Susah Sahur? Lakukan Hal Ini

  • Whatsapp
Susah Sahur
Susah Bangun Sahur

 

Bangun untuk sahur memang sulit dilakukan sebagian orang, banyak hal yang menjadi penghalang mereka untuk bangun, salah satunya adalah karena tidur terlalu lama. Tidur terlalu lama saat puasa menjadi tantangan baru bagi mereka yang akan berpuasa esok harinya selama lebih kurang 14 jam.

Read More

Banyak hal yang bisa menjadi cara baru dan ampuh agar konkawan Cerita Medan bisa bangun sahur dan tidak buru-buru saat mengonsumsi makanan. Walaupun sebenarnya anda bisa berpuasa tanpa sahur, tetap jangan pernah meninggalkan kegiatan sahur. Karena saat sahurlah anda ditemani para malaikat, dan bisa melakukan sholat tahajjud, maupun yang lainnya. Jika memang anda termasuk orang yang sulit untuk bangun, walau alarm telah berbunyi, maka lakukan cara berikut agar bisa bangun sahur:

 

  1. Jauhi Kelelahan

Saat puasa bukan berarti tidak melakukan aktivitas apapun. Jangan mengurung diri dalam ruangan dan terus beristirahat. Justru hal ini akan memicu penyakit datang, bahkan saat puasa, anda akan merasakan lemas yang berkepanjangan karena tak melakukan aktivitas. Dengan melakukan aktivitas, akan menambah semangat berpuasa dan menyehatkan tubuh.

Namun, ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu tingkat kelelahan. Dalam melakukan aktivitas sehari-hari saat puasa, jangan sampai merelakan tubuh untuk diserang kelelahan. Jika lelah datang, maka rasa lemas, lunglai dan sebagainya akan muncul. Dan pastinya hal ini pulalah yang merupakan pemicu dari sulitnya bangun untuk sahur. Usahakan untuk tidak lelah dalam seluruh aktivitas sehari-hari, agar saat malam tiba anda tak terlalu lama tidur.

 

  1. Hindari Mengunci Kamar

Walaupun ada hal yang patut menjadi was-was diri, namun mengunci kamar saat bulan puasa malah akan menimbulkan hal fatal. Jika anda tinggal bersama keluarga dalam sebuah rumah yang dipenuhi banyak saudara kandung. Maka saat sahur, mereka akan menolong anda untuk bangun dan sahur bersama. Dengan mengunci kamar, anda akan sulit dibangunkan, banyak kemungkinan yang terjadi di dalam kamar, bisa saja anda tengah menggunakan earphone ataupun kamar anda adalah kedap suara.

Dengan tidak mengunci kamar, mereka akan membangunkan anda dengan sentuhan secara langsung yang benar-benar bisa membangunkan anda. Jika anda tidur di kos atau kontrakan, maka hal ini juga sangat mempermudah anda. Rekan anda di kamar sebelah akan mencoba membangunkan anda juga. Cobalah untuk tak menggunakan earphone saat tidur. Selain sulit membangunkan anda, hal ini tidak baik bagi kesehatan.

 

  1. Aturlah Porsi Makanan Berbuka

Berbukalah dengan porsinya. Hal ini dianjurkan karena banyak manfaatnya, anda akan mudah untuk melakukan salat maghrib dan tidak sulit bergerak. Karena banyaknya makanan yang masuk ke tubuh anda, malah akan menimbulkan rasa malas, kenyang yang tak terhingga dan lainnya. Selain sulit salat maghrib, anda juga akan menjadi malas untuk melakukan salat isya dan tarawih. Malah berujung pada kesehatan yang memburuk. Puasa harusnya dapat menyehatkan dengan mengonsumsi asupan makanan secukupnya, bukan malah menjadi penyakit baru yang merusak postur tubuh anda saat selesai puasa.

Dalam berpuasa, sebaiknya aturlah segala hal yang membantu anda semangat dalam berpuasa. Jangan pernah meninggalkan sahur, karena sahur adalah cara memperkaya nutrisi saat menahan segala dahaga.***(CM-E02/Amal Hayati)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *