Tips Traveling Saat Puasa

  • Whatsapp
Tips Traveling Saat Puasa
Tips Traveling Saat Puasa

Menjalankan ibadah Puasa bukan berarti kita lantas hanya bermalas-malsan saja, justru ketika berpuasa usahakan kita lebih maksimal menjalani kegiatan sehari-hari. Selain bekerja beberapa orang muslim mungkin telah merencanakan untuk bepergian sebelumnya ke beberapa destinasi wisata yang kebetulan saja berkenaan dengan datangnya Bulan Ramadhan. Jangan sampai karena tidak boleh makan dan minum kamu membatalkan rencana tersebut, berikut adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan ketika hendak Travelling dalam kondisi tubuh sedang berpuasa.

 

Read More

Konsumsi makanan yang tepat

Berpuasa tak berarti tanpa makan dan minum sepanjang hari, ingat  masih ada waktu sahur dan berbuka. Manfaatkanlah kedua kesempatan tersebut untuk memberikan tubuh asupan gizi serta nutrisi yang baik dan cukup. Selain karbohidrat tubuh juga membutuhkan protein yang juga mampu memberikan tenaga tambahan. Bekali juga dengan makanan berserat tinggi yang hanya terdapat pada buah-buahan dan sayuran. Puasa memang menyehatkan tapi jika tanpa asupan yang baik maka itu akan memaksakan sehingga hasilnya badan akan menjadi lemas.

 

Jangan sepelekan makan sahur

Saat sahur mungkin selerah makan kita tak sebaik saat malam hari apalagi masih bercampur dengan rasa kantuk sampai-sampai porsi makanan yang diambil hanya sedikit. Namun jangan pernah anggap remeh soal makan sahur, karena ini adalah sumber energi kamu untuk menjalankan ibadah puasa satu harian penuh hingga waktunya berbuka kelak.

 

Jauhi aktifitas yang berpotensi membatalkan puasa

Puasa memang dianjurkan untuk tetap beraktifitas namun,tetap ada batasan-batasannya. Bagi kamu yang ingin travelling hindarilah hal-hal yang akan membatalkan puasa kamu seperti berenang atau kegiatan yang dekat dengan air lainnya karena memungkinkan akan tertelan. Cari destinasi lain seperti berkeliling kota ataupun tour wisata ke tempat-tempat bersejarah. Selain lebih aman kegiatan tersebut juga memberi dampak positif.

 

Datangi tempat-tempat dimana Islam adalah agama mayoritas

Bagi kamu yang sudah terbiasa dan memiliki keimanan yang kuat maka hal ini takkan jadi masalah tap bagaimana dengan yang tidak ? Agar puasa kamu dapat terus terjaga usahakanlah daerah-daearh dengan penduduk bermayoritas muslim yang menjadi destinasi liburanmu, seperti Malaysia, Turki, Mesir dll. Biasanya tempat-tempat tersebut akan memberikan kesan tersendiri dalam menyambut bulan penuh berkah.

 

Bawa barang-barang yang sederhana agar tidak merepotkan

Hal ini sangat penting ketika bepergian apalagi jika kamu adalah seorang backpacker tentunya adalah barang-barang yang paling diperlukan saja untuk dibawa, sibab sisanya ahanya akan menambah bawaan kamu saja tanpa ada fungsinya.

 

Jangan memaksakan diri

Hal ini sepertinya harus diperhatikan bukan hanya disaat sedang menjalankan puasa saja, tapi jika disetiap saat. Mengetahui kemampuan diri sendiri dirasa sangatlah perlu agar tahu batasan rintangan yang dapa kamu lewati. Bukan berarti melarang untuk mencoba sesuatu, melainkan ada beberapa hal yang lebih baik tidak dipaksakan. Jika kamu rasa fisik kamu kuat silahkan saja namun, jika ragu lebih baik ditahan dulu hasrat tersebut. kurangilah aktifitas ekstrim saat sedang berpuasa.

 

Efisienkan waktu untuk istirahat dan ibadah

Selain menahan lapar dan haus, ada baiknya kamu tetap menjaga energy yang digunakan dengan beristirahat selain mencari tempat peristirahatan, cara lainnya adalah dengan memanfaatkan waktu luang sehabis shalat.

 

Cari tempat berbuka yang unik

Jika kamu memeiliki kesempatan usahakan carilah makanan yang berbuka unik dari daerah tersebut. Tak hanya mengenyangkan perut fungsinya juga unutuk memberikan kesan mendalam pada perjalanan kamu. Apalagi jika buka bersama dengan orang-orang setempat maka akan terasa lebih hangat.

Demikianlah Tips travelling saat berpuasa, semoga bermanfaat dan bisa membantu konkawan untuk travelling saat puasa ya.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *