6 Jenis Makanan Agar Anak Jadi Juara

  • Whatsapp
Makanan Agar Anak Jadi Juara
Makanan Agar Anak Jadi Juara

 

Sebagai manusia yang ingin terus tumbuh dan berkembang sebaiknya harus diseimbangkan dengan makanan yang sehat dan bergizi. Selain untuk pertumbuhan fisik, makanan juga diperlukan untuk perkembangan otak terutama bagi anak-anak. Karenanya harus pandai memilih makanan yang tepat yang bukan hanya untuk pertumbuhan fisik tetapi juga otak si anak. Hal ini perlu diketahui oleh seorang ibu dengan anak kecilnya agar seorang anak bisa berprestasi di sekolah dan lingkungannya, karena tentu memiliki anak yang lucu saja tidak cukup untuk membuatnya bisa menjadi sukses di kemudian hari. Terdapat beberapa makanan yang mendukung perkembangan otak anak yaitu:

Read More

  1. Telur

Telur diyakini dapat membantu anak untuk lebih berkonsentrasi. Terdapat hal-hal tertentu, sebagaimana juga untuk daya ingat yang baik dengan mengendalikan fungsi memori yang terdapat di kepala si anak. Nutrisi seperti kolin, asam lemak, omega-3, lutein dan zink yang terdapat di dalam telur dapat membantu daya perkembangan otak si kecil. Karenanya biarkan anak mengonsumsi telur beberapa butir dalam seminggu, tapi ingat jangan berlebihan karena bisa menimbulkan berbagai penyakit yang bisa jadi tidak sesuai dengan tubuh si anak.

 

  1. Ikan

Sama halnya dengan telur, ternyata ikan dapat membantu otak anak dalam mengatur konsentrasinya seperti memecahkan masalah, dan mengatur ingatan. Hal tersebut diungkapkan oleh  Jill Castle MS RD, dilansir dari liputan 6 bahwa dengan mengonsumsi ikan secara rutin dapat memengaruhi ukuran otak anak. Hal tersebut didukung oleh kandungan asam lemak Omega – 3 yang terdapat di dalam lemak ikan.

 

  1. Greek Yogurt

Kesehatan otak harus selalu dijaga dan greek yogurt memiliki peran penting untuk kesehatan otak tersebut. Jika dibandingkan dengan yogurt lainnya, greek yogurt justru memiliki kandungan protein yang lebih banyak sehingga membran sel otak menjadi fleksibel dan akan lebih mudah dalam mengirim dan menerima informasi. Istilah bekennya tidak akan lola (loading lambat).

 

  1. Sayur Mayur

Banyak sekali macam dan jenis sayuran dengan beragam warna pula seperti hijau, putih, merah dan lainnya, dan dari semua jenis sayuran itu mengandung vitamin E, vitamin A, Zink maupun Folat. Dari semua kandungan tersebut berhubungan untuk meningkatkan kinerja neurologis, dalam artian mampu meningkatkan aktivitas otak dalam berpikir sehingga dapat mencerna pelajaran dengan mudah. Karena itu tidak heran jika anak-anak yang suka mengonsumsi sayuran selalu mendapat nilai yang bagus di sekolahnya.

 

  1. Susu

Nutrisi seperti protein, kalsium, kalium, vitamin B dan D terdapat di dalam susu, baik itu Air Susu Ibu maupun susu formula yang terdapat di pasaran. Kandungan tersebut berperan sebagai nutrisi penting untuk pertumbuhan otak, neurotransmitter dan juga enzim sehingga baik sekali jika anak-anak hingga usia remaja sudah dianjurkan untuk meminum susu.

 

  1. Kacang

Jenis makanan satu ini sangat baik untuk pelindung sel-sel otak terhadap radikal bebas, tak hanya itu kacang juga berfungsi untuk sumber energi karena kandungan vitamin E dan thiamin yang di dalamnya dapat mengubah glukosa menjadi energi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bagi anak yang suka sekali ngemil, kacang dapat menjadi pilihan yang tepat karena di dalam sebuah penelitian diketahui bahwa salah satu kacang seperti kacang merah mengandung banyak asam lemak omega 3 yang berperan penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak.

Jangan lupa untuk menambahkan enam daftar menu makanan di atas untuk perkembangan otak si anak agar tidak hanya lucu anak juga dapat berprestasi di sekolah dan di lingkungannya.***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *