7 Tipe Dosen Di Kampus

  • Whatsapp
7 Tipe Dosen Di Kampus
7 Tipe Dosen Di Kampus

 

Masa sekolah mulai dari SD, SMP, dan SMA selalu menjadi hal yang dirindukan apalagi jika mengenang semua kenangan yang telah dilalui bersama teman-teman. Namun, kamu juga pasti merasakan hal yang sama di perkuliahan dengan senasi yang berbeda pula, ya karena kamu akan menemukan hal-hal baru yang tidak pernah kamu temui di dunia sekolah seperti salah satunya adalah tentang menghadapi seorang dosen. Banyak sekali tipikal dosen di dunia, karena itulah fenomenal tentang sikap dan kepribadian dosen selalu menarik untuk dibahas, lantas bagaimana para mahasiswa menghadapi dosen yang berbeda-beda tersebut?

Read More

Semua mahasiswa pasti memiliki caranya sendiri, kamu bisa menghadapi para dosen yang menelaah terlebih dahulu kepribadiannya. Nah berikut adalah tipe dosen yang mungkin sering kamu temui di kampus:

  1. Dosen Baik

Dosen baik selalu menjadi favorit. Dosen tipe ini selalu memahami mahasiswanya ketika para mahasiswa melakukan kesalahan, sabar dan bijaksana adalah dua hal penting yang berlaku pada tipe dosen ini. Banyak mahasiswa terkadang mengabaikan dosen ini karena merasa mudah untuk mendapatkan nilai padahal dosen baik hati selalu memberikan nilai yang baik dikarenakan ia tahu bahwa nilai merupakan bagian penting yang dikejar pada mahasiswanya.

 

  1. Dosen Killer

Kampus mana pun pasti memiliki dosen tipe ini. Dosen killer selalu ditakuti oleh mahasiswanya sekaligus tidak disukai karena selalu memberikan cobaan melebihi kemampuan mahasiswanya. Seperti secara tiba-tiba memberikan kuis dadakan, menunjuk mahasiswa secara random, tiba-tiba marah di kelas, memberikan hukuman, berkata kasar dan banyak lagi lainnya. Hal yang paling ditakuti dari tipe dosen ini adalah karena ia pelit memberikan nilai, bahkan juga marah ketika kamu memprotesnya.

 

  1. Dosen Undertime

Nah, mungkin sebagian dari kamu menyukai dosen tipe ini karena ia selalu keluar kelas sebelum waktunya habis. Hal ini bisa terjadi karena dosen tersebut sibuk atau bahkan karena sedang malas mengajar. Sebenarnya, dosen melakukan hal tersebut terkadang karena juga pernah merasakan menjadi mahasiswa dan sudah tahu bagaimana rasanya bosan di dalam kelas sehingga terkadang pemberian tugas kepada mahasiswa dijadikannya sebagai opsi agar tidak berlama-lama di kelas.

 

  1. Dosen Overtime

Dosen tipe ini berbanding terbalik dengan dosen undertime, ia selalu membubarkan kelas melebihi dari waktu yang ditentukan bahkan terkadang sampai mahasiswa lainnya yang akan masuk di kelas tersebut harus menunggu lama karena ia tak juga keluar. Dosen tipe ini biasanya adalah dosen yang sangat suka bercerita dan berbicara panjang lebar. Tak perduli bagaimana ekspresi para mahasiswanya padahal mahasiswa telah menunjukkan muka yang bosan karena waktu belajar yang tak segera berakhir. Kode keras sudah cukup ditunjukkan mahasiswanya lewat komunikasi nonverbal seperti pelan-pelan membereskan buku dan alat tulis tetapi dosen bahkan tidak memahaminya, ia akan berhenti hanya ketika ia sudah merasa puas.

 

  1. Dosen Sibuk

Dosen tipe ini memiliki jam terbang yang cukup padat dan biasanya adalah dosen yang memiliki kegiatan lain selain mengajar atau bahkan yang mengajar di beberapa universitas sekaligus. Di satu sisi para mahasiswa akan suka pada dosen ini karena akan banyak libur pada kuliah tertentu tetapi sekaligus pun menakutkan karena tidak memiliki materi untuk persiapan ujian kelak sementara soal-soal yang diberikan adalah soal-soal yang tidak pernah ia ajarkan sebelumnya.

 

  1. Dosen Humoris

Dosen tipe ini jarang sekali marah karena ia selalu membuat kelas menjadi ramai oleh lawakan-lawakan yang diselipkannya pada proses mengajarnya. Tak jarang bahkan mahasiswanya ada yang sampai lelah tertawa karena ulahnya sehingga membuat pelajaran cukup mudah dipahami. Dosen tipe ini akan enak sekali jika diajak bercanda.

 

  1. Dosen Ganteng dan Cantik

Nah, dosen yang ganteng dan cantik selalu menjadi pusat perhatian mahasiswanya karena seolah menjadi penyemangat dalam belajar, kecantikan dan kegantengan yang dimiliki oleh dosen ini selalu menjadi obat agar tidak ngantuk di kelas. Tak heran jika mahasiswa banyak curi-curi perhatian terhadap dosen tipe ini.

Nah, dari beberapa tipe dosen di atas, mana nih dosen yang sering kamu temui di kampus? Kalau suatu saat kamu juga jadi dosen kamu pilih jadi dosen tipe yang ini. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *