Kenalkan Biji Kopi Gayo, Furqon Rintis Stasiun Kopi

  • Whatsapp
Muhammad Furqon, Owner dari Stasiun Kopi
Muhammad Furqan, Owner dari Stasiun Kopi

 

Kopi, bagi para penikmatnya bukanlah sekedar minuman biasa namun memiliki arti lebih akan sebuah nilai-nilai estetika yang erat kaitannya dengan unsur budaya. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar serta memiliki kualitas terbaik. Tak heran jika banyak negara lain melirik Indonesia karena kekayaan alamnya ini bahkan, Presiden AS Barack Hussein Obama II saat bertemu Wakil Presiden Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla sempat berbincang tentang kopi Indonesia yang begitu terkenal didunia.

Read More

Hampir seluruh wilayah di Indonesia memiliki pertanian penghasil biji kopi dan, diantara semuanya yang paling tersohor adalah Kopi Gayo yang berasal dari daerah Aceh Tengah tepatnya Kabupaten Gayo Lues yang secara geografis  merupakan dataran tinggi. Masyarakat Aceh memang terkenal gemar mengonsumsi kopi, dan bukan merupakan sebuah kebetulan karena kopi merupakan komiditi terbesar disini. Kebanyakan berjenis biji arabika yang notabene lebih disukai masyarakat secara umum karena rasanya lebih ringan dan rendah kafein.

Furqon Memperkenalkan Kopi Indonesia kepada Orang Asing
Furqan Memperkenalkan Kopi Indonesia kepada Orang Asing

 

Kopi-kopi Indonesia memang memilki kaitan erat dengan daerah darimana kopi itu berasal, contohnya dari segi budaya sehingga mampu memberikan nuansa yang kental akan nilai-nilai dari kebudayaan lokal. Maka dari itu, jika ditinjau lebih jauh kopi mampu berperan dalam mengangkat sisi budaya tradisional dari masyarakat lokal maupun identitas bangsa secara keseluruhan.

Layaknya Muhammad Furqan, yang saat ini mengadopsi pemikiran tersebut. Berawal sejak ia memutuskan untuk meninggalkan Kota Medan setelah menyelesaikan Sekolah Menengah Atas untuk melanjutkan pendidikan pada bangku perkulihaan di Univesritas Syiah Kuala Jurusan Hukum. Budaya minum kopi yang sudah menjadi kebiasaan dari masyarakat Serambi Mekkah membuatnya secara perlahan juga mencintai minuman yang identik dengan warna hitam ini. Selama berada disana, banyak teman-temannya kerap kali meminta untuk dikirimkan biji-biji maupun bubuk kopi asal Aceh yang terkenal itu.

Tak hanya menemukan passionnya pada dunia kopi, Furqan pun melihat ada kesempatan baginya untuk mengembangkan karir dengan memulai bisnis. Sudah dua tahun belakangan ini Furqan telah membuka sebuah usaha yang diberi nama Stasiun Kopi. Ia menjual biji-biji yang diambil dari petani-petani lokal yang akan didistribusukan kepada konsumen. Bersama empat orang temannya yang ikut membantu, sampai dengan saat ini ia sudah mengekspor biji kopi ke berbagai coffee shop, daerah-daerah di Indonesia bahkan luar negeri seperti Malaysia, Kanada, Australia dll.

“Kopi adalah seni, mulai dari proses pembibitan hingga menjadi secangkir minuman semuanya memiliki nilai-nilai seni. Tak hanya mengejar profit, kami juga ingin membantu para petani lokal menggerakkan perekonomian mereka karena, disini kami melakukan pendekatan secara persuasif dan kekeluargaan untuk bermitra yang hasilnya akan menguntungkan kedua pihak,” jelas Muhammad Furqan selaku owner dari Stasiun Kopi.

Kopi Yang Sudah Dikemas dan Diberi Label Stasiun Kopi
Kopi Yang Sudah Dikemas dan Diberi Label Stasiun Kopi

Kopi-kopi yang dijual merupakan kopi dengan kualitas spesial, yakni sudah melewati proses penyortiran yang berarti hanya biji-biji terbaik yang akan diolah, sehingga konsumen tidak akan kecewa akan cita rasa orisinil dari produk Stasiun Kopi. Untuk pilihan variannya Stasiun Kopi juga menyediakan berbagai jenis kopi khususnya yang ada di Pulau Sumatera tapi kebanyakan pemesan lebih sering memesan biji kopi Gayo. Saat ini mereka masih memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produknya yaitu lewat Instagram.

Selain itu Stasiun Kopi juga mengisi expo baik itu yang bertaraf lokal, nasional atau bahkan internasional. Dijadwalkan pada bulan Juni 2016 mereka berkesempatan untuk mengisi salah satu booth selam empat hari dalam ajang festival kopi di Singapura. Untuk mengenal lebih jauh bisa cek di IG @stasiun_kopi.***(CM-01/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *