3 Alasan Mengapa Kucing Mendekati Kita

  • Whatsapp
Mengapa Kucing Mendekati Kita
Mengapa Kucing Mendekati Kita

 

Siapa yang tidak kenal dengan kucing? Hewan berbulu ini hidup di sekitar kita dan biasanya dipelihara oleh manusia, tetapi tidak jarang mereka hidup dengan cara mencari makan sendiri. Tidak mengherankan jika kehadiran kucing selalu kita jumpai dimana-mana. Misalkan saja di rumah, depan warung, dijalan, masjid, dan lain sebagainya. Pada umumnya ada yang menggaggap kehadiran dari kucing ini mengganggu, sehingga harus diusir dan menjauh dari sekitar kita.

Read More

Sebagian kita pasti pernah di datangi kucing ketika sedang beraktivitas, misalnya ketika sedang makan. Beberapa diantaranya mungkin memberikan makan, sedangkan sebagian lain malah mengusir kucing itu lantaran dikira menganggu kita. Jika mengalami keadaan seperti ini, jangan tergesa-gesa untuk mengusir hewan kesayangan Nabi Muhammad SAW itu. Berfikirlah sejenak, kenapa kucing itu mendatangi anda, bukan orang lain yang juga tengah menyantap makanan yang sama? Tahukah anda kucing yang datang itu nyatanya membawa “pesan” atau “tanda”? berikut 3 tanda jika kucing datang kepada anda bukan yang lainnya.

 

  1. Kedatangan kucing merupakan tanda dari Allah SWT kepada kita tentang inti dari memberi. Semua rejeki yang kita dapat bukanlah seutuh ataupun semuanya menjadi hak/milik kita. Ada hak-hak orang lain yang seharusnya kita keluarkan. Seperti zakat fitrah atau zakat harta lain yang harus kita penuhi dan kita keluarkan sebagai dari rukun islam. Bila belum menjalankan tugas ini, maka kita sebagai umat islam merasa belum menegakkan semua yang diperintahkan Allah SWT. Dalam konteks kucing yang datang pada saat kita makan, mengingatkan kita kalau karunia Allah yang kita terima harus dibagi dengan makhluk lainnya seperti kucing. Artinya, dalam makanan yang kita santap ada semestinya rejeki kucing yang harus kita berikan.

 

  1. Memberi makanan kepada makhluk Allah termasuk kucing merupakan suatu kebaikan. Sesuai dengan firmannya, Allah akan melipatgandakan satu kebaikan dengan 10 kali lipat kebaikan lainnya. Terlebih jika kita memberikannya dengan ikhlas bukan terpaksa. Bila berbuat baik kepada manusia, seseorang pasti menginginkan adanya balasan dari orang lain. Namun tidak demikian jika manusia berbuat baik dengan kucing. Hewan ini pasti tidak dapat membalas apa yang sudah kita berikan kepadanya. Saat membagi makanan kepada hewan, manusia belajar bagaimana cara memberikannya dengan penuh keikhlasan. Aksi berikut yang harusnya dilakukan manusia dalam memberikan sesuatu kepada orang lain.

 

  1. Allah sedang memberitahu kalau kita tidak memberikan makan kepada kucing tersebut, sesungguhnya kita sedang menampik rejeki baru yang akan Allah berikan kepada kita. Rejeki itu luas bukan hanya sekedar duit, namun meliputi semua kehidupan. Dan bukan hanya rejeki untuk di dunia saja, mungkin Allah telah menyiapkan rejeki di akhirat kelak untuk kita. Mungkin rejeki yang diinginkan tidak secepat yang kita butuhkan, tapi Allah tidak pernah mengingkari setiap nikmat atau rejeki yang telah dijanjikan-Nya kepada ummatnya.

Demikianlah alasan mengapa tidak boleh menghalau kucing yang datang mendekati kita. Tiap hal yang ada di muka bumi ini pasti memiliki pesan yang berbeda, tinggal bagaimana caranya kita tetap untuk bersyukur.***(CM-K1/Wina Harini)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *