Atasi Insomnia dengan Gerakan Yoga

  • Whatsapp
Yoga
Yoga

 

Insomnia atau lebih dikenal dengan susah tidur menjadi penyakit yang paling sering dikeluhkan oleh para penderitanya akhir-akhir ini. Ternyata penyakit satu ini dapat membuat hari-hari menjadi tidak nyaman karena kurangnya waktu untuk beristirahat. Apalagi jika mulai dari pagi hingga malam hari sudah disibukkan dengan pekerjaan, kesibukan dan tanggung jawab yang berlebih, membuat para penderitanya menjadi kesal sendiri padahal malam adalah waktunya untuk beristirahat tetapi justru menjadi waktunya berperang dengan keadaan melawan diri yang tak kunjung hendak diajak berkompromi.

Read More

Biasanya para penderita insomnia hanya guling-gulingan saja di atas tempat tidur sambil memainkan handphone, berbagai cara sudah digunakan agar bisa tertidur seperti membaca, mematikan lampu atau bahkan sambil menonton televisi tetapi ternyata usaha tersebut tidak mampu mengatasi insomnia.

Nah, Cerita Medan kali ini ingin memberikan trik agar konkawan tidak merasakan insomnia lagi Ada beberapa usaha yang perlu dilakukan, gampang dan sangat sederhana agar insomnia menghilang secepat mungkin. Jadi, sebaiknya lakukanlah yoga dengan gaya sederhana berikut:

 

  1. Mountain Pose

Bukakan kaki selebar bahu, kemudian arahkan kedua tangan ke atas kepala dan temukan di atas kepala dan turunkan ke depan dada seperti memberi salam bagi kaum muslim. Lakukan berulang-ulang seraya menarik dan menghembuskan nafas secara perlahan-lahan.

 

  1. Pose Sukhassana

Duduk bersila lalu menunduk secara perlahan hingga kepala mengenai lantai dan lebarkan tangan ke arah bagian depan menyentuh lantai sejajar dengan barisan kepala, pose ini diyakini mampu membuka lubang energi di seluruh tubuh dan membuat tidur semakin nyaman. Selain itu, pose ini bagus untuk melelapkan tidur karena bagian pinggang dan pinggul yang digerakkan akan memberikan perasaan nyaman ke seluruh bagian badan.

 

  1. Sujud Ala Balasana

Seperti sedang bersujud, lipatlah kaki kemudian arahakan dada dan tubuh menyentuh paha seraya menggerakkan kedua tangan rileks di depan kepala, sentuhkan kepala dan tangan ke bagain lantai kemudian tarik nafas panjang dan keluarkan secara perlahan. Posisi seperti ini diyakini mampu memberikan ketenangan di malam hari saat kamu ingin tertidur maupun sedang tertidur.

 

  1. Savasana

Pose satu ini sering disebut dengan pose ala mayat, seperti berbaring biasa dengan matras sebagai alasnya. Berbaring lah seperti posisi terlentang dengan meletakkan kedua tangan di samping badan. Kemudian arahkan kepala ke bagian atas dan hembuskan nafas secara perlahan dan tarik kembali,fokuslah pada tarikan dan hembusan karena dengan fokus pada nafas maka otak akan memiliki kesempatan untuk melepaskan rasa stress yang seharian melandamu. Setelah itu tentu kamu akan merasa tenang dan lama-kelamaan membuatmu mengantuk.

 

  1. Supta Baddha Konasana

Pose ini sangat sederhana karena kamu cukup duduk bersila mempertemukan kedua telapak kakimu di bagian tengah dengan mempertahankan lututmu tetap sejajar selama kaki kanan dan kiri bertemu. Pose ini juga disebut dengan pose ala kupu-kupu, diyakini mampu menghalau nyeri yang ada juga melancarkan pencernaan, selain itu juga memberikan rasa nyaman pada tubuh sehingga setelahnya tidur akan terasa lebih tenang dan nyenyak. Jangan lupa untuk tetap menarik dan mengembuskan nafas selama prosesnya

 

  1. Surya Bedhana

Pose ini merupakan pose terakhir yang dapat membuatmu tidur lebih nyenyak, kamu bisa melakukannya dengan duduk bersila atau dengan badan menghadap ke arah kanan, sangat mudah karena kamu hanya cukup menutup lubang hidungmu kananmu dengan satu jari kemudian hembuskan nafas dari lubang hidung bagian kiri. Sangat ampuh untuk membuat tidurmu menjadi lebih nyenyak dan tidak insomnia lagi, lakukanlah gerakan ini selama 5-10 detik dalam 3 sesi selama prosesnya.

Nah, itu dia enam pose dalam yoga yang dapat mengatasi insomniamu. Ayo lakukan sebelum insomnia semakin parah, sehingga membuatmu merasa tidak nyaman secara terus menerus. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *