IBX5A49C9BC313D6 Senang Berbicara Membawa Aulia Satria Menjadi Seorang Speaker - Cerita Medan

Senang Berbicara Membawa Aulia Satria Menjadi Seorang Speaker

Aulia Satria Seorang Public Speaker
Aulia Satria Seorang Public Speaker

 

Bermula dari angan-angan,  kini mimpi kecil Aulia Satria pun terwujud. Lelaki yang memiliki hobi travelling ini nyatanya sudah pernah bermimpi ketika masih kecil untuk berbicara di depan orang banyak. Baginya, bisa mengobrol di hadapan orang banyak adalah suatu kebanggaan dan kesenangan baginya. Seperti mendapatkan satu kesempatan indah dari Tuhan, saat masih duduk di pertengan perkuliahannya Aulia diberikan kesempatan menjadi seorang penyiar radio yaitu di I-Radio Medan.

Menjadi seorang penyiar juga diawali dengan rasa coba-coba. Disaat salah satu radio di Kota Medan membuka lowongan untuk mencari penyiar yang baru, Aulia Satria merespon positid hal tersebut dan mencoba ikut apply. Siapa sangka jika rasa coba-cobanya tersebut membuahkan hasil. Aulia satria berhasil menjadi seorang penyiar sejak tahun 2014 sampai tahun 2016. Perlahan Aulia pun mulai meniti karirnya sebagai public speaker.

Bekerja dengan rasa senang dan hobi berbicara di depan orang banyak sepertinya memiliki daya tarik tersendiri bagi Aulia Satria. Tak hanya menjadi MC dalam kota, Aulia Satria beberapa kali juga di berikan kesempatan untuk membawakan acara di luar kota. Walaupun masih sedikit kota yang didatangi oleh Aulia Satria untuk membawakan acara seperti Sidikalang, Padang dan juga Jakarta namun sudah cukup memberikan pengalaman yang luar biasa dalam dunia public speaking.

“Hal yang paling lucu dan hal yang fatal ketika aku ngebawain acara adalah aku itu sangat sangat sangat dan sangat susah untuk ingat nama orang. Jadi, sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di atas panggung aku selalu ngehafal sampe bosan di backstage,” ceritanya kepada tim Cerita Medan.

Aulia Satria
Aulia Satria

Melalui hobinya itulah kini pria kelahiran 8 Desember 1994 ini mampu mengisi tabungan yang di perolehnya dari atas panggung ke panggung. Untuk jasanya sendiri, Aulia Satria membandrol harga Rp 800.000 sampai Rp 2.000.000 untuk tiap kali tampil. Tentu saja, harga yang diberikan tergantung waktu dan juga acara yang akan dibawakan olehnya.

“Kalau sekarang udah bisa aku mentarifkan bakatku, kalau dulu itu waktu pertama kali aku ngebawain acara. Aku tuh rela gak dibayar demi melewati tahap awal sebuah karir. Bahkan juga pernah di bayar dengan snack box. Aku juga nggak mau pasang harga terlalu mahal secara di Medan sendiri masih banyak MC yang jauh lebih pro dan lebih keren ketimbang aku,” ceritanya lagi.

Tidak jarang juga Aulia Satria  memberikan separuh harga untuk beberapa event tertentu. Karena baginya, masa pembelajaran dan proses penyelesaian tahap dibutuhkan suatu pengorbanan. Selain menjadi public speaking, Aulia Satria juga bergabung dalam program XL Future Leaders yang di terima di Batch 3.

“Udah pasti ini merupakan pengalaman paling seru yang pernah aku dapat sewaktu bergabung di  XL-FL. Karena dari situ aku dapat pengalaman mulai dari belajar Leadership, Enterpreunership dan juga Managing Change,” tambahnya.

Aulia Satria sendiri sudah bergabung  selama 2 tahun di XLFL. Program-program yang pernah diikuti oleh Aulia Satria adalah beberapa gerakan seperti mengadakan campaign #7haribisa yang dilakukan di media sosial yaitu Instagram, membuat Ramadan Act ke sesama yang membutuhkan, Valentine Act yaitu berbagi dengan teman-teman dari Elsafan, dan lain lain.

XL Future Leaders  – Global Thinking adalah program Corporate Social Responsibility dari PT XL Axiata, Tbk sebagai bentuk komitmen dan kesungguhan XL dalam berkontribusi pada peningkatan kualitas SDM di Indonesia, khususnya anak-anak muda agar memiliki daya saing tinggi dan memiliki kompetensi berskala global agar mampu bersaing di dunia internasional.

Aulia Satria, XL Future Leader
Aulia Satria, XL Future Leader

Kini, Aulia Satria fokus di beberapa kegiatan sosial. Dalam waktu dekat ini, Aulia Satria juga akan mengadakan kegiatan sosial. Walaupun sudah tidak berstatus sebagai penyiar lagi, kini Aulia Satria masih terus mengembangkan bakatnya di dunia Public Speaking dengan alasan ingin lebih focus untuk mendapatkan gelar sarjana di Fakultas Pertanian USU.

Sementara untuk tugas akhir XLFL yang sedang dilaksanakan, Aulia Satria beserta teman-temannya sedang membuat social movement yang berjudul “Medan Tanpa Kota” yang bertujuan untuk melepaskan pengkotak-kotakkan suku di Kota Medan dan juga menyadarkan akan keberagaman suku di Kota Medan.

Untuk tetap fokus tidak membuatnya meninggalkan dunianya. Walaupun sudah memasuki semester akhir, Aulia masih sering menerima tawaran MC. Biasanya Aulia Satria hanya menerima tawaran untuk weekend saja. Baginya, karir dan pendidikan akan terus berjalan beriiringan.***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

KOMENTAR

BACA JUGA