Jangan Malas Mandi Junub Sebelum Sahur

  • Whatsapp
Mandi Junub
Mandi Junub

 

Sudah memang syarat sah puasa adalah baligh. Ketika ada kata tersebut, berarti sudah sepantasnya jika pria maupun wanita akan mengalami masa-masa yang mewajibkan untuk mandi junub. Mandi junub ini sebenarnya mandi dengan menggunakan air suci dan bersih (air mutlak) yang mensucikan dengan mengalirkan air tersebut ke seluruh tubuh, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Tujuannya adalah untuk menghilangkan hadas besar sebelum melakukan ibadah salat.

Read More

Sama dengan salat, puasa juga tidak boleh dilakukan oleh mereka yang dalam keadaan junub. Sebaiknya bergegaslah mandi junub, agar dapat melaksanakan puasa dan merasakan nikmatnya. Mereka yang akan melaksanakan mandi junub dikarenakan beberapa hal seperti. mengeluarkan air mani baik disengaja maupun tidak sengaja, melakukan hubungan badan suami dan isteri, selesai haid / menstruasi, melahirkan (wiladah) dan pasca melahirkan (nifas).

Mandi junub ini tidaklah sama dengan mandi biasa yang sering dilakukan. Mandi junub ini memiliki tata cara, rukun, syarat dan lain sebagainya yang harus dipenuhi agar mandi tersebut menjadi sah. Dalam bulan puasa seperti ini, jika konkawan Cerita Medan sedang sudah tidak dalam keadaan junub, maka segerakanlah untuk melakukan mandi junub.

Jangan membiasakan diri jadi malas untuk tak melaksanakan mandi junub ini saat sebelum sahur. Hal yang harus diperhatikan adalah, jangan hanya karena malas mandi di sepertiga malam sebelum sahur membuat anda tak berpuasa seharian.

Jika konkawan melakukan mandi junub saat sebelum sahur, maka sahurpun akan dinikmati dnegan khitmat, namun jika terlambat bangun maka anda tetap harus melakukan mandi namun sesaat setelah sahur.  Dalam hadist Bukhari dan Tarmidzi mengatakan dari Aisyah dan Ummu Salamah ra menceritakan bahwa Nabi shallallahu’alaihi wa sallam memasuki waktu subuh, sementara beliau sedang junub karena berhubungan dengan istrinya. Kemudian, beliau mandi dan berpuasa.

Jika anda terlambat bangun dan tak sempat melakukan mandi junub terlebih dahulu sebelum sahur, sebaiknya anda tetap melakukan sahur dan melaksanakan mandi junub saat sebelum salat subuh. Agar ketika salat subuh, anda tak meninggalka kewajiban kembali.

Namun ada hal yang patut diketahui pula, yaitu ketika seseorang mengalami junub, belum mandi junub dan ingin puasa. Maka sebaiknya berwudhu terlebih dahulu sebelum sahur, karena hal ini telah dilakukan terlebih dahulu oleh nabi. Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Muslim No. 305 dijelaskan bahwa apabila Nabi shallallahu’alaihi wa sallam berada dalam kondisi junub, kemudian beliau ingin makan atau tidur, beliau berwudhu sebagaimana wudhu ketika hendak melakukan salat.

Nah, konkawan Cerita Medan jika sedang dalam keadaan junub, sebaiknya jangan lewatkan untuk mandi junub. Banyak keberkahan puasa yang dilewatkan banyak orang yang mengalami junub. Junub inilah yang merupakan penghalang untuk  berpuasa.***(CM-E02/Amal Hayati)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *