Ternyata Perhatian Juga Ciri Orang Perfectionist

  • Whatsapp
Perfectionist
Perfectionist

Setiap orang pasti ingin menjadi seseorang yang sempurna. Namun ada beberapa alasan yang membuat kesempurnaan ini  menjadi  negatif. Perfectionism adalah aliran filsafat yang mengejar kesempurnaan. Orang yang perfectionist merasa dirinya spesial terutama dalam hal perasaan. Maka, tidak jarang kalau orang yang perfectionist lebih sering mengalami “baper” di bandingkan yang lainnya. Walaupun di dunia ini tidak ada yang sempurna, seorang perfectionist akan selalu berusaha menyempurnakan hidupnya dengan cara mereka sendiri.

Menjadi seseorang yang perfectionist terkadang tidak menyenangkan dan menyiksa diri sendiri. Mengapa? Karena disaat ekspektasi tidak sesuai realita, seorang perfectionist  akan merasa kesal dan berdampak dengan mental perasaan mereka. Jika kalian selalu bertentangan dengan seorang perfectionist, maka kenali dulu diri kalian apa kalian juga termasuk seorang perfectionist. Untuk itu, kenali diri kalian dengan beberapa cirri perfectionist berikut:

Read More

 

  1. Sensitif

Setiap orang pasti memiliki rasa sensitif yang berbeda. Dalam hal ini, sensitif seorang perfectionist lebih mengarah cara menanggapi beberapa hal yang terjadi  di lingkungan sekitar mereka. Rasa sensitif ini juga berakibat fatal. Karena, rasa sensitif yang dimiliki oleh seorang perfectionist dapat berdampak di kehidupan sosial mereka. Tidak dapat mengontor perasaan yang sangat sensitif juga berdampak pada kesehatan. Seseorang yang sensitif sudah pasti mereka yang lebih gampang terpancing emosinya. Terlalu sering marah dan merasa tidak bahagia inilah yang tidak baik untuk kesehatan.

 

  1. Totalitas

Inilah ciri positif yang dimiliki oleh seorang perfectionist. Orang yang memiliki sifat perfectionist, akan selalu mengerjakan setiap pekerjaan dengan teliti agar selalu terlihat sempurna. Mereka akan melakukan apapun yang mereka inginkan demi melengkapi kesempurnaan. Bahayanya jika rasa totalitas mereka timbul namun hasil yang didapat tidak begitu sesuai, maka, rasa marah dan kecewa akan lebih cepet muncul setelah mereka mengetahui sebuah hasil dari usaha mereka.

 

  1. Perhatian

Karena selalu mengingankan segala hal yang sempurna, maka dari itu seorang perfectionist selalu akan lebih perhatian dengan orang-orang dan keadaan sekitarnya. Seperti penampilan pun demikian. Untuk penampilan diri sendiri ataupun penampilan orang lain pun perfectsionism akan lebih teliti. Mereka tidak suka dengan segala hal yang tidak rapi. Bahkan, seorang perfectionist rela marah terhadap temannya yang berpenampilan asal-asalan.

 

  1. Tidak pernah merasa puas

Apapun yang terjadi di kehidupan seorang perfectionist pastilah harus benar dan sempurna. Untuk itu, jarang sekali seorang perfectionist merasa puas dengan keadaan yang terjadi. Ini sering sekali terjadi dengan hasil dari pekerjaan mereka. Walaupun bagi sebagian orang apa yang telah dilakukan oleh mereka sudah sangat perfect, bagi mereka sebaliknya. Rasa tidak puas inilah terkadang yang menimbulkan totalisme dalam kehidupan mereka.

 

  1. Tidak pernah salah

Setiap orang pasti melakukan sesuatu dengan caranya sendiri. Namun  berbeda dengan mereka yang merupakan seorang perfectionist. Mereka akan selalu merasa dirinya benar dan sering kali menyalahkan orang di sekitarnya. Hal ini juga menyangkut paut dengan beberapa hal sebelumnya yang tertera di atas. Seorang perfectionist akan selalu merasa bahwa cara yang dilakukannya adalah benar.

Tersebut adalah beberapa ciri-ciri orang yang selalu ingin tampil sempurna. Memiliki standar kesempurnaan adalah hal yang sangat wajar. Setiap manusia tidak akan mampu mencapai titik kesempurnaan. Namun yang pasti adalah, yakinkan diri bahwa tidak ada manusia yang semupurna selain penciptanya. Walaupun setiap orang selalu menginginkan kesempurnaan, tetapi tidak semua orang yang memiliki sifat perfectionist.***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *