Obati Stres Dengan Terapi Tertawa

  • Whatsapp
Obati Stres Dengan Tawa
Obati Stres Dengan Tawa

 

Tertawa merupakan cara yang paling mudah untuk mengobati stres. Kalimat ‘tertawalah sebelum ditertawakan’ memang nyatanya bukan hanya sebatas kata biasa. Tertawa kecil, tertawa terbahak-bahak, maupun tertawa hingga terpingkal ternyata mampu menyehatkan tubuh. Hal ini memang sudah dibuktikan banyak orang.

Read More

Ketika stres melanda, maka berbahagia dengan tertawa bersama menjadi obatnya. Kegiatan tertawa menjadi manfaat bagi organ-organ tubuh dalam kurun waktu yang singkat, serta memberi manfaat untuk kesehatan untuk jangka panjang.

Dalam jangka pendek, tertawa ternyata dapat memompa lebih banyak oksigen ke seluruh tubuh, dapat pula menstimulasi jantung, paru-paru dan otot-otot tubuh. Secara langsung tertawa juga dapat meningkatkan hormon endorphin yang diproduksi oleh sel otak. Hormon ini juga dikenal mampu memberi efek rileks dan tenang pada tubuh.

Lancarnya pemenuhan oksigen di jantung, akan melancarkan peredaran darah di tubuh. Tekanan darah yang tinggi secara perlahan akan menurun di titik normal. Selain itu, tertawa juga mampu menstimulasi peredaran dan merileksasi otot. Keduanya dapat membantu mengurangi gejala stres.

Dalam dunia psikoterapi, biasa dikenal dengan terapi tertawa. Tertawa biasa dan tertawa yang dibuat-buat berbeda dengan terapi tertawa. Terapi tertawa ini merupakan tertawa yang dimulai tahap demi tahap. Sehingga efek yang dirasakan oleh orang yang tertawa menjadi bermanfaat. Terapi tertawa untuk mengurangi stres sudah sering sekali di­lakukan banyak orang.

Tertawa lima sampai sepuluh menit ternyata tak hanya merangsang pengeluaran endorphin, namun juga serotonin, yaitu sejenis morfin alami tubuh dan juga melatonin. Ketiga zat ini yang bisa membuat hidup tenang. Terapi tertawa merupakan teknik yang mudah dilakukan, namun efeknya sangat luar biasa. Bahkan dapat menyembuhkan pasien yang memiliki gangguan mental akibat stres berat. Tak hanya Stres, tertawa dalam dunia medis merupakan obat paling mujarab menyembuhkan penyakit jiwa lainnya, yaitu:

 

  1. Rasa Nyeri

Rasa nyeri dari penyakit bisa diobati dengan tertawa. Banyak pasien yang ketika mengeluh karena sakit, selalu dibawa becanda oleh pihak keluarga agar dapat mengurangi rasa sakit yang dialami pasien. Hal ini juga sangat berguna bagi kekebalan tubuh seseorang. Tak jarang tertawa akan menjadi penyemangat jika ada suntikan atau obat yang pahit masuk ke tubuh.

  1. Bisa Berolahraga

Berolahraga ringan ternyata sangat mudah, hanya dengan tertawa. Tertawa terbahak-bahak dapat menjadi aktivitas olahraga. Karena ketika seseorang tertawa dengan kuat dan terbahak-bahak, maka seluruh angggota tubuh dan organ tubuh akan bergerak. Pergerakan tersebutlah yang menjadi aktivitas olahraga yang menyehatkan tubuh. Setelah itu, tubuh akan merasakan rileksasi dan mendapati beban yang semakin ringan.

  1. Awet Muda

Sudah tak dipungkiri bahwa tertawa akan selalu menjadi awet muda. Karena sel-sel otot terus bergerak dan sistem peredaran darah terus berjalan secara normal. Maka dari itu orangtua yang sering tertawa akan selalu tampak lebih muda dibanding rekan seusianya.

Seringlah tertawa agar selalu menjadi sehat dan tetap tampak awet muda. Stres yang berkepanjangan juga bisa hilang dengan tertawa.***(CM-E02/Amal Hayati)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *