hawa dan nafsu.  Hari Raya Idul Fitri merupakan hari dimana kita akan akan disucikan kembali layaknya bayi yang baru terlahir ke muka bumi. Selain melaksanakan shalat Idul Fitri dipagi hari sebagai sebuah kewajiban, saling bermaaf-maafan kepada seluruh serta kerabat baik dekat maupun jauh juga merupakan bagian dari hari perayaan hari kemenangan umat beragama islam.

Read More

Tentunya hal ini akan terasa lebih hikmatnya jika sambil berkumpul dengan seluruh anggota keluarga terlebih orang tua. Maka dari itu banyak orang akan melakukan mudik dan berkumpul dirumah salah satu anggota keluarga uda merayakan hari kemenagan dengan penuh kebersamaan. Mudik merupakan tradisi yang dikenal masyarakat untuk pulang ke kampung halaman dalam rangka merayakan hari lebaran bersama seluruh keluarga. Jadi tak heran jika beberapa hari menjelang datangnya hari H terminal, bandara, stasiun dan juga pelabuhan akan dipenuhi para pemudik, dan ada juga yang menggunakan kendaraan pribadi baik itu mobil ataupun sepeda motor.

Diantara seluruh alat transportasi yang digunakan untuk mudik, sepeda motor adalah jenis transportasi yang paling banyak melakukan kesalahan dalam berkendara. Bahkan jumlah kecelakaan kendaraan roda dua ini adalah yang tertinggi dibandingkan dengan yang lainnya. Penyebabnya pun dikarenakan beberapa faktor kelalaian sipengendara seperti penumpang yang melebihi batas, kondisi motor yang kurang baik dan masalah-masalah teknis lainnya. Untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakaan ada beberpa hal yang perlu dipersiapkan sebelumnya.

 

Patuhi Segala Aturan

Yang pertama perlu dilakukan ketika hendak berkendara adalah mematuhi segala peraturan yang ada telah dibuat, seperti kelengakapan surat-surat, kaca spion dan juga menghidupkan lampu utama pada kendaraan. Jangan mencoba untuk sedikitpun mengabaikan aturan yang ada, karena semua itu berhubungan dengan keselamatan nyawa.

 

Gunakan Helm Standar Nasional

Bagi para pengendara sepeda motor pelindung kepala seperti helm SNI sangatlah penting, selain karena kewajiban dari aturan yang berlaku helm juga sebagai pelindung kepala jika sewaktu-waktu terjadi benturan. Untuk perjalanan yang jauh seperti ketika mudik sebisa mungkin pakailah helm yang nyaman, tidak terlalu berat dan gunakan pelindung kaca yang terang sehingga tidak mengganggu jarak pandang saat malam hari maupun dikala langit sedang turun hujan.

 

Pakai Jaket Untuk Melindungi Badan

Jaket tak hanya difungsikan untuk melindungi tubuh dari panas dan dinginnya cuaca ditengah-tengah perjalanan. Jaket juga dapat melindungi tubuh jika terjatuh dimana akan sedikit meredam benturannya, selain itu terlalu lama berkendara dengan sepeda motor akan terus terhembus angin yang tidak baik untuk kesehatan maka jaket sangat diperlukan untuk menghalau itu semua. Tak semua jaket akan berfungsi dengan baik gunakanlah jaket berbahan tebal dan juga menutupi seluruh badan serta tangan dan juga leher jika pakai jaket yang anti air akan lebih baik lagi.

 

Pelindung Wajah

Dalam perjalanan pengendara motor akan banyak terkena debu dan asap, bisa dari knalpot kendaraan lain ataupun dari debu-debu yang terbang terbawa angin. Fungsi pelindung wajah seperti masker ini juga bertujuan untuk pernapasan, karena banyaknya pengendara kenadaran malah akan membuat udara sekitar tercemar jadi, masker juga sangat penting untuk dibawa ketika mudik. Kualitas masker juga perludiperhatikan, jangan sampai si pengguna menjadi kesulitan dalam bernapas.

 

Sarung Tangan

Properti ini diperuntukkan agan tangan tidal licin saat menggemgam kendali stang. Gunakalah sarung tangan yang membuat jari-jari terasa nyaman, kualitas bahan juga perlu diperhatikan karena untuk sepeda motor yang sebagian besar kendalinya ada tingan, maka fungsi benda ini begitu vital dan akan sangat membahayakan jika terjadi slip.

 

Sepatu Antislip

Menggunakan sepatu sangatlah disarankan bagi para pengendara sepeda motor, sama sepeti yang lainnya perlengkapan ini harus menggunakan yang senyaman mungkin. Pakailah sepatu yang melindungi seluruh bagian kaki, ini juga berfungsi untuk melindungi kaki  ketika terjadi benturan. Sebenarnya sandal boleh saja asal yang memiliki ikatan yang kuat contohnya sepatu gunung agar tak mudah terlebas secara tiba-tiba.

 

Bawa Barang Seperlunya

Jika membawa banyak barang sebaiknya gunakan jasa pengiriman barang, agar lebih praktis dan tidak merepotkan. Bawalah barang-barang yang dibutuhkan selama perjalanan saja, seperti makan dan minum, sedikit baju, perlengakapan mandi, charger gadget, dll. Ingat hanya barang yang diperlukan saja yang dibawa dalam perjalanan, usahakan tas yang dipakai tidak terlalu besar tapi pas dengan isinya. Tujuannya agar ransel tidak memakan banyak tempat yang mungkin saja akan mengganggu. Kemudian jangan sampai melewatkan untuk tidak membawa jas hujan, ini akan sangat diperlukan jika tiba hujan turun ketika masih ditengah perjalanan. Gunakan juga bahan yang terang agar dapat terlihat jelas oleh pengguna jalan lain.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *