Puasa Kuat, Berbuka Sehat

  • Whatsapp
Berbuka Sehat
Berbuka Sehat

 

Saat berpuasa kita tetap perlu untuk menjaga serta mengontrol setiap makanan ataupun minuman yang kita konsumsi baik itu saat sahur ataupun berbuka. Puasa memang menahan segala hawa nafsu duniawi termasuk lapar ataupun haus, lebih kurang 13 jam umat muslim harus mampu melewatinya dari datangnya fajar sampai dengan berkumandangnya adzan maghrib. Selama itu tubuh pastinya membakar banyak sekali energy dan juga kehilangan cairan, namun hal itu tak lantas membuat kita menjadi gegabah dalam mengunyah gegabah kektika berbuka. Ada hal-hal yang baiknya kamu ketahui ketika berbuka agar tubuh tetap dalam kondisi yang prima.

Read More

Sebenarnya untuk tetap sehat ketika berpuasa tidak sulit, hanya saja godaan untuk makan dan minum akan semakin memuncak ketika mendekati waktunya berbuka. Banyak orang akan lalai membiarkan makanan-makanan tersebut secara terus menerus dengan jenis yang berbeda-beda pula serta tanpa ada jeda waktunya. Selain mencederai ibadah, cara berbuka seperti ini akan berdampak tidak baik bagi tubuh. Berikut adalah tips sederhana yang bisa terapkan ketika hendak berbuka.

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan saat hendak berbuka puasa adalah memulainya dengan meminum air putih dan memakan beberapa buah kurma, karena dalam buah tersebut terdapat mengandung kadar gula alami yang cukup tinggi sehingga bisa menjadi sumber energi bagi tubuh. Yang terpenting setelah itu adalah tahan sebentar selera kamu untuk menyantap menu lezat yang sudah disediakan. Selama berpuasa lambung dan usus kita akan mengecil dari biasanya sehingga butuh waktu untuk beradaptasi, beri jeda kurang lebih 20 menit setelah makan kurma sebelum menyantap menu utama. Mungkin kamu bisa mengisinya dengan sholat maghrib agar agar ibadah kamu lebih sempurna.

Hindari menu-menu makanan dengan kadar asam tinggi juga yang terlalau pedas, karena akan membuat tindaknyaman serta membahayakan kesehetan, karena sekian lama dibiarkan kosong sangat perlu untuk berhati-hati. Makanlah makanan yang mengandung karbohidrat, protein serta serat tinggi sebab itu akan mengembalikan kondisi tubuh agar kembali fit untuk menjalankan puasa dihari berikutnya. Kemudian jangan makan gorengan sesaat setelah berbuka, makanan satu ini emang begitu digemari walaupun kita tahu mengandung banyak minyak yang sulit dicerna serta tidak sehat jika terlalu banyak dikonsumsi oleh tubuh. Jadi, saat berpuasa menjalankan perintah agama yaiutu berpuasa, kamu juga harus menjaga kesehatan karena jika sakit tidak akan bisa apa-apa termasuk puasa itu sendiri.

Satu lagi yang penting namun banyak dilupakan oleh orang-orang, makanlah secukupnya. Jangan jadikan waktu berbuka menjadi ajang balas dendam untuk melahap habis semua makanan yang ada di9hadapan kamu. kekenyangan dapat membuat seluruh bagian tubuh seakan bertambah beratnya dan membuat mengantuk. Hal ini akan membuat kamu mengabaikan berbagai hal penting disekitar termasuklah ibadah, juga berpotensi mengundang datangnya penyakit untuk menyerang tubuh. Sayangi tubuh anda dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang baik dan tidak berlebihan agar kesehatran tubuh dapat tetap terjaga.

Puasa adalah kewajiban seluruh umat muslim di muka bumi, disamping itu pahalah yang didapat kala mlakaukan perintah Allah akan dilipat gandakan. Dan menjaga kesehatan tubuh jiuga merupakan bagian dari iman layaknya menjaga kebersihan.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *