Ini Sikap yang Harus Kamu Ambil Ketika Menghadapi Masalah

  • Whatsapp
Ini Sikap yang Harus Kamu Ambil Ketika Menghadapi Masalah
Ini Sikap yang Harus Kamu Ambil Ketika Menghadapi Masalah

 

Sebagai manusia pastilah kita akan menghadapi masa-masa sulit dimana banyak sekali permasalahan yang datang menghampiri, namun apapun itu jangan sampai membuat diri kita menjadi pesimis, menyerah, serta mengeluh akan hidup. Masalah ada cobaan yang dimilki oleh tiap jiwa manusia, jadi hal tersebut bukanlah sesuatau yang harus dihindari melainkan diselesaikan. Percaya atau tidak jika terus-menerus menghindar dari gejolak kehidupan yang harusnya kita terima maka akan besar kemungkinan persoalannya akan semakin buruk.

Read More

Tuhan tak akan memberikan cobaan melebihi dari apa yang umatnya sanggup. Kalimat tersebut tentunya berarti bahwa setiap dari kita mampu untuk melewati apapun rintangan hidup yang ada didepan mata jika kita yakin dan percaya pada kemampuan diri sendiri. Hal inilah yang terkadang sering sekali dilupakan oleh banyak orang sehingga mereka mengedepankan emosi sesaat ketimbang pikiran jernih, maka dampaknya akan sangat tidak baik.

Manusia akan menemukan masalah dalam hidupnya baik itu kecil, sedang atau bahkan yang paling besar sekalipun dan bisa datang kapan saja. Jangan lantas menjadikan semua itu beban hidup, tapi jadikan sebagai pembelajaran dan proses yang akan menguatkan diri. Berikut adalah beberapa hal utama yang harus kamu tanamkan dalam diri ketika menghadapai problematika kehidupan.

Optimis kamu bisa melewatinya

Hal pertama untuk menyelesaikan suatu hal termasuk masalah adalah kita harus menanamkan sifat optimis yang kuat. Optimis membuat kita memiliki peluang untuk apapun yang akan dicapai, sehingga apapun itu akan mungkin terjadi. Namun jika rasa pesimis lebih mendominasi, seseorang mungkin hanya akan duduk diam tanpa melakukan apapun karena dalam pikirannya ia takkan mampu mengerjakan apapun. Pesimis sama saja dengan menanam sedalam-dalamnya harapan dan kesempatan.

Jangan membesar-besarkan masalah

Membesar-besarkannya hanya akan membuat masalahmu akan bertambah berkali-kali lipat dari sebelumnya. Tentunya ini akan sangat tidak mengenakkan apalagi yang kecil saja belum dapat terselesaikan. Sifat berlebihan ketika menilai masalah justru akan membuat rasa takut tentang apa yang dihadapi sehingga akan muncul stigma-stigma negatih sehingga dalam prakteknya akan berlawanan arah dengan apa yang harus kita lewati untuk keluar dari permasalahan tersebut. Padahal untuk memecahkan sebuah persoalan kita seharusnya sudah paham betul, tapi bagaiamana jika dengan sengaja melupakan atau bahakan melebih-lebihkan bagian terpenting dari soal tersebut ? Pastilah jawaban yang akan kita temui menjadi menyalah. Begitu juga dalam masalah, jangan menggunakan cara-cara yang salah untuk menyelesaikannya.

Pakai akal sehat

Pengetahuan serta pemikiran posistif seperti yang selalu diajarkan dibangku sekolah sepertinya juga memeiliki peran penting dalam pemecahaan sebuah masalah. Menggunakan akal sehat bisa dikatakan adalah syarat mutlak untuk mengerjakan sesuatu apapun itu, pikiran-pikiran positif akan mendorong kita untuk menentukan jalan serta pilihan terbaik dalam hidup berbanding terbalik dengan yang memiki pemikiran negatif. Mereka yang tidak menggunakan akal sehat akan selalu gegabah dalam mengambil sebuah keputasan, dan juga tanpa memikirkan efeknya dikemduian hari. Ingat semua masalah pasti ada solusi terbaik dalam penyelesaiannya.

Serahkan kepada yang maha kuasa

Ingat segalah sesuatu dimuka bumi ini adalah atas kehendak Sang Maha Pencipta dan manusi hanya mampu untuk berusaha Tuhan yang akan menentukan. Jadi saat diterpa suatu badai permasalahan mintalah pertolongan dengan-Nya, caranya adalah dengan banyak-banyak berdoa. Perlu diketahu bahwa ini bukanlah cara terakhir yang bisa kamu lakukan melainkan harus selalu menjadi pendamping setiap saat dalam kehidupan. Tuhan akan selalu menunjukan jalan mana yang diberkatinya kepada hamba-Nya yang bertaqwa.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *