Cara Agar Mata Tetap Sehat dengan Softlens

  • Whatsapp
Softlens
Softlens

 

Buat anda para kaum wanita, memakai softlens buat sebagian orang sudah menjadi kebutuhan. Apalagi buat yang sudah terbiasa memakainya, serasa ada yang hilang kalau tidak memakai softlens. Nah, softlens juga ada jenisnya, ada yang untuk mata normal, dan ada yang untuk mata minus.

Read More

Tapi tau nggak konkawan semua, ada bahaya tersendiri loh kalau kita tidak berhati-hati memakai softlens secara baik dan benar. Berikut beberapa tips untuk konkawan dalam menggunakan softlens.

  1. Periksa kondisi mata

Biasanya pemakaian softlens tergantung dengan kondisi tiap-tiap orang. Nah, buat kamu yang baru pertama kali menggunakan softlens lebih baik periksa ke dokter dulu deh, atau konsultasi, apakah mata kamu minus atau normal, atau bisa juga mata kamu alergi atau ada infeksi tertentu. Jadi  biar aman juga pada saat memakai soflens nantinya.

 

  1. Kualitas softlens

Untuk penjualan softlens sendiri pastinya banyak kita jumpai dengan mudah. Tapi jangan tergiur dengan harga yang murah ya konkawan, belum tentu harga yang murah bisa menjamin kualitas softlensnya. Sebelum membelinya, konkawan bisa mencari tahu dulu kualitasnya, atau konkawan juga bisa mereview dari orang-orang terdekat yang pernah memakai softlens, merek atau jenis mana yang baik di gunakan.

 

 

  1. Menjaga kebersihan

Sebelum atau sesudah kamu memakai softlens, ada baiknya bersihkan tangan kamu terlebih dahulu. Gunanya untuk menghindari kuman yang menempel, karena itu dapat mengganggu softlens yang dipakai nantinya. Akibatnya, softlens yang kamu pakai bisa saja berdebu atau bisa membuat mata kamu merah, bagi yang berkuku panjang juga harus hati-hati memakai softlens ya, karena bisa mengakibatkan softlens robek. Setelah memakai softlens, jangan lupa untuk merendam dan membersihkan softlensnya menggunakan air softlens yang bersih.

 

  1. Waktu pemakaian

Jangan paksakan pemakaian softlens apabila mata kamu sudah merasa tidak nyaman, atau terjadi iritasi, segeralah lepas softlens yang kamu pakai. Perhatikan waktu kadaluarsa softlens, biasanya waktu pemakaian softlens bekisar antara 6-12 bulan. Jika sudah melewati jangka waktu pemakaian, wajib bagi konkawan untuk mengganti softlens. Usahakan jangan menggunakan softlens lebih dari 8 jam, karena pemakaian softlens yang terlalu lama dapat membuat mata tidak nyaman dan bakteri berkembang.

 

  1. Lepaskan softlens sebelum tidur dan berenang

Air pada kolam berenang mengandung zat kimia yang tidak baik untuk mata dan dapat menyebabkan iritasi, infeksi bahkan kebutaan. Jadi ada baiknya sebelum berenang untuk tidak memakai softlens. Pemakaian softlens yang seharian juga tidak bagus untuk mata, karena dapat merusak bola mata. Sebaiknya apabila anda berada di rumah, gunakan saja kacamata untuk lebih aman.

 

  1. Membawa perlengkapan softlens saat berpergian

Bagi kamu yang memakai softlens dalam keadaan berpergian, jangan lupa untuk membawa perlengkapan softlens ya, seperti obat tetes mata, cairan, dan tempat softlens. Ini agar menjaga kebersihan softlens konkawan juga. Jadi jika konkawan sudah ngerasa tidak nyaman menggunakan softlens, konkawan bisa melepaskannya, dan meletakkannya di tempat yang sudah tersedia.

 

 

  1. Hindari tempat berdebu

Sebisa mungkin hindari kontak mata apabila konkawan menggunakan softlens dengan tempat berdebu ya. Karena debu tersebut dapat menempel di softlens dan menyebabkan iritasi pada bola mata. Jika mengharusan konkawan berada pada tempat berdebu, usahakan untuk menggunakan pelindung, seperti kacamata. Agar tidak terjadi kontak langsung.

 

Nah, demikian tips untuk konkawan yang selalu memakai softlens kemana pun pergi. Boleh saja memakai softlens setiap hari tapi, tapi harus tau juga ya cara memakai dan membersihkan softlens agar selalu aman untuk di pakai. Supaya mata kita juga terlindungi dan tidak rusak.***(CM-K1/Wina Harini)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *