Ramadhan Berkah Ala Anak Kos

  • Whatsapp

 

Ramadhan Ala Anak Kos
Ramadhan Ala Anak Kos

Menjadi anak kos saat Ramadhan memiliki tantangan sendiri. Karena selain jauh dari keluarga, mereka tetap mlakukan berbagai aktivitas satu harian. Seluruh tenaga terkuras, usai melakukan aktivitas, mereka harus kembali ke kos dengan memikirkan ulang mengenai menu buka puasa dan sahur esok harinya. Dengan aktivitas yang padat, membuat mereka semakin lelah dan berpikir untuk berbuka dengan menu yang siap saji.

Read More

Menu siap saji yang mereka konsumsi saat buka puasa dan sahur malah sebenarnya akan berbahaya bagi kesehatan. Tantangan lagi adalah, ketika mereka membeli terus-terusan menu siap saji setiap harinya maka keuangan mereka akan menipis. Jika keuangan menipis, mereka akan berpikir kembali kegiatan pulang kampong yang seharusnya memiliki keuangan lebih banyak, agar bisa memberi sedikit kebahagiaan bagi keluarga.

Selain itu, mereka juga akan dibebankan dengan kebutuhan sehari-hari mereka selama bulan selanjutnya. Sebenarnya yang patut diketahui oleh anak kos dalam menghadapi puasa hanyalah kecerdasan dan kelicikan.

Kelicikan ini bukan bersifat negatif, malah menjadi positif. Jika saja anak kos membuat agenda bersama rekan kos yang lain dengan membuat agenda safari kuliner Ramadhan. Nah, kalau safari kuliner Ramadhan kebanyakan orang adalah dengan mencicipi segala jenis kuliner saat buka puasa dan sahur di setiap sudut jalan, maupun luar kota. Tapi bagi anak kos, safari kuliner Ramadhan adalah melakukan perjalan rumah ke rumah. Dari rekan satu ke yang lainnya, rekan yang dikunjungi dipastikan memang menetap dengan keluarga.

Dengan mengunjungi rumah rekan satu per satu, maka akan memudahkan anak kos untuk berbuka dan sahur. Mereka akan mendapatkan makanan gratis dan tak pusing berpikir untuk mengeluarkan uang yang harusnya bisa membeli kebutuhan lainnya. Dengan melakukan hal ini, tali silaturahmi Antara rekan dan keluarga dari rekan itu sendiri semakin kuat. Keluarga yang memberi makanan berbuka dan sahur tentu akan mendapatkan pahala, karena setiap orang yang memberikan menu berbuka dan sahur kepada yang berpuasa, dijanjikan akan mendapatkan pahala.

Selama satu bulan dipastikan anak kos akan puasa dengan santai dan tak perlu berpikir keras mengenai menu. Nah, jika malu melakukan ini. Maka anak kos harus cerdas dalam segala hal. Misalnya selalulah mengunjungi masjid. Masjid akan selalu memberikan menu berbuka dan sahur. Dengan begitu, anda juga akan mendapatkan menu makanan gratis tanpa susah payah. Jika melakukan ini, tentu banyak pahala yang didapat, karena selain mendapat makanan secara grtais, anda tak akan mungkin melewatkan kesempatan salat berjamaah dan bisa bercengkrama dengan orang lain, yang perbincangan tersebut bisa menjadi manfaat baru untuk anda.

Jika anda cukup lelah untuk melakukan kegiatan-kegiatan tersebut, jadilah anda sebagai anak kos yang kreatif. Gunakan segala waktu menjadi maksimal, jika anda cukup rajin, bisa membeli persedian untuk semingu. Belilah bahan mentah yang bisa anda olah dan konsumsi selama seminggu Ramadhan. Misalnya belilah ikan teri yang belum dimasak, lalu belilah cabai, bawang, tomat dan sebagainya yang bisa anda olah menjadi ikan teri sambal yang nikmat. Ikan teri adalah makanan yang bisa bertahan hingga seminggu.

Anda tak perlu repot dan berpikir lagi mengenai pasokan keuangan yang semakin menipis karena terkuras untuk membeli menu berbuka dan sahur. Seminggu kemudian bisa anda gunakan dengan memasak telur yang dikombinasi dengan mie goring maupun lainnya.

Nah, jika anda ingin sedikit lebih segar saat berpuasa, bisa beli saja sop buah yang bisa menghilangkan dahaga anda. Tapi ingat, jangan terus-terusan membelinya, karena malah menguras keuangan anda. Selamat menikmati bulan Ramadhan yang penuh berkah.***(CM-E02/Amal Hayati)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *