Keramas di Siang Hari Saat Puasa, Bolehkah?

  • Whatsapp
Keramas
Keramas

Cuaca Kota Medan memang sangat panas di siang hari. Ini adalah persoalan yang selalu dibahas di saat puasa. Keramas saat puasa menjadi hal yang paling dirindukan dan diinginkan banyak orang pula. Dengan melakukan keramas, seseorang akan kembali menjadi sangat fresh dan bisa berpikir jernih kembali.

Banyak hal pula yang harus diperhatikan ketika hendak melakukan keramas. Keramas di siang dan sore hari saat puasa memang sangat menyegarkan. Namun hal ini masih simpang siur di kalangan ulama, mengatakan boleh dan makruh menjadi persoalannya. Maka dari itu, sebaiknya jika khawatir, maka pelajarilah banyak pendapat mengenai hal ini.

Read More

Bagi sebagian orang, melakukan keramas saat puasa adalah kekhawatiran masuknya air ke dalam lubang tertentu, hidung dan telinga misalnya. Air yang akan terus membasahai sekujur tubuh akan mengalir, maka jika air yang masuk ke dalam lubang tertentu secara tidak sengaja maka tiadk akan membatalkan puasa. Namun yang perlu diketahui adalah ketika seseornag melakukan keramas di siang hari adalah boleh, dan tidak membatalkan puasa.

Hal ini telah jelas ada di dalam hadist dari Abu Dawud dan Ahmad yang menjelaskan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menyiramkan air ke atas kepala Beliau ketika sedang puasa, karena kehausan atau terlalu panas. Sebenarnya siang hari bukanlah satu-satunya waktu yang bisa dilakukan untuk keramas. Pagi dan sore hari menjadi waktu paling ampuh untuk keramas. Maka dari itu, keramaslah di siang hari dan pagi hari juga.

Jika anda terpaksa melakukan keramas karena suatu hal, maka bisa anda coba untuk keramas secara hati-hati. Hal ini mencegah untuk air masuk ke dalam lubang yang ada di dalam tubuh, maupun dengan sengaja menghirup air. Sangkin segarnya air, sampai tak terasa bahwa jadwal buka puasa sebentar lagi. Durasi waktu untuk melakukan keramas sebaiknya jangan lama-lama. Banyak hal yang menajdi pertimbangan.

Ketika berada di kamar mandi, ruangan yang dingin, banyak hal yang tidak bisa ditahan. Seseorang biasanya akan betah berlama-lama di dalam kamar mandi karena telah merasakan dinginnya dan segarnya air tersebut. Untuk mencegah kenyamanan atas air yang ujung-ujungnya malah membuat puasa anda makruh dan membuat anda lupa akan kegiatan lainnya, maka sebaiknya jangan coba-coba membuat diri anda terlena akan hal tersebut.

Cukup dengan mandi dan keramas secara bersih tanpa berlama-lama sudah cukup membuat anda kembali segar dan memiliki rambut yang sehat. Atau hal lain yang membuat anda khawatir, sebaiknya anda mengompres kepala anda dengan kain yang sudah dibasahi dengan air terlebih dahulu. Letakkan kain tersebut pada kepala anda, dan anda tak perlu mandi dan berlama-lama di kamar mandi.

Hal ini juga pernah dilakukan oleh sahabat nabi, ia merasa hari sangat panas, dan ia meletakkan kain yang sudah dibasahi dengan air di kepalanya, agar mendapatkan kepala yang dingin dan pikiran yang kembali segar. Maka anda tak perlu ke kamar mandi dan menghabiskan banyak waktu untuk berendam di air.***(CM-E02/Amal Hayati)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *