Penyakit yang Perlu Diwaspadai Saat Berlibur di Indonesia

  • Whatsapp
Penyakit yang Perlu Diwaspadai di Indonesia
Penyakit yang Perlu Diwaspadai di Indonesia

 

 

Read More

Ketika mengunjungi sebuah kota ataupun negara ternyata kita perlu mengetahui banyak tentang situasi di daerah tersebut. Tak hanya destinasi tempat-tempat menariknya, fasilitas-fasilitasnya, ragam budaya, serta kehidupan dan karakter masyarakat disana, kita juga perlu tahu tentang isu-isu yang berkembang, seperti wabah virus. Tahukah kamu banyak jika turis mancanegara yang ingin datang ke Indonesia juga memiliki masalah soal akan keterjangkitan mereka akan virus lokal. Berikut ini adalah penyakit yang perlu diwaspadai ketika berlibur di Indonesia.

 

Malaria

Jangan pernah anggap remeh akan penyakit ini, virus yang ditularkan oleh gigitan nyamuk  berjenis Anopheles betina. Penyakit ini menyerang sel darah merah, gejalanya seperti demam tinggi, menggigil dan terus-menerus mengeluarkan keringat. Puncaknya adalah kerusakan organ-organ vital dan gangguan aliran darah hingga orang yang terjangkit penyakit tersebut tak bisa terselelamatkan. Sebenarnya penyakit ini akan banyak dijumpai di negara-negara lain seperti Meksiko dan juga Afrika, mengingat iklimnya tak jauh berbeda.

 

Hepatitis A

Walaupun penyakit ini memiliki resiko kematian yang cukup rendah, namun tetap saja kamu harus berahti-hati, sebab bisa saja jika seseorang telah terserang penyakit ini dalam tubuhnya maka akan berkembang menjadi hepatitis B yang lebih berbahaya. Penyakit ini disebabkan karena kurang memperhatikan makanan ataupun minuman, sehingga tergolong kotor. Apalagi di daerah-daearah yang kotor maka virus ini akan cepat sekali berkembang. Versi lain dari penyakit ini adalah demam tifoid, faktor penyebabnya hamper sama yakni bakteri. Tercata 20% dari total keseluruhan orang yang terjangkit penyakit ini tak terselamatkan jiwanya.

 

Demam Berdarah

Penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti ini merupakan penyakit yang erat dengan situasi dan lingkungan perkotaan yang buruk. Gejalanya adalah tubuh mengalami demam dan teras sakit dikepala yang luar biasa. Nyamuk penyebar penyakit ini biasa hidup dan berkembang biak di tempat-tempat yag lembab dan kotor, seperti di bak mandi, ember, tempat sampah, dll. Kasusnya sering terjadi di kalangan masyarakat dan jumlah kematian karena demam berdarah tidak sedikit, untuk itu harus ada penanggulangan yang tepat dan cepat dari pihak medis. Penyakit berikutnya yang disebabkan nyamuk aedesaegypti adalang chikunguya gehalanya adalah demam tiba-tiba, nyeri dipersendian dan biasanya berlangsung selam 3-7 hari.

 

Rabies

Virus penyakit ini biasnya ditularkan oleh hewan mamalia, biasanya anjing dengan gigitannya. Cara kerja virus ini adalah dengan mempengaruhi sistem saraf dengan gejalanya adalah demam, pusing kemudian tanda-tanda neurologis. Kematian juga kerap terjadi beberapa saat setelah timbulnya gejala. Penyakit ini sudah tersebar di 22 provinsi di Indonesia.

 

Polio

Polio termasuk dalam program vaksinasi untuk anak-anak diseluruh dunia maka, potensi menularnya akan sedikit, namun dibeberapa wilayah penyakit ini masih umum penularannya. Maka sebaiknya bagi wisatawan harus memastikan dirinya telah diberi vaksin anti polio.

 

Demikianlah artikel tentang Penyakit yang perlu diwaspadai saat berlibur di Indonesia, semoga bermanfaat dan kita semua sehat selalu ya.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *