Makanan Enak ini Ternyata Sulit di Cerna Oleh Tubuh

  • Whatsapp
Makanan yang Sulit di Cerna
Makanan yang Sulit di Cerna

 

Tahukah kamu jika tidak semua makanan yang kamu makan dapat dicerna dengan baik oleh usus? Proses penyerapan makanan yang tak berjalan mulus ini akan memberikan dampak bagi perut, seperti kembung, mules, begah, ataupun sering mengeluarkan gas sesaat setelah menyantap makanan tersebut. Bukan hanya makanan berat seperti daging ataupun gorengan, ternyata beberapa malah sulit dicerna karena zat-zat yang terkandung didalamnya. Berikut ini adalah hasil penelitian mengenai makanan apa saja yang akan sulit diproses setelah dikonsumsi tubuh.

Read More

 

Makanan pedas

Makanan pedas menempati urutan pertama sebagai makanan yang paling sulit dicerna oleh tubuh, pernyataan ini tentu saja mempunyai pernyataan ilmiah di dalamnya. Saat memakan makanan pedas kemudian merasa mulas dan sakit dibagian perut, itu tanda kalau lambung atau usus kamu memilki sifat yang sensitif. Hal ini disebabkan adanya senyawa yang bernama capsaicin yang hampir terdapat diseluruh sumber makanan pedas seperti cabai maupun paprika. Senyawa ini berukuran sangat kecil sehingga tak dapat diurai didalam tubuh, efeknya akan ada iritasi di usus halus. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas pun memiliki dampak buruk terhadap kesehatan, yaitu rentan terkena penyakit diare.

 

Kol dan brokoli

Kedua makanan banyak mengandung gizi yang baik didalamnya termasuk serat tinggi, namun, siapa sangka jika ternyata kol dan brokoli cukup sulit dicerna oleh tubuh. Karena sulit memprosesnya, makanan malah menjadi santapan bagi para bakteri yang ada didalam usus. Mikrofolia (nama bakteri dalam usus) ini pun menghasilkan gas seperti belerang dalam perut, sehingga perut terasa penuh akan gas dan pastinya akan merasa tidak nyaman. Tapi tenang saja, efek ini akan terjadi jika mengkonsumsinya terlalu banyak.

 

Nangka, sirsak dan juga cempedak

Nangka, sirsak maupun cempedak merupakan buah-buahan yang banyak diminati dan tak hanya dagingnya saja yang bisa dimanfaatkan untuk dikonsumsi. Namun menurut penelitian, buah-buahan tersebut ternyata sulit untuk dikonsumsi oleh tubuh jika dikonsumsi dengan jumlah yang berlebihan. Satu porsi es buah dengan campuran buah nangka didalamnya, ataupun 3-4 butir buah nangka masih aman untuk dikonsumsi. Meminum satu gelas jus sirsak belum merusak sistem pencernaan.

 

Aneka kacang

Kacang-kacangan memiliki banyak sekali manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan bahkan beberapa penelitian mengatakan jika kacang dapat mengobati penyakit jantung, kolesterol sampai dengan diabetes. Namun kacang juga memiliki sisi negatifnya yakni, stres pada lambung yang disebabkan oleh tingginya kadar lemak pada kacang yang mencapai jumlah 60%. Terlebih lagi jika diolah dengan cara digoreng, maka tubuh akan lebih sulit memprosesnya, sebaiknya dijadikan rebusan atau sup, agar teksturnya lebih lembut dan mudah dicerna didalam usus.

 

Es krim

Siapa yang menyangka jika makanan dengan rasa manis dan tekstur yang lembut ini ternyata sulit dicerna oleh tubuh? jenis makanan dengan bahan dasar susu ini sejatinya memiliki kandungan lemak yang tinggi. Maka ketika mengkonsumsi es krim, akan meninggalkan tumpukan lemak yang menempel dilambung, lemak-lemak tersebut akan mengendap lebih lama kemudian baru akan diproses secara perlahan-lahan. Es krim juga dapat menyebabkan penikmatnya sering buang gas hingga penyakit berbahaya seperti diare, hal ini memiliki potensi lebih besar terjadi kepada mereka yang kekurangan enzum laktase, Ialah enzim yang mampu memecah kadar gula sehingga mampu diserap baik oleh tubuh manusia. ***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *