Parkour Medan, Olahragakan Tubuh dengan Seni Melompat

  • Whatsapp
Komunitas Parkour Medan Sedang Latihan
Komunitas Parkour Medan Sedang Latihan

Sudah seperti kehidupan di Pulau Jawa, kini di Sumatera telah banyak bermunculan komunitas-komunitas yang berkonsen pada hal-hal tertentu dengan tujuan untuk mengembangkan bakat anak-anak muda. Salah satunya adalah Komunitas Parkour. Parkour berarti halang lintang, pengertian luasnya Parkour adalah seni gerak tubuh yang berpindah dari suatu titik ke titik yang lainnya dengan seefesien, efektif dengan mengutamakan keselamatan.

Pada dasarnya Parkour mengedepankan keindahan bergerak sekaligus diimbangi dengan kemampuan masing-masing pemainnya, dan seluruh anggota tubuh mulai dari tangan hingga kaki adalah tumpuan dalam bermainnya. Parkour sudah ada sejak lama sekali, David Belle adalah orang pertama berkebangsaan Perancis yang mulanya mengenalkan permainan ini. Hingga kemudian tersebar ke bagian Eropa hingga dunia, dan kini Kota Medan menjadi salah satunya.

Read More

Seperti cerita Ihsanul Fakhriy yang kini menjabat sebagai Presiden Komunitas Parkour Medan bahwa Parkour cabang Medan telah ada sejak 28 Desember 2008 lalu, sepasang abang beradik Yosua dan Boy adalah pencetusnya. Mulanya keduanya hanya berlatih untuk kesenangan dan hobi semata. Namun akhirnya banyak yang tertarik dan mulai bergabung untuk memahami teknik permainan yang sangat seru ini, dan akhirnya terbentuklah Parkour Medan.

Komunitas Parkour Medan
Komunitas Parkour Medan

 

Pada dasarnya banyak yang menyukai Parkour karena lompatannya yang unik dan membuat ketagihan, terlihat selintas seperti sulit untuk melakukannya. Tetapi jika dibarengin dengan usaha, maka permainan satu ini justru sangat mengasikkan. Untuk Parkour Medan sendiri, kini sudah tergabung 50 orang di dalamnya, dalam kesehariannya, para anggota Parkour Medan berlatih di Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU) setiap Rabu, Jumat dan Sabtu jam 17.00 WIB sampai dengan selesai.

Selain sebagai menyalurkan hobi, Parkour ternyata memiliki banyak manfaat bagi kehidupan yaitu mengandung pembelajaran yang positif bagi diri sendiri, terutama untuk menjawab tantangan dalam melawan rasa takut di dalam diri sendiri. Selain itu juga untuk menyehatkan tubuh , mulai dari melatih pola tubuh agar tetap baik dan juga melatih refleksi dalam sehari hari. Nilai-nilai lain yang bisa diambil dari permainan Parkour adalah sebagai berikut:

  1. Parkour sebagai seni dalam melewati semua amsalah di dalam kehidupan. Rintangan dan masalah yang datang silih berganti di dalam hidup kita selalu tidak terduga, tetapi selalu menjadi rintangan yang harus diselesaikan. Dengan prinsip yang terdapat di dalam Parkour maka kita sebagai manusia akan selalu berusaha untuk melewati rintangan tersebut dengan baik dan tak lupa seraya mengontrol diri. Keterbiasaan dalam permainan Parkour mengajarkan hal tersebut, karena untuk memecahkan sebuah masalah harus dengan efektif dan efesien.
  2. Melawan Rasa Takut. Manusia sebagai makhluk yang lemah pasti memiliki rasa takut di dalam dirinya. Tetapi jika hal itu terus dipendam dengan tidak terus mencoba dan melawan maka sama dengan nihil. Semua manusia pada dasarnya akan mengalami ini, karenanya Parkour mengajarkan untuk melawan ketakutan di dalam diri agar terbiasa dan mengurangi rasa takut itu secara perlahan.
  3. Bangkit dari Kegagalan. Setiap gerakan yang terdapat di Parkour memiliki cara tersendiri untuk melakukannya, tak jarang pemainnya pasti juga akan mengalami kegagalan dan terkatuh tetapi Parkour mengajarkan untuk bangkit bukan untuk menyerah. Demi gerakan per gerakannya seseorang harus bangkit agar bisa mahir, begitu pula dengan makna kehidupan dimana seseorang harus bangkit dari kegagalan supaya tidak jatuh pada keadaan yang sama.
  4. Flexibilitas dan fluiditas. Bermain Parkour akan membiasakan diri kita untuk felxible dan bersemangat. Begitu juga dengan kehidupan yang harusnya fleksibel, dari yang tidak nyaman bisa membuat nyaman. Hal tersebut dikarenakan lingkungan yang kita hadapi. Sementara fluiditas membuat diri kita ters bersemangat meskipun masalah yang berat menimpa diri kita.
  5. Kreatifitas dan kebebasan. Parkour mengajarkan untuk berkreasi dengan gerakan-gerakan yang diciptakan sehingga menciptakan gerakan-gerakan yang kreatif, begitu juga dengan kehidupan yang ahrus diisi dengan kekreatifitasan agar berguna dan bermanfaat untuk orang lain.
Komunitas Parkour Medan Tengah Berlatih
Komunitas Parkour Medan Tengah Berlatih

 

Nah, jika konkawan Cerita Medan ingin bergabung dalam komunitas ini dapat segera datang ke Auditorium setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu jam 17.00 WIB dengan membayar uang pendaftaran senilai Rp. 10.000 saja, atau dapat menghubungi Ihsan: 082166551593.***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *