Persiapan Sebelum Membuka Usaha

  • Whatsapp
Persiapan Membuka Usaha
Persiapan Membuka Usaha

 

Hidup menjadi seorang pegawai memang tidak semudah yang dibayangkan, banyak peraturan yang harus diikuti meskipun terkadang tidak sesuai dengan kemauan hati. Fenomenanya, kini banyak orang yang memilih untuk beranjak dari kursi pegawai menjadi seorang pengusaha. Tapi hal itu tentu tidak memudah dilakukan, banyak pertimbangan yang harus dipikirkan kembali mengingat bahwa menjalankan sebuah usaha tidk lah muda. Untuk menjadi seorang pengusaha, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dan saah satunya adalah membuat rencana usaha.

Read More

Meskipun sebuah usaha yang ingin dijalankan adalah tergolong usaha kecil dengan modal yang sedikit pula haruslah dengan persiapan, mengingat usaha tersebut kelak menjadi mata pencaharian bagi kita karena telah melepaskan masa sebagai seorang pegawao. Maka usaha adalah penyelemat di antara satu-satunya penyelamat.

Rencana usaha dari awal akan memudahkan kita untuk lebih jelas dan rinci dalam melaksanakan usaha tahap demi tahapnya. Mulai dari persiapan mengenai produk apa yang akan dijadikan bahan utama untuk usaha, tempat, karyawan hingga tempat mendapatkan produk tersebut. Agar kamu tidak bingung untuk membuka usaha berikut adalah persiapan yang perlu diperhatikan:

  1. Bidang Usaha

Sebelum merancang persiapan lainnya, terlebih dahulu pikirkanlah bidang usaha seperti yang ingin dijalankan. Usaha kuliner, pakaian, supermarket, kelontong, jahit menjahit, party planner, dan banyak lagi lainnya.

Kamu boleh membuka usaha yang sudah pernah ada dan yang belum pernah ada sama sekali. Kamu bisa melihat fenomena dan jangka panjang ke depannya untuk menentukan usaha apa yang ingin kamu jalankan. Tidak perlu meniru orang lain, kamu bisa mengikuti kata hatimu dan berdiskusilah dengan orang lain untuk pemecahan solusi ini. Jangan lupa untuk melihat pasar yang tepat agar kamu tidak salah dalam melangkah.

  1. Lokasi

Lokasi di dalam sebuah usaha memiliki peran yang cukup penting, lihatlah keramaian dan lokasinya. Kamu bisa membuka usaha di rumah sendiri, menyewa lapak di pinggir jalan maupun khusus menyewa sebuah ruko . Jika kamu menjual makanan, maka cari lah lokasi dimana orang banyak menjual makanan, karena ini dapat memudahkan kamu untuk mendapat pelanggan apalagi jika para pembeli ingin membandingkan rasa dengan makanan yang kamu buat. Begitu juga dengan bidang usaha yang lain. Intinya lokasi selalu memiliki peran penting dalam perkembangannya, kecuali jika kamu ingin menjualkan produknya melalui online shop, tentu lokasi tidak lagi menjadi sebuah pertimbangan.

  1. Pelanggan

Jangan lupa untuk memikirkan siapa yang akan menjadi pelanggan kamu kelak, baik itu pemakai jasa maupun pembeli produkmu. Lihatlah pasar terlebih dahulu, dan kira-kira bagaimana kamu akan mempromosikannya? melalui baliho, iklan, brosur, leaflet, atau secara daring? Bagaimana kamu dapat meraih pelanggan dan hal lainnya, itu harus segera dipikirkan agar rencana usahamu dapat segera melangkah.

  1. Tenaga Kerja

Kemungkinan akan berapa orang yang akan kamu pekerjakan? Jika akan memperkerjakan pegawai, kira-kira pegawai seperti apa yang kamu inginkan. Atau kamu akan mengerjakannya sendiri? Jika kamu ingin memperkerjakan orangs ebaiknya pilihlah anggota keluargamu etrlebih dahulu, tentu haruslah yang memiliki kemampuan yang sesuai dengan bidang usahamu ya. Karena dengan memperkerjakan keluarga sendiri mereka akan merasa lebih dekat dan mempunyai rasa ikut memiliki usaha tersebut, dukungan yang akan kamu dapatkan pun akan lebih besar.

  1. Perencanaan Keuangan

Tidak lucu jika kehabisan uang tunai menjadi sebuah hambatan dalam sebuah usaha karenanya perencanaan usaha harus disertai dengan perencanaan keuangan. Menghitung modal awal sebaiknya harus sudah dilakukan sejak dini, sebaiknya modal yang tersedia harusnya bisa menutupi pengeluaraan perusahaan selama satu tahun ke depan sehingga jika tidak memiliki pendapatan yang meningkat setidaknya modal awal yang lebih banyak bisa membuat perusahanmu terus berkembang untuk bulan-bulan berikutnya.

Nah, berikut adalah persiapan yang perlu kamu perhatikan sebelum membuka usaha. Ayo pikirkan dan kerjakan mulai dari sekarang.***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *