6 Tips Foto Underwater Dengan Hasil Menakjubkan

  • Whatsapp
Tips Foto Underwater
Tips Foto Underwater

Tips foto underwater kali ini bakal bisa bantu buat gambar keren yang bikin teman atau kolega kamu terkesima. Beberapa waktu ini, foto underwater sedang booming dan viral di media sosial. Apalagi dengan kemunculan foto split. Sayangnya, fotografi underwater bukan sekedar jepret gambar di dalam air saja. Butuh teknik khusus untuk eksekusi serta kepekaan fotografer mengambil momen jadi faktor penentu penting.

Jika melihat hasil bidikan fotofrafi underwater, semua bakal terkagum kagum. Gambar jernih dengan tangkapan dunia lain pasti jadi magnet keingintahuan tersendiri. Bagaimana cara mengambil gambar seperti ini? Apa alat yang dipakai agar hasilnya sejernih gambar ini? Pertanyaan pertanyaan seperti ini kerap muncul. Bukan apa apa, nyatanya hasil bidikan fotografi underwater tidak mengandalkan keberuntungan.

Read More

Jam terbang serta senjata tepat adalah penentu utama. Tips foto underwater kali ini bakal kasih beberapa poin kunci untuk menghasilkan gambar cantik foto bawah air. Tentu, Anda harus terus berlatih menyempurnakan teknik fotografi terlebih dahulu. Peka terhadap lingkungan sekitar bakal jadi modal penentu hasil foto Anda.

Hal penting yang harus Anda kuasai terlebih dahulu sebelum melakukan tips foto underwater ini adalah mampu berenang. Jangan melakukan fotografi underwater jika dasar berenang saja tidak dikuasai. Namanya juga dalam air, meski lokasi pemotretan berada dalam kolam renang sekali pun, kemampuan berenang harus diutamakan terlebih dahulu.

Tips Foto Underwater

Pelajari Teknik Diving

Tips foto underwater pertama adalah mempelajari teknik diving atau menyelam. Teknik ini sangat penting jika Anda ingin melakukan fotografi underwater di laut. Teknik berenang tidak akan cukup jika melakukan pemotretan di laut. Lain halnya jika pemotretan dilakukan di kolam renang.

Belajar diving bakal membantu tubuh Anda terbiasa dengan tekanan air, alat selam yang berat serta perlatan fotografi underwater yang kadang kala sedikit ribet. Namun, meski berat, perlatan ini bakal jauh lebih ringan jika sudah berada di dalam air. Tips foto underwater dengan belajar diving juga akan mengajari Anda bagaimana menjaga keseimbangan selama menyelam. Apalagi Anda harus membidik objek bergerak, jadi keseimbangan selama mengambil gambar penting dikuasai.

Laut adalah tempat dimana hewan air eksotis berkumpul. Banyak fotografi underwater menakjubkan diambil dalam laut. Warna kontras coral, ikan dan tumbuhan laut bakal jadi pesona sendiri dalam gambar jepretan Anda nanti. Jadi menguasai teknik diving untk fotografi underwater akan sangat bermanfaat untuk Anda nantinya.

Perhatikan Medan Di Sekeliling

Tips foto underwater berikutnya adalah memerhatikan medan saat mengambil gambar. Jangan sampai Anda terlalu sibuk memerhatikan objek sehingga lalai akan kondisi sekitar. Hal ini bisa sangat berbahaya terutama jika melakukan fotografi underwater di dalam laut. Meski banyak ikan lucu di sekitar Anda, jangam lupa bahwa banyak diantaranya justru berbahaya. Jangan sembarangan menyentuh ikan apalagi coral karena akan berdampak buruk.

Diving fotografi underwater bisa dilakukan di sungai maupun di kolam renang. Meski tidak terlalu berisiko dari diving di laut, dua medan ini juga memerlukan kehati hatian saat diving. Tips foto underwater kali ini menitik beratkan pada safety terlebih dahulu. Perhatikan arus air serta apakah medan tersebut aman dari predator lain.

Gunakan Kamera Tahan Air

Tips foto underwater selanjutnya adalah pemilihan kamera. Usahakan memilih kamera yang bisa digunakan di dalam air atau tahan air. Hal ini bakal memudahkan Anda dalam mengambil gambar tanpa harus repot membeli casing luar waterproof. Saat ini banyak deretan kamera sudah dilengkapi dengan kemampuan tahan air serta tahan banting dan tekanan. Terutama kamera aksi, misalnya yang paling banyak dipakai oleh fotografer serta blogger adalah kamera aksi GoPro.

Hal penting lainnya dari memilih kamera foto bawah air adalah ukuran kamera. Tips foto underwater kali ini bakal memilih kamera ukuran kecil untuk fotografi underwater. Ukuran mungil kamera aksi sangat efisien di bawa menyelam. Ringan dan cekatan jadi mengurangi beban yang harus dibawa selama penyelaman.

Pilih Housing Atau Casing Waterproof

Bagi yang tidak memiliki kamera aksi namun punya kamera DSLR, maka jangan khawatir. Tentu hal ini bisa diakali dengan memberikan casing waterproof pada kamera DSLR Anda. Atau lebih profesional lagi jika Anda menggunakan housing waterproof untuk kamera DSLR. Housing kamera untuk fotografi underwater lebih bisa diandalkan. Rangka luar khusus ini dapat dibawa menyelam sampai di kedalaman 100 meter. Anda tidak perlu kahwatir masalah kebocoran karena kemungkinannya sangat kecil.

Housing kamera juga mendukung penggunaan lensa berbeda. Jadi Anda bisa dengan leluasa mengambil gambar dalam air. Sebaliknya, casing waterproof kamera lebih umum digunakan meski memiliki keterbatasan pemakaian. Casing waterproof hanya bisa dipakai pada kedalaman beberapa meter saja. Tips foto underwater lebih menyarankan untuk menggunakan housing kamera meski harganya jauh lebih mahal.

Pilih Lensa Yang Sesuai

Tips foto underwater berikutnya adalah pemilihan lensa. Sesuaikan penggunaan lensa dengan keinginan Anda. Biasanya fotografi underwater memiliki dua jenis tipe pengambilan, yakni mikro serta wide angle.  Foto mikro adalah fotografi dengan fokus pada objek tertentu dengan pembesaran yang cukup besar. Misalnya, memotret ikan badut, kuda laut atau belut listrik yang bersembunyi di antara coral.

Wide angle lebih mengarah pada pemotretan lanscape bawah laut. Seperti gerombol ikan, warna dan ekosistem coral dan lain sebagainya. Jika Anda memiliki dua lensa ini maka sesuaikan tema yang ingin Anda angkat. Tips foto underwater telah menyebutkan penggunaan housing kamera lebih memudahkan fotografi underwater karena memungkinkan mengganti lensa tanpa harus melucuti housing kamera.

Pilih Pengaturan White Balance Yang Tepat

Memilih pengaturan white balance yang tepat adalah tips foto underwater berikutnya. Saat melakukan pemotretan underwater, Anda harus tahu pengaturan cahaya apa yang harus dilakukan. Apakah harus ambient light atau flash light? Jika Anda memilih ambient light, ini artinya Anda mengandalkan sinar matahari natural yang sampai ke medan pemotretan.

Untuk ambient light, tips foto underwater yang terbaik adalah mengatur white balance dengan Raw mode. Cara ini bakal sangat membantu pada proses editing nantinya. Sebalinya, jika menggunakan flash light, Anda harus sangat memerhatikan warna temperatur lighting yang digunakan. Tips foto underwater untuk pengambilan gambar ini adalah mode Auto WB untuk mengambil gambar dari jarak dekat. Atau bisa juga mode WB untuk sunny atau flash dengan catatan temperatur harus 5500k.

Kompisisi Sangat Penting

Tips foto underwater yang terakhir adalah memperhatikan komposisi gambar. Objek natural memiliki komposisi tidak menentu, jadi hasil jepretan Anda adalah hasil kreativitas Anda sendiri. Untuk lebih amanya, ambil gambar dari bawah atau atas objek untuk memudahkan menentukan komposisi gambar.

Objek natural tidak bisa dimanipulasi seenaknya jadi di sini Anda perlu mengeksplor setiap sisi dan sudut untuk menemukan angle terbaik. Tips foto underwater lebih memerhatikan sudut pengambilan yang dirasa paling pas menonjolkan keindahan objek bidikan Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *