Siapkah Kamu Bekerja Tanpa Bos

  • Whatsapp
Siapkah Kamu Bekerja Tanpa Bos
Siapkah Kamu Bekerja Tanpa Bos

 

Sebagai seorang pekerja, setiap orang haruslah menjadi pekerja yang profesional dan bertanggungjawab. Seorang pekerja wajib melakukannya karena itulah tugas seorang pekerja, melaksanakan tugas dengan baik meskipun dengan atau tanpa bos. Seorang pegawai yang baik seharusnya mampu bekerja tanpa instruksi dan pengawasan dari seorang bos. Karena seorang bos pun tidak bisa mengawasi anak buahnya secara etrus menerus.

Read More

Oleh karena itu, untuk menjadi seorang pegawai haruslah mandiri, kemandirian sangat diperlukan meski pun tidak ada seorang bos. Segala pekerjaan tidak lah harus mengandalkan bos di dalamnya, untuk mengambil peran sebaiknya bekerja lah sendiri tanpa mendapatkan instruksi. Karena jika kamu selalu bergantung pada bos maka kamu bisa kebingungan saat bos tidak ada di tempat. Nah, seorang pegawai seharusnya memang diwajibkan untuk bekerja tanpa bos, bisa mandiri tanpa ada atau tidaknya bos di tempat kerja. Hal tersebut disampaikan oleh Jack Canfield dan Jacqueline Miller seperti berikut:

 

  1. Pahami Hak dan Kewajiban

Sebagai pekerja yang baik, hal utama yang ahrus kamu lakukan adalah memahami hak dan kewajibanmu, kamu harus mengetahuinya bahkan sebelum kamu masuk ke tempatmu bekerja. Usahakan untuk selalu mentuntaskan kewajibanmu sebisa mungkin, kalau bisa tuntaskan dengan sempurna. Dengan begitu, tanpa meminta-minta hakmu maka kamu dengan mudahnya dapat mendapatkan hak yang paling baik ketika menjadi seorang pekerja. Begitu seterusnya, pahamilah maka kamu akan mendapatkannya.

 

  1. Kerjakan dengan Sempurna

Tidak boleh sekedar selesai, tetapi kerjalanlah sempurna setelah itu baru lah bisa dikatakan bahwa kamu seorang pekerja yang baik. Bila bos mu meminta 5 maka lakukanlah 6 atau 7. Dengan cara tersebut, selain mendapatkan point lebih dari bos kamu juga bisa meningkatkan kemampuan dan kualitas dirimu tanpa kamu sadari secara langsung. Memang benar, tidak ada seseorang yang sempurna di dunia tetapi banyak yang melakukannya dengan nyaris sempurna, kamu bisa mencobanya. Dan lama kelamaan maka kamu akan terlatih dan tertatih.

 

  1. Yakin dan Percaya Diri

Apapun yang kamu kerjakan, maka haruslah memulainya dengan keyakinan. Percaya atau tidak keyakinan akan membuatmu bahagia meskipun apa yang kamu yakinkan tidak sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya. Keyakinan harus dibarengi dengan rasa percaya diri, tanpa hal ini maka kamu akan mendapatkan kesulitan dalam bekerja.

 

  1. Siap Menghadapi Kesulitan

Setiap orang pasti mendapatkan kesulitan, terdapat benturan besar atau pun kecil yang pasti akan mengahdang, tidak selamanya seseorang dapat mengerjakan tugas dengan lancar. Karenanya bersiaplah untuk menghadapinya,karena lambat laun pasti akan menghampirimu.

 

  1. Tingkatkan Kemampuan

Jangan pernah berhenti untuk terus mengasah kemampuanmu, dengan kemampuan prima yang kamu miliki kamu pasti akan menghadapi berbagai kemungkinan dan keuslitan sehingga kamu tak akan panik jika menghadapi masalah.

Nah, hal tersebut pasti bisa membuat kamu selalu siap bekerja tanpa seorang bos. Selebihnya tentu saja kamu harus membarengi pekerjaan tersebut dengan komitmen, tanggung jawab, dan loyalitas. Sudah siap bekerja tanpa bos? ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *