Inilah Cara Mempersiapkan Pernikahan Hemat dan Berkesan

  • Whatsapp

 

Mempersiapkan Pernikahan Hemat dan Berkesan
Mempersiapkan Pernikahan Hemat dan Berkesan

Menikah merupakan suatu peristiwa yang diinginkan oleh banyak orang, karena banyak orang yang menginginkan pernikahan hanya terjadi satu kali di dalam hidupnya karenanya tentu untuk merayakan hari pernikahan para calon pengantin ingin merayakannya dengan sangat berkesan. Itulah yang membuat perempuan terkadang harus memikirkan secara detail untuk pernikahannya dimana juga membutuhkan biaya yang cukup banyak. Tetapi sebenarnya untuk membuat sebuah pesta pernikahan yang berkesan tidak melulu harus menggunakan biaya yang banyak. Berikut adalah tips pernikahan yang hemat dan berkesan:

Read More

  1. Ketika kamu memutuskan untuk melaksanakan pesta pernikahan sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan anggota keluarga terutama untuk pembahasan anggaran yang dimiliki oleh pasangan sehingga semuanya bisa dibahas secara terbuka mana tahu jika ada anggota keluarga yang memiliki kenalan event organizer, catering dan lainnya untuk mengirit biaya karena biasa ada harga khusus untuk para kenalan.
  2. Kalkulasikan terlebih dahulu anggaran yang diperlukan agar dapat memilih apa saja perlengkapan yang diperlukan dengan budget yang tersedia tentunya. Kamu pun tidak perlu repot memilih perlengkapan yang wajib kamu sediakan di pesta pernikahanmu.
  3. Lokasi pernikahan harus segera kamu tentukan, baik itu di rumah, gedung ataupun hotel. Tetapi untuk menghemat biaya sebaiknya langsung pernikahan di rumah saja sehingga alokasi dana yang seharusnya untuk sewa gedung bisa kamu alihkan untuk kebutuhan yang lebih penting.
  4. Tentukan jumlah undangan. Jangan terlalu berlebihan menyebar undangan, pilihlah orang-orang yang memang kamu harapkan hadir pada hari pernikahamu. Undanglah orang-orang penting di dalam hidupmu sehingga bisa menghemat biaya, jika memang tidak banyak yang akan kamu undangan pilihan katering mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.
  5. Langsungkan prosesi pernikahan, 1 hari saja. Hal itu bertujuan untuk menghindari biaya yang tidak terduga tentunya.
  6. Belilah bahan-bahan untuk pakaian pernikahan jauh hari dari diberlangsungkan pernikahanmu dan hindari pula membeli bahan menjelang hari besar agar kamu bisa mendapatkan harga yang lebih ringan.
  7. Jika kamu menggunakan jasa Event Organizer (EO) sebaiknya pilihlan persiapan pernikahan dalam bentuk paket karena biasanya ketika kamu memilih gedung makan pihak EO akan menawarkan paket-paket gratis yang cukup menggiurkan. Jangan lupa untuk memilih paket pernikahan yang sudah mencakup catering dan dokumentasi ya.
  8. Biasanya pada acara pernikahan, terdapat penyanyi yang sengaja disewa untuk memeriahkan acara, untuk meminimalisir anggaran sebaiknya minta kerabat dan sahabat-sahabatmu untuk menyanyi, karena hal tersebut juga akan membuat suasana menjadi lebih akrab.
  9. Buatlah undangan yang semenarik mungkin dengan budget yang minim tentunya, jangan biarkan tong sampah yang akan menampung surat undanganmu nanti. Bila perlu gunakan undangan elektronik yang menarik dan bisa disebarkan melalui social media.
  10. Kamu juga bisa berkreasi untuk membuat souvenir dan melihat referensinya di internet. Carilah souvenir yang unik dan menarik, seperti misalnya parfum kecil seharga lima ribuan, atau mainan kunci yang unik.

Nah, itu dia tips untuk mempersiapkan pernikahanmu agar tetap hemat tetapi juga berkesan. Jangan lewatkan momen bahagiamu begitu saja, lakukan persiapan yang matang jauh-jauh hari ya. Semoga pernikahanmu berjalan dengan lancar, jangan lupa bahagia ya konkawan Cerita Medan dan jangan lupa juga untuk melihat referensi kriteria calon istri yang tepat untuk kamu nikahi pada postingan pernikahan sebelumnya. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *