9 Mitos yang Ada di Negara Lain

  • Whatsapp
Mitos di Negara Lain
Mitos di Negara Lain

 

Diberbagai daerah para masyarakatnya memiliki ceritanya masing-masing. Kepercayaan-kepercayaan akan berbagai hal yang jika dilakukan akan mengubah nasib bisa itu baik ataupun buruk. Di Indonesia sendiri banyak sekali hal-hal seperti ini, hal ini wajar saja karena negara kita memiliki ratusan suku dan budaya dari Sabang sampai Merauke, apalagi Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi sampai dengan Papua memiliki latar belakang yang berbeda-beda.

Read More

Sama halnya dengan apa yang ada di tanah air, begitu juga dengan negara-negara lain yang ada di berbagai permukaan bumi, berikut ini adalah mitos-mitos yang berkembang disana.

 

Duduk diatas bantal (Malaysia)

Sejatinya bantal yang digunakan untuk bersandar dibagian kepala, biasanya dipakai untuk tidur. Namun beberapa kepercayaan yang berkembang di masyarakat negara tersebut percaya jika duduk diatasanya akan membuat bagian bokong terasa sakit bahkan sampai menimbulkan bisul. Tapi, keyakinan akan hal ini ternyata juga ada dipercaya oleh sebagian penduduk Indonesia, sehingga akan jarang kita melihat orang yang duduk beralaskan bantal di tanah air.

 

Menggunakan Kipas Angin dalam Ruangan (Korea)

Orang-orang di Korea percaya jika menyalakan kipas angin ketika berada didalam ruangan yang tertutup akan menyebabkan kematian pada orang tersebut. Walaupun ini merupakan mitos, tapi menurut penelitian terlalu lamu berada dihadapan kipas angin yang berhembus akan membuat tubuh sakit, seperti nyeri, masuk angin, dll.

 

Angka 4 (Tiongkok)

Cerita ini seperti tak asing lagi ditelinga kita orang Indonesia yang menganggap empat merupakan angka sial. Bahkan dibeberapa kasus seperti halnya lift atau gedung bertingkat tinggi mereka sering menghilangkan angka empat pada urutan lantainya. Menurut kepercayaan yang mengaminkan hal ini, angka 4 dalam pelafalannya berarti kematian, maka dari itu banyak orang menghindarinya karena juga dianggap ketidakberuntungan kepada perjalanan karir orang tersebut.

 

Menyembunyikan Bagian Perut Ketika Ada Petir (Jepang)

Jepang memang negara yang memiliki kepercayaan terhadap dewa-dewi di masyarakatnya. Mereka percaya jika Rajin, yakni dewa petir dalam kebudayaan Jepang akan memakan perut anak kecil saat petir datang. Sehingga para orang tua akan menyuruh anak-anak mereka untuk menyembunyikan perutnya.

 

Memakan Permen Karet  (Turki)

Entah agar warganya tak membuang sisa permen karet atau karena alasan lain, namun ada mitos yang berkembang di negara yang terletak di benua Asia dan Eropa ini. Sebenarnya kepercayaan ini terdengar agak menyeramkan, sebab bagi orang Turki mengunyah permen karet pada malam hari maka permen tersebut akan berubah menjadi potongan daging manusia. Banyak orang yang percaya akan hal ini sehingga kegiatan mengunyah permen karet saat hari sudah malam sangat dilarang.

 

Menginjak Kotoran Anjing (Perancis)

Berhati-hatilah melangkah jika kamu sedang berada di Perancis, pasalnya negara ini memiliki kepercayaan unik jika tidak sengaja menginjak kotoran anjing. Menginjak kotoran dengan kaki kiri dipercaya mampu mendatangkan keberuntungan bagi orang tersebut, namun sebaliknya bila menggunakan kaki kanan, maka kesialanlah yang  akan diterima.

 

Memotong kuku di Kamis Malam dan Sabtu Malam (India)

India tak ketinggalan dengan mitos uniknya, negara dengan jumlah populasi terpadat di muka bumi ini percaya, jika kamu memotong kuku pada Kamis malam ataupun Sabtu malam akan menjauhkanmu dari rezeki.

 

Membuka Gunting Tapi Tidak Dipergunakan (Mesir)

Selain berbahaya, masyarakat turki ternyata memiliki kepercayaan jika membuka gunting dengn lebar namun tidak digunakan untuk menggunting melainkan hanya diletakkan begitu saja, maka akan mendatang kesialan.

 

Rumah Petani dengan Jendela yang Miring (Amerika)

Siapa sangka jika negara adidaya seperti Amerika masih percaya akan adanya penyihir. Keyakinan ini sebenarnya terasa lebih kental kepada warganya yang berprofesi sebagai petani yang jauh dari kehidupan perkotaan. Hingga kini mereka masih percaya jika sang ahli sihir bisa saja masuk kerumah dan menggangu kehidupan mereka. Oleh karena ini para warga mencipatakan rumah dengan bentuk jendela yang miring agar penyihir pengendara sapu terbang tidak bisa masuk ke dalam.

Itulah beberapa negara yang memiliki mitos-mitos unik, kalian boleh percaya, boleh juga tidak. Karena yang berhak menentukan segalanya Tuhan Yang Maha Kuasa, manusia hanya berusaha. Mitos-mitos tersebut juga merupakan ciptaan manusia yang eksis di tengah-tengah masyarakat dalam tempo waktu yang cukup lama.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *