Anthony, Targetkan Penjualan Zanana Pada Perempuan

  • Whatsapp

 

Zanana Medan
Zanana Medan

 

Read More

Bisnis kuliner kini memang tengah berkembang di Indonesia terutama di kota-kota besar. Tak hanya berekspresi melalui makanan-makanan besar dan mengenyangkan saja tetapi juga banyak orang yang mengandalkan bahan-bahan pokok sederhana yang kemudian dijadikan sebagai bisnis kuliner ringan. Misalnya Zanana, salah satu makanan ringan berupa keripik pisang dengan aneka rasa yang cukup menggiurkan. Zanana sudah ada di Kota Bandung sejak 28 November 2013 lalu, dan Medan sebagai salah satu kota besar di Indonesia pun menjadi kota sasaran Zanana untuk menyebarkan produknya.

Kesempatan itu diambil oleh salah satu mahasiswa Univeritas Medan Area Jurusan Ilmu Komunikasi yaitu Anthony Depari. Mahasiswa yang kini tengah duduk di semester IV ini sudah sejak tahun 2015 lalu mengambil bagian penting dalam bisnis ini. Untuk wilayah Medan dinamakan dengan Zanana Medan. Mulanya Anthony iseng memainkan media sosial Twitter miliknya dan seketika melihat postingan Zanana Bandung. Ia pun nekat menelpon pihak produksi untuk mengambil andil di dalamnya untuk proses penjualan dan pemasaran di daerah Medan, 100 pieces Zanana menjadi tantangannya ketika itu sebab dalam jangka 3 bulan ia harus  menghabiskan Zanana. Namun berkat usaha yang luar biasa, tak disangka dalam satu bulan ia bahkan bisa menghabiskan sekitar 300 pieces Zanana. Anthony semakin semangat dan meyakini bahwa bisnis kali ini akan membawa kebaikan di dalam hidupnya.

Nyatanya kemampuan mempromosikan produk yang dimilikinya memang terbilang sangat baik. Meskipun hanya berbekal sosial media Instagram, tetapi keripik pisang Zanana kini sudah cukup dikenal dan menjadi snack yang cukup diminati oleh orang-orang Medan. Hal itu didukung oleh rasa keripik pisang yang berbeda dengan keripik pisang pada umumnya. Zanana sendiri memiliki lima unggulan varian rasa antara lain Brown Chocolate, Creamy Milk, Green Thai Tea, Smoked Beef, dan Classy Spicy dengan persentase repeat order kurang lebih mencapai 90 %, yang berarti 90% konsumen Zanana selalu melakukan pembelian berulang dikarenakan rasanya yang sangat mantap.

 

Varian Rasa Zanana Medan
Varian Rasa Zanana Medan

 

Anthony sendiri mengaku cukup asyik menjalankan usaha ini karena dalam sebulan saja dengan modal memasarkan ia sudah mampu meraup rupiah di atas lima juta dengan rata-rata penjualan 300 pieces perbulannya. Sebab rasa yang ditawarkan sangat menggugah selera, seperti Chips Green Thai Tea yang telah diracik dan disesuaikan dengan lidah orang Indonesia yang membuat ketagihan. Begitu pula dengan varian rasa Brown Chocolate dengan perpaduan coklat dan pisangnya sangat pas, membuat konsumen menjadi ketagihan dan tak berhenti mengunyah sebelum kenyang. Begitu pula dengan varian rasa lainnya yang memiliki keunggulan rasa tertentu.

Seperti penuturan Anthony, Zanana bisa bertahan hingga 10 bulan lamanya sehingga tak perlu khawatir untuk menyimpannya dirumah berlama-lama, begitu pula dengan sertifikat halalnya yang sudah didapatkan dari MUI Jawa Barat.

Sebagai orang yang berkesempatan menjalankan sebuah usaha yang menjanjikan tentu tidak terlepas dari hal yang bernama promosi, sebab lewat jalan tersebutlah produknya dapat terjual, nah begitu pula dengan Anthony yang memiliki strategi sendiri mempromosikan Zanana Medan. Ia selalu menargetkan perempuan sebagai konsumennya karena menurutnya perempuan menilai rasa baru kemudian harga, jika kebanyakan pria melihat harga terlebih dahulu maka perempuan sebaliknya.

 

Anthony Depari
Anthony Depari

 

Hal itu dipegang teguh oleh Anthony sehingga tak jarang ia menjadi stalker para perempuan di Instagram terutama yang sangat mencintai kuliner. Sementara untuk harga, Zanana dihargai Rp. 25.000 untuk semua varian rasa, harga yang cukup tepat untuk rasa yang memang nikmat apalagi packaging-nya yang sangat baik dan menarik membuat konsumen merasa ingin lagi dan lagi.

Dalam setahun menjalankan usaha Zanana, Anthony mengaku banyak sekali pengalaman menarik, mulai dari calon konsumen yang cerewet, yang minta diskon, yang minta free ongkir dan banyak lagi lainnya. Tetapi beruntungnya Anthony juga bisa mendapatkan banyak kenalan lewat cara seperti ini apalagi ia juga berkesempatan melihat wajah para pembelinya secara langsung yang tak jarang bahkan orang-orang yang cukup berpengaruh di Kota Medan.

Nah, bagi konkawan Cerita Medan yang menyukai pisang dan ingin melakukan pemesanan dapat melihat detail produk di Instagram Zananamedan atau dapat menghubungi via Whatsapp 087869987297 ya. Rasakan nikmatnya keripik pisang dengan sensasi yang berbeda.***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *