Menu Paling Popular di Bulan Ramadhan

  • Whatsapp
Menu Wajib di Bulan Ramadhan
Menu Populer di Bulan Ramadhan

 

Memasuki bulan puasa sepertinya banyak yang tidak boleh dilewatkan. Selain beberapa tradisi di bulan puasa sepertinya mungkin tidak akan tinggalan dengan tradisi kuliner pada saat bulan puasa. Beberapa makanan yang sudah pasti ada di saat ramadhan adalah es sirup, teh hangat, kurma, dan kue kering. Selain itu tentu masih banyak lagi yang diincar sesuai dengan selera.

Read More

Berikut ini adalah makanan dan minuman yang menjadi hidangan paling populer saat berbuka puasa:

  1. Kolak

Sepetinya kolak juga menjadi makanan yang wajib ada di saat bulan suci ramadhan. Di saat bulan suci tiba, kolak yang di sajikan oleh beberapa pedagang pastinya bermacam-macam ada kolak pisang, kolang-kaling, biji salak dan labu, dan kolak lainya. Tidak hanya hadir di rumah-rumah sebagai sajian berbuka, tetapi beberapa acara berbuka bersama juga tidak pernah ketinggalan dengan menu berbuka satu ini. Lucunya lagi, hanya di bulan puasa pasar kuliner di penuhi oleh berbagai macam kolak terutama di jajanan pinggir jalan.

 

  1. Teh Manis

Satu lagi minuman yang paling favorit saat buka, yaitu teh manis. Baik disajikan dingin atau hangat. Selain untuk menambah tenaga,minuman ini cukup menyegarkan tenggorokan sesaat setelah adzan magrib.mengonsumsi segelas teh manis dan tiga butir kurma saat buka puasa dapat mengisi kekosongan perut selama 6-8 jam sehingga kombinasi keduanya cocok bagi orang yang buka puasa.

 

  1. Kurma

Bercerita tentang bulan suci Ramadhan tentunya indentik dengan makanan satu ini yaotu kurma. Di bulan Ramadan, buah kurma biasanya paling dicari saat buka puasa. Konon, sejak zaman Rasulullah SAW, buah ini telah dikonsumsinya untuk buka puasa. Buah kurma adalah salah satu buah yang aman bagi penyandang diabetes ini memang memiliki banyak manfaat kesehatan. Kurma  juga terbukti menyehatkan pencernaan, menurunkan kolesterol, meningkatkan kesehatan otak, dan menyerap lebih banyak nutrisi dari makanan yang kita konsumsi.

 

  1. Kue tradisional

Menu ini adalah salah satu menu yang tidak pernah absen di meja makan manapun. Bukan hanya di rumah atau di kantor, beberapa restaurant juga sengaja menyediakan menu yang satu ini untuk berbuka. Kue-kue tradisional juga masih menjadi hidangan pembuka paling favorit saat buka puasa. Uniknya, tiap daerah di Indonesia memiliki kue yang bermacam-macam jenis dan namanya. Kue tradisional biasanya mulai ramai di dagangkan di jalanan-jalanan berbagai kota. Peminatnya juga banyak. Sebagai orang Indonesia, kue tradisional di minati oleh semua kalangan.

 

  1. Gorengan

Memang gorengan adalah salah satu jajanan yang selalu ada dalam setiap waktu dan keadaan. Namun, siapa sangka jika gorengan di bulan ramadhan makanan yang satu ini biasanya tidak terlewatkan bagi umat muslim saat buka puasa. Sebagian orang menganggap kalau gorengan terasa istimewa jika di jadikan menu untuk berbuka. Meski kurang sehat, namun gorengan terbukti banyak dicari masyarakat.

 

  1. Es buah

Minuman yang berisi bermacam-macam buah ini biasanya menjadi penyegar saat buka puasa. Rasanya yang manis, ditambah dengan buah segar membuat tubuh Anda terasa lebih segar setelah menyantapnya. Tapi hati-hati bagi Anda yang menderita maag, Chinese Medical Doctor Master of Medicine, William Adi Teja mengatakan, saat buka puasa sebaiknya mengonsumsi minuman yang hangat.

“Bukan tidak boleh makan buah saat buka puasa, namun diberi jeda setengah jam setelah mengonsumsi makanan utama agar penderita penyakit maag tidak mengalami jantung berdebar, perih dan mual,” jelasnya.

Beberapa menu di atas adalah beberapa menu paling populer di bulan Ramadhan. Semoga selanjutnya ada menu-menu baru yang akan menemani kita di bulan Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang yang menjalankan ya.***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *