Nongkrong? Tinggalkan Gadget Sementara

  • Whatsapp
Tinggalkan Gadget Ketika Nongkrong
Tinggalkan Gadget Ketika Nongkrong

 

Nongkrong bersama teman-teman harusnya menjadi sebuah kesempatan untuk mempererat tali silatrahmi, kita dapat berinteraksi dan bertatap muka langsung. Nongkrong bisa dilakukan siapa saja juga dimana saja, mulai dari duduk-duduk di bawah pohon, warung kopi, rumah makan maupun kafe. Kegiatan ini pun seakan telah menjadi budaya yang tidak bisa dipisahkan dari gaya hidup masyarakat modern, maka tak heran jika sekarang banyak sekali jenis tempat tongkrongan yang juga memiliki produk andalannya masing-masing. Tak hanya sekedar menikmati makanan dan minuman enak saja, nongkrong sepertinya lebih dari itu. Perlu didominasi dengan komunikasi tentang apa saja agar waktu yang dihabiskan akan terasa lebih berkesan.

Read More

Sayangnya terkadang timbul hal-hal kecil yang membuat suasana kurang kondusif ataupun menjadi kurang hikmat. Hal itu sepertinya cukup sering kamu alami setidaknya beberapa tahun belakangan ini, saat teknologi gadget juga media sosial terus menunjukkan perkembangan.

Sering kali ketika sedang seru-serunya berkumpul dengan orang-orang terdekat tapi  mereka asik memainkan gadgetnya dan tidak peduli dengan keadaan disekitar seperti terhipnotis, padahal bisa jadi pertemuan tersebut telah lama dinantikan apalagi bagi yang tidak memiliki banyak waktu luang akibat padatnya pekerjaan.

Kehadiran media sosial beberapa tahun terakhir memang begitu digandrungi, bahkan cara berkomunikasi ditengah-tengah  masyarakat pun sedikit banyak telah di pengaruhi. Ada efek positif dan juga negatifnya media sosial seperti path, instagram, facebook, twitter dll tentunya akan membuat kita mudah membuat suatu jaringan pertemanan ataupun hubungan spesial bahkan mampu mempererat tali silatuirahmi, dalam kata lainya adalah mendekatkan mereka yang jauh. Namun sisi buruknya pun cukup terasa. Orang-orang  menjadi terlalu fokus dengan handphone di genggaman tangan mereka sehingga orang-orang yang ada didekaktnya malah terabaikan.

Berikut adalah cara-cara yang mungkin saja dapat membantu kamu menghindari suasana nongkrong yang kaku akibat terlalu fokus memainkan gadget.

 

Hindari tempat yang menyediakan fasilitas  Wi-Fi

Semua gadget jika mau berfungsi dengan baik haruslah memiliki koneksi jaringan, untuk itu hindari tempat-tempat yang memiliki Wi-Fi. Walaupun sebenarnya bisa menggunakan jaringan pribadi yang diberikan oleh operator kartu SIM, namun banyak orang akan lebih antusias jika mendapatkan sinyal Wi-Fi. Biasanya mereka akan melakukan download maupun update untuk file-file yang banyak memakan kuota internet, sehingga teman nongkrong malah akan jadi lebih fokus dengan gadgetnya.

 

Cari tempat dan topik pembicaraan yang nyaman

Kedua adalah suasana dan apa yang dibahas saat nongkrong, dimana akan sangat mempenagruhi mood masing-masing. jika tempatnya kurang nyaman pastilah tidak lagi menyenangkan untuk ngobrol ini dan itu, contohnya panas, banyak nyamuk, kursi kurang nyaman, pemandangan terbatas dll. Topik pembahasan juga sangatlah penting, jangan sampai rekan kita beralih memainkan gadget karena ia tak tertarik atau bahkan tidak mengerti apa sedang dibicarakan.

 

Pilih waktu yang tepat

Sangatlah penting dalam menentukan waktu yang tepat untuk berkumpul bersama rekan-rekan, apalagi disaat telah menginjak masa dewasa diamana tiap orangya sudah memiliki kesibukan masing-masing. Carilah waktu yang tepat ketika hendak akan nongkrong bersama, pilih saat-saat dimana kalian ada menghabiskan banyak waktu bersama tanpa ada batasannya. Hal ini akan membuat suasana nongkrong akan lebih lepas, karena sisi lain dari kegiatan ini adalah untuk merileksasikan tubuh dan pikiran sejenak dari rutinitas.

 

Dilarang menyentuh gadget selama nongkrong

Mau suasana lebih Asik lagi? kalian bisa membuat perjanjian kepada teman-teman untuk mengumpulkan Handphone mereka masing-masing. Ini memang sudah sering terjadi, tapi terbukti sukses membuat orang dapat berhubungan sosial antar muka dengan sekitarnya ketimbang terus memperhatikan timeline di media sosial.

Media sosial memang menjadi satu hal yang sangat bermanfaat bagi kita saat ini, tapi jangan karna sosial media kita kehilangan orang sekitar kita. So, Ketika nongkrong? Simpan gadget baik-baik. ***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *