Ternyata Konsumsi Susu Saat Sahur Baik Untuk Kesehatan

  • Whatsapp
Konsumsi Susu Saat Sahur
Konsumsi Susu Saat Sahur

 

Puasa adalah kewajiban setiap umat muslim. Banyak cara yang dilakukan setiap orang untuk bertahan tetap bugar selama seharian tanpa mengonsumsi apapun, maka saat sahur banyak orang mengonsumsi banyak asupan makanan agar terlihat segar tanpa ada rasa lesu dan lemah akibat aktivitas yang tetap dilakukan di kala puasa.

Read More

Tak perlu khawatir jika aktivitas yang padat malah menyurutkan semangat berpuasa. Jika mengonsumsi asupan yang cukup bagi tubuh, maka rasa itu tak akan muncul kala sibuk dengan rutinitas yang dilakukan tiap orang. Salah satu asupan yang selalu digunakan orang untuk membuat dirinya tetap semangat dalam menjalankan puasa adalah mengonsumsi susu saat sahur. Susu memiliki banyak vitamin yang bisa menguatkan tubuh.

Minum susu menjadi alternatif untuk menabung nutrisi agar tetap sehat dalam menjalankan puasa. Ahli gizi menjelaskan bahwa mengonsumsi susu saat sahur sangat baik, karena dapat membantu seseorang agar tetap memiliki rasa kenyang lebih lama. Menurutnya, susu mudah diserap, sehingga kebutuhan nutrisi dan kalsium harian tetap tercukupi secara kualitas dan kuantitas.

Tapi sayangnya, bagi sebagian orang hal ini sangat sensitif terhadap laktosa mengkonsumsi susu tidak baik. Hal ini terjadi karena laktosa sulit dicerna oleh lambung. Sehingga akhirnya bisa menyebabkan perut kembung atau diare. Tenang saja, karena hal ini bisa disiasati dengan meminum susu sapi asli. Karena kandungan susu murni asli sangat baik bagi tubuh.

Selain dapat mengenyangkan lebih lama, susu juga dapat menstabilkan Indeks Glikemik atau angka yang menunjukan seberapa cepat gula darah dan karbohidrat diserap di dalam tubuh. Susu ternyata mengandung banyak kalsium yang berguna bagi kesehatan tulang, yang hal ini juga berguna selama puasa.

Susu juga dapat membantu makanan yang masuk diserap perlahan-lahan oleh tubuh. Apalagi susu termasuk dalam golongan protein. Zat-zat di dalam susu sangat bersahabat dengan metabolisme tubuh manusia. Penyerapan perlahan akan dapat menjaga kadar insulin dalam darah agar tidak terlalu banyak keluar. Sehingga tak hanya membuat seseoang memiliki rasa kenyang yang lebih lama, ternyata penyerapan gula darah pun tidak akan terlalu cepat.

Susu dianjurkan untuk dikonsumsi minimal segelas dalam sehari. Karena di dalam susu terdapat kandungan 300 miligram kalsium. Jumlah tersebut sudah dapat mencukupi, setidaknya sepertiga kebutuhan kalsium dalam tubuh.

Jadi kalau konkawan Cerita Medan ingin berpuasa dalam keadaan yang terus bugar, sehat dan memiliki stamina yang kuat. Saat sahur sebaiknya konsumsilah susu. Baik susu kacang kedelai, susu kambing murni, susu sapi murni, mapun susu yang telah diproses dalam bentuk taburan tepung yang bisa diseduh dengan air panas dan dingin.

Dengan melakukan hal ini, konkawan tak hanya menjadi tampak lebih kuat, namun kesehatannya tetap terjaga. Ketika saat lebaran menjelma, anda telah menjadi pribadi yang lebih kuat lagi.***(CM-E02/Amal Hayati)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *